Faktor-Faktor Yang Menentukan Kecerdasan Anak

Image result for Faktor-Faktor Yang Menentukan Kecerdasan Anak

Siapa yang tak mau memiliki anak cerdas? Setiap orangtua tentu mengidamkan hal ini. Tapi, pernahkah Anda mencari tahu faktor apa saja yang dapat mempengaruhi kecerdasan anak Anda?

Menurut pakar tumbuh kembang anak dari Departemen Ilmu Kesehatan Anak FKUI-RSCM, dr Soedjatmiko, ada dua faktor utama yang dapat mempengaruhi minat dan potensi yang mengasah kecerdasan anak. Dua faktor yang mempengaruhi kecerdasan anak adalah internal dan eksternal.

“Faktor internalnya adalah faktor genetik, mungkin faktor ini agak susah diubah, tapi faktor lain seperti gaya hidup dan gizi bisa dimodifikasi. Kalau faktor eksternal contohnya dari model, stimulasi, pengaruh ayah, ibu, pengasuh, guru, sekolah, TPA, buku, gadget, dan lainnya” ujar Soedjatmiko dalam acara peluncuran kampanye “Tumbuh Aktif, Temukan Hebatmu” yang dihelat Anchor Bonetto di Jakarta, Rabu (13/4/2016).

Namun ada faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi perkembangan kecerdasan seorang anak. Karena terdapat beberapa cara untuk mendefinisikan kecerdasan. Kecerdasan biasanya merujuk pada kemampuan atau kapasitas mental dalam berpikir.

Faktor Yang Mempengaruhi Kecerdasan Anak

  • Faktor Pembentukan atau Lingkungan.

    Dimana pembentukan adalah segala keadaan di luar diri seseorang yang mempengaruhi perkembangan inteligensi.

  • Faktor Kematangan.

    Dimana tiap organ dalam tubuh manusia mengalami pertumbuhan dan perkembangan.

  • Faktor Kebebasan.

    Hal ini berarti manusia dapat memilih metode tertentu dalam memecahkan masalah yang dihadapi. Di samping kebebasan memilih metode, juga bebas dalam memilih masalah yang sesuai dengan kebutuhannya.

  • Faktor Makanan Bernutrisi Seimbang.

    Penelitian membuktikan bahwa bayi (usia 6 hingga 12 bulan) yang banyak mengkomsumsi sayuran, buah, dan makanan yang diolah sendiri di rumah memiliki IQ yang lebih tinggi pada usia 4 tahun daripada yang tidak. Anak berusia 3 tahun yang mengkonsumsi nutrisi seimbang juga terbukti memiliki tingkat IQ yang lebih tinggi pada usia 8 tahun daripada anak yang banyak mengkonsumsi makanan olahan yang banyak mengandung gula dan lemak jahat.

  • Faktor Sarapan Pagi.

    Banyak penelitian yang membuktikan pengaruh sarapan pagi bagi kecerdasan. Anak yang terbiasa sarapan pagi terbukti memiliki konsentrasi, kemampuan memusatkan perhatian, dan prestasi sekolah yang lebih baik daripada yang tidak. Sarapan pagi sangat penting bagi anak –anak, karena otak anak-anak memproses glukosa dua kali lebih cepat daripada orang dewasa.

  • Faktor Asupan Iodin.

    Penelitian membuktikan bahwa perbedaan poin IQ antara anak-anak yang mengalami defisiensi iodin dengan yang mnegkonsumsi cukup iodin adalah 13.5 poin. Hal ini membuktikan hubungan asupan iodin dengan kemampuan kognitif anak. Makanan kaya iodin antara lain adalah rumput laut, seafood, produk-produk susu, dan garan beriodium.

  • Faktor Asupan Zat Besi.

    Zat besi membentuk senyawa kimia yang kemampuan anak untuk memusatkan perhatiannya. Karena itu, mineral ini mempengaruhi motivasi si kecil untuk melakukan aktivitas-aktivitas yang menyita pikiran. Karena itu, kekurangan zat besi bisa berdampak pada kemampuan kognitif anak. Defisiensi zat besi adalah salah satu masalah gizi yang paling umum terjadi.

  • Faktor Asupan Lemak Omega-3.

    Lemak omega-3 adalah salah satu komponen pembentuk otak. Karena itu, ia memiliki pengaruh signifikan bagi kecerdasan anak. Terdapat penelitian yang membuktikan bahwa anak yang mengkonsumsi makanan kaya lemak omega-3 dalam jumlah yang cukup memiliki kemampuan kognitif yang lebih baik.

Demikian yang bisa saya sampaikan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kecerdasan anak. Perhatikan setiap asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh anak karna itu juga yang mempengaruhi penyerapan nutrisi oleh otak anak. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan para bunda.

 

Madu Kurma Manggis 10 in 1 Plus Propolis

Madu kurma manggis 10 in 1 plus propolis merupakan produk manggis kurma untuk anak , yg bermanfaat untuk kecerdasan dan manfaat baik lainnya.

Salam Sehat

 

Pusat Grosir Herbal Yaa di  ISTANA HERBAL

Kini orderan bisa dikirim melalui GoSend

Atau Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

    Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

    Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

    Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

    Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

 

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo