Penyebab Anak Berbadan Kurus dan Susah Gemuk

Mengapa tubuh anakku kurus sekali, dari bayi sampai sudah sekolah berat badannya gak bisa naik banyak? Itulah keluhan yang sering dialami sebagian orang tua dengan anak yang mengalami gangguan kenaikan berat badan atau gagal tumbuh. 

Salah satu masalah yang banyak dialami orang tua adalah gangguan pertumbuhan pada anak berupa gangguan kenaikan berat dan tinggi badan. Permasalahan yang sering menyertai gangguan itu adalah kesulitan pemberian makan pada anak atau gangguan makan lainnya. Gangguan kenaikan berat badan anak dan sulit makan dapat berdiri sendiri atau dapat timbul bersamaan.

Beberapa faktor mempengaruhi pertumbuhan badan si kecil. Anak terlalu kurus menandakan si kecil memiliki beberapa permasalahan yang perlu di ketahui secara baik. Dengan mengetahui permasalahan sulit gemuknya si anak dan bagaimanan menambah nafsu makan anak, maka bunda bisa mengambil beberapa langkah pencegahannya Dan cara menambah nafsu makan anak.

Faktor Penyebab Badan Anak Kurus dan Susah Gemuk

  1. Faktor Kurang Asupan Gizi.

    Banyak Bunda merasa sudah cukup memberi asupan makanan yang bergizi. Baik kuantitas dan kualitasnya sesuai dengan menu gizi seimbang yang mengandung; karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. Tetapi setelah dianalisis, ternyata banyak dari Bunda yang tidak menyadari bahwa yang diberikan kuantitasnya masih kurang dari kebutuhan yang diperlukan anak. Idealnya, asupan gizi anak dan nutrisinya harus sebanding dengan aktifitas fisik dan otaknya. Padahal setiap bulan seorang anak beratnya harus selalu ada kenaikan. Kalau ternyata setiap bulan berat badannya tidak naik atau naik tapi tidak memuaskan maka harus dievaluasi kembali masukan gizi dan nutrisinya dengan memperhitungkan pula aktivitas fisiknya. Apakah asupan gizinya sudah cukup untuk mengantisipasi kelebihan aktivitasnya. vitabumin madu albumin anak agemuk sehat.

  2. Faktor Penyakit.

    Anak susah bertambah berat dan tinggi badannya, bisa juga dikarenakan terdapat penyakit pada diri si buah hati. Akibatnya anak tak mau makan/anoreksia. Beberapa penyakit yang dapat menyebabkan anak kurus akibat anak susah makan antara lain adalah infeksi seperti infeksi paru-paru seperti Flek Anak (TBC), infeksi saluran kemih, infeksi parasit, demam berkepanjangan dan lain-lain. Selama penyakitnya tak disembuhkan maka tetap akan kurus, sebab asupan makannya kurang karena anak susah makan. Dengan begitu berat badannya pun tak naik-naik. Akibatnya anak susah untuk gemuk. Biasanya bila pengobatan TB berhasil pemulihannya dapat menambah nafsu makan anak. vitabumin madu anak gemuk sehat.

  3. Faktor Kekurangan Protein Albumin.

    Albumin merupakan plasma protein tubuh yang jumlahnya separuh dari total protein tubuh. Karena menjadi plasma protein, maka peranan albumin sangat vital mulai dari pembentukan jaringan sel baru.penyusun struktur sel, antibodi, enzim, hingga hormon. Albumin ini disintesis oleh sel hati dan dikeluarkan langsung ke pembuluh darah tanpa disimpan. Tanpa albumin; sel-sel di dalam tubuh akan sulit melakukan regenerasi, sehingga cepat mati dan tidak berkembang. Selain itu menyebabkan tekanan osmotik darah turun sehingga pengangkutan asam lemak, obat, hormon, dan enzim terganggu. 
    Albumin inilah yang berperan penting dalam proses tumbuh kembang anak. Bila kadar albumin rendah, protein yang dikonsumsi anak akan pecah. Protein yang seharusnya dikirim untuk pertumbuhan sel menjadi tidak maksimal. Pada anak yang kekurangan albumin, seperti penderita tuberkulosis (TBC atau TB), daya kerja obat yang diminum menjadi kurang maksimal. Sementara pada anak yang sedang berada di fase periode emas pertumbuhan (golden age), yaitu usia 1-5 tahun, kekurangan albumin akan sangat mengganggu pertumbuhan badan dan otaknya.

  4. Faktor Intoleransi Laktosa.

    Intoleransi laktosa menyebabkan anak tidak bisa mengonsumsi prosuk susu (dairy product), maka diberikan makanan pengganti berbahan kedelai. Anak-anak yang terdeteksi kekurangan kalsium bisa diperbanyak pemberian sumber nutrisi kalsium yang lain, seperti jeruk, brokoli, biji-bijian (beans). Sementara, anak-anak yang menderita penyakit seliak tidak bisa mengonsumsi makanan yang berbahan gandum (tepung), jadi yang hilang biasanya sumber karbohidrat dan camilan. Itu bisa diganti dengan makanan yang berbahan jagung, tapioka, atau tepung beras. Kalau ada defisiensi, seperti anemia, maka harus dikoreksi dulu dengan cara pemberian suplemen vitamin, karena kalau tidak, maka metabolisme nutrisi akan terhambat di tingkat seluler.

  5. Faktor Gangguan Fungsi Saluran Cerna.

    Hal ini sering diabaikan karena gangguan saluran cerna memiliki tanda dan gejala sangat ringan dan sering dianggap normal.Gangguan ini seringkali terjadi sejak usia 6 bulan, saat bayi mulai diberi makanan tambahan baru. Hal ini terjadi karena gangguan pada fungsi saluran cerna akibat pengaruh reaksi simpang makanan seperti alergi makanan, intoleransi makanan dan seliak.

Itulah beberapa faktor penyebab anak kurus dan susah gemuk. Bagi para bunda yang memiliki masalah anak seperti itu perlu perhatikan lagi faktor-faktor penyebabnya. Perhatikan asupan nutrisi dan gizi anak agar tumbuh kembang anak selalu baik.

 

Madu Gemuk Anak Bin Dawood

Madu Gemuk Anak Bin Dawood adalah madu herbal untuk membantu menambah nutrisi tubuh anak Anda dan menjadikan anak nafsu makan.

Salam Sehat

 

Pusat Grosir Herbal Yaa di  ISTANA HERBAL

Kini orderan bisa dikirim melalui GoSend

Atau Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

    Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

    Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

    Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

    Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

 

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo