Khasiat Buah Manggis

Gambar terkait

Buah manggis merupakan buah yang berwarna merah keunguan ini mempunyai rasa yang sangat enak dan nikmat. Jadi sudah tidak heran lagi jika banyak sekali orang yang menyukai buah ini. Buah manggis yang pohonnya merupahan pohon yang hijau alami dan abadi yang biasanya pohon manggis ini bisa tumbuh didaerah yang beriklim tropis. Pada saat sudah masak, kulitnya berwarna merah keunguan dan kadang berwarna kecokelatan. Dan untuk daging buahnya berwarna putih serta buah ini sudah banyak orang yang suka.

Dewasa ini siapa sih yang tidak mengenal khasiat dari manggis. Buah yang masyhur dengan sebutan "the queen of fruit" ini memang tak hanya memiliki rasa buah yang manis dan segar, namun juga mengandung banyak sekali khasiat kesehatan. Hampir keseluruhan bagian yang terdapat dalam buah manggis, mulai dari buahnya yang segar, bahkan kulit buahnya, memiliki aneka khasiat untuk kesehatan manusia.

Manggis yang memiliki nama ilmiah Garcinia mangostana ini terkenal dapat mengobati berbagai penyakit, dari mulai penyakit ringan sampai berat bisa diobati dengan terapi buah Manggis ini. Buah Manggis dikenal sebagai buah yang mengandung zat antioksidan tertinggi di dunia. Hasil penelitian yang dilakukan mengungkapkan bahwa buah manggis dan kulit buahnya kaya dengan 40 lebih zat xanthones yang merupakan salah satu antioksida yang sangat bermanfaat di dunia.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Kulit manggis mengandung pewarna alami berupa antosianin warna merah, ungu, dan biru. Selain pewarna, kulit buah manggis juga mengandung senyawa xanthone yang berkhasiat sebagai antioksidan. Senyawa xanthone ampuh membantu mengusir radikal bebas, menghambat penuaan, dan mengontrol penyakitdegeneratif seperti arthritis. Xanthone juga berfungsi meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan sebagai terapi untuk penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung iskemik dan hipertensi. Selain bermanfaat sebagai antioksidan, buah manggis juga berkhasiat sebagai antibakteri, antikanker, antijamur, antimikroba, dan antiradang.

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Bagian dari tanaman manggis yang dapat digunakan sebagai obat adalah buah dan kulit buahnya. Berikut beberapa pemanfaatan tanaman manggis untuk mengobati penyakit :

  • Mengobati Kolesterol.

    Kupas 2 buah kulit manggis, ambil kulit dalam, lalu potong kecil-kecil. Tambahkan air hangat 1/3gelas, lalu blender atau diremas-remas. Saring dan tambahkan gula aren, lalu diamkan sampai air membeku. Makan kulit manggis yang telah membeku (bentuk puding) 1-3 kali sehari.

  • Mengobati Jantung Koroner.

    Kupas 3 buah kulit manggis, ambil kulit dalamnya, lalu rebus dengan 3 gelas. Sisakan 1,5 gelas. Minum 1,5 gelas rebusan dengan ditambah madu.

  • Mengobati Diabetes.

    Ambil 2 buah kulit manggis, buang kulit kerasnya, lalu remas-remas kulit dalamnya dengan 1/3air hangat. Saring airnya, lalu tambahkan madu. Minum 1-2 kali sehari.

  • Mengobati Rematik.

    Ambil kulit buah manggis, iris kecil kemudian jemur hingga kering. Celupkan terlebih dahulu 2-3 irisan kulit buah manggis kering tadi ke dalam segelas air panas. Minum ramuan setelah hangat dan warna air berubah jadi ungu.

  • Mengobati Tumor dan kanker.

    Ambil kulit buah manggis kering, lalu rebus dalam 4 gelas air hingga tersisa 2 gelas. Minum airnya setelah dingin. 

Nah itu tadi, khasiat dari manggis. Gimana? Hebat kan khasiatnya. Dari penyakit yang ringan sampai yang berat dapat disembuhkan dengan terapi dari si manggis tadi. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Salam Sehat

 

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang, / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320.

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424

Artikel Terkait

online istana solo