Mata Adalah Aset Berharga

Menjelang umur 40, mata mengalami penurunan fungsi penglihatan, untuk menjaganya agar tetap sehat, diperlukan antioksidan untuk mata, mineral, dan vitamin A. Anti oksidan dan vitamin A bisa diperoleh dari melon, brokoli, bayam, wortel dan mangga. Sedangkan mineral dapat diperoleh dari susu, biji wijen, dan daging. Berikut beberapa penyakit mata yang biasa menyerang lansia:

  1. Katarak

Penyebab dan gejala penyakit katarak ini belum jelas. Pada katarak terjadi perubahan biokimiawi seperti peningkatan jumlah protein yang tak larut dan ion kalsium pada lensa, serta berkurangnya glutation dan vitamin C.

  1. Glaucoma

Glaucoma adalah penyakit yang menyebabkan peningkatan tekanan intraocular, penyempitan ruang pandang,dan atrofil pupil syaraf.

  1. Age Related Macular Degeneration (AMD)

Penyakit ini terjadi oleh kerusakan pada epital pigmen retina akibat paparan sinar matahari yang terlalu kuat atau karena kekurangan vitamin, antioksidan dan mineral dalam diet.

  1. Degenerasi Retina

Degenerasi retina dibagi menjadi 2:

    • Degenerasi retina senilis

    Hal ini merupakan akibat dari hilangnya sel reseptor dalam sel saraf yang menyebabkan penurunan sensivitas ruang pandang, penurunan sensitivitas kontras warna, dan kenaikan ambang adaptasi.

      • Degenerasi retina perifer

      Pada lansia, tenjadi deposit lipid di kornea mata, hilangnya elastisitas mata, dan sklerosis nucleus lensa mata dapat menyebabkan kornea menjadi keruh.


       

      Tips menjaga kesehatan mata:

      1. Mengonsumsi vitamin A

      Vitamin A yang banyak dianjurkan dikonsumsi dari bahan alami adalah dari buah pisang dan sayuran wortel.

      1. Melindungi mata

      Melindungi mata lebih baik dilakukan sebelum terjadi kerusakan pada mata. Misalnya memakai pelindung mata saat berenang atau menutupkan kaca helm saat sedang berkendara.

      1. Jaga jarak

      Menjaga jarak mata saat membaca buku atau menggunakan computer sangat dianjurkan untuk menjaga mata agar tetap sehat. Jarak ideal yang disarankan adalah 30 cm.

      1. Jangan sering mengucek mata

      Saat mata terasa gatal, sebaiknya gunakan obat tetes mata untuk membersihkan mata. Hindari mengucek mata karena kita tidak tahu kebersihan tangan kita saat digunakan untuk mengucek mata.

      Karyawan baru Istana