Manfaat Tumbuhan Bunga Kenanga

Manfaat Tumbuhan Bunga Kenanga

Tanaman kenanga merupakan tanaman bunga yang sangat khas sehingga disebut sebagai pohon parfum. Kenanga awalnya tumbuh subur di wilayah hutan hujan Indonesia dan Filipina. Sekarang kenanga banyak ditanam sebagai peneduh di pekarangan rumah maupun pinggir jalan.

Bunga kenanga mengandung banyak minyak yang dipercaya memiliki beragam khasiat. Minyak bunga kenanga biasa dijadikan antidepresan, antiseptic, afrodisiak, hipotensif, dan sebagai zat penenang. Komponen utama minyak bunga kenanga dan komponen lainnya berkontribusi dalammemberikan aroma yang khas  dan khasiat pengobatan.  Berikut dibahas beberapa manfaat bunga kenanga :

  1. Sebagai aromaterapi

Aroma yang khas yang ditimbulkan dari miyak astiri yang terdapat pada tanaman bunga kenanga dapat digunakan sebagai bahan pembuatan parfum aromaterapi. Kandungan miyak tersebut dipercaya mampu membantu dalam pengaturan kelenjar adrenalin yang terdapat pada sistem syaraf. Sehingga tubuh akan merasa tenang dan rileks. Serta membantu memperbaiki suasana hati. Bunga kenanga efektif untuk mengatasi kesedihan, kecemasan, depresi, dan stres akut. Bisa juga digunakan untuk membantu mereka yang mengalami kerusakan saraf dan depresi akut setelah kecelakaan.

  1. Untuk obat sesak nafas

Cara yang perlu dilakukan adalah mencuci setengah genggam bunga kenanga sampai bersih. Lalu dimasak dengan air sekitar 250 ml hingga air tersisa setengahnya. Saring ampasnya dan minum airnya saat sudah dingin. Bila terlalu pahit, anda dapat menambahkan madu, gula pasir, atau gula jawa sebagai pemanis. Konsumsi pagi dan sore secara rutin untuk mempercepat proses penyembuhan.

  1. Melembabkan kulit

Ekstrak bunga kenanga yang memiliki warna hijau kekuningan biasa digunakan sebagai bahan dasar dalam pembuatan sabun. Biasanya digunakan untuk menyeimbangkan kadar minyak pada kulit kita. Hal ini sangat cocok bagi mereka yang memiliki jenis kulit kering. Bunga kenanga dapat pula digunakan sebagai lulur dan masker untuk menjaga kulit dan wajah tetap halus dan lembut.

  1. Mengatasi demam saat nifas

Untuk mengatasi demam saat nifas, buga kenanga dapat ditumbuk halus bersama dengan bahan lainnya seperti turi merah, jahe, kunyit, kencur, serta asam. Setelah halus tambahkan sedikit garam dan air lalu terapkan ramuan sebagai tapal di perut atau juga bisa dioleskan sebagai obat gosok pada daerah punggung. Lakukan secararutin 2 kali sehari.

  1. Membantu penyembuhan penyakit kuning

Penyakit kuning ialah kondisi yang ditandai dengan menguningnya kulit, sclera (bagian putih dari mata), serta membran mukosa hidung dan mulut akibat penumpukan bilirubin di dalam darah dan jaringan –jaringan tubuh lainnya. Penyakit kuning yang tidak disebabkan oleh hepatitis dapat disembuhkan dengan ramuan bunga kenanga yang hampir tidak memiliki efek samping. Caranya dengan menyeduh 3 kuntum bunga kenanga dengan air panas. Tunggu sampai dingin. Selanjutnya air tersebut diminum 3 kali sehari.  Setiap minum 1/3 gelas.

6. Mengatasi hepatitis

Hepatitis merupakan salah satu penyakit menular yang cuykup berbahaya. Selain menggunakan bantuan medis, hepatitis juga dapat disembuhkan dengan pengobatan alternative. Salah satunya dengan menggunakan ramuan herbal yang berasal dari air rebusan kembang kenanga sebanyak 30 gram dengan 20 gram temulawak dan 15 gram bangle dalam 600 ml air. Tunggu hingga air tersisa seperuhnya, dan minumlah selagi masih hangat.

 

baca Selengkapnya