Mengatasi Alergi Dengan Produk Rumahan

Mengatasi Alergi Dengan Produk Rumahan

Alergi adalah salah satu keluhan kesehatan yang sulit diatasi. Alergi terjadi saat sistem kekebalan tubuh seseorang memberikan reaksi yang berlebihan terhadap unsur –unsur yang tidak berbahaya yang masuk ke dalam tubuh. Akibatnya tubuh akan meberikan reaksi seolah telah ada benda berbahaya atau virus yang masuk ke dalam tubuh dengan membentuk dinding pertahanan sel darah putih melalui immunoglobulin.

Kebanyakan orang memilih mengindari penyebab alergi atau factor allergen dari kasus yang mereka alami. Factor pembawa alergi atau allergen antara lain, hawa dingin, serbuk bunga, bulu hewan, makanan dan zat kimia atau obat obatan tertentu.

Laman Organicsfact menerangkan bahwa alergi sebenarnya dapat diatasi dengan menerapkan diet yang tepat.  Dengan diet yang tepat, pasien akan secara bertahap mengendalikan system  kekebalan tubuhnya yang bereaksi berlebihan dan kembali menjalankan hidup normal tanpa harus membatasi diri. Berikut beberapa makanan rumahan yang dapat membantu mengembalikan system imun menjadi normal:

  1. Madu

Madu dapat membantu memperbaiki system imun yang abnormal menjadi normal. Sebaiknya pilih jenis madu alami yang belum difilterisasi dan dimasak karena mengandung lebih banyak propolis. Propolis adalah materi utama system daya tahan bagi lebah dan sarangnya. Sehinga propolis yang terlarut dalam madu dapat mengefektifkan system kerja imunitas.

Sebaiknya pilih jenis madu local yang diproduksi di daerah anda sendiri karena di dalam madu local sudah ada anti gen terhadap sejumlah serbuk dari bebungaan local sehingga lebih cocok untuk kondisi kesehatan anda.

  1. Jahe

Jahe merupakan  pilihan terbaik untuk mengatasi batuk, pilek, dan gatal gatal yang disebabkan oleh alergi. Anti inflamasi yang terdapat pada jahe secara efektif mampu mengatasi iritasi dan peradangan yang muncul akibat alergi yang datang terus menerus.

  1. Lemon

Kandungan vitamin c dan sejumlah kandungan anti oksidan dalam lemon dapat dimanfaatkan sebagai senjata anti alergi. Akan tetapi lemon tidak dianjurkan bagi anda yang memiliki riwayat alergi dengan asam sitrus atau penyakit pengikisan lambung.

  1. Teh Hijau

Dalam Journal of phytomedicine yang menjelaskan tentang efek antioksidan dari teh hijau  dijelaska bahwa senyawa Methylated Epigallocatechin Gallete merupakan senyawa penting yang dapat menghambat kinerja sel.

  1. Kayu Putih

Efek hangat yang ditimblkan kayu putih membantu meredakan rasa gatal dan menurunkan pembengkakan.

  1. Cuka Apel

Cuka apel juga bisa digunakan untuk terapi terhadap gatal dan alergi. Caranya dengan mengoleskan cuka apel yang sudah dicampur dengan air hangat dengan perbandingan 1:1 pada area yang gatal.

Selain adanya allergen, alergi biasanya kambuh karena ada factor yang memicunya. Factor pemicu alergi alergi dapat berupa daya tahan tubuh menurun, kelelahan, diet berlebih atau bahkan stress.

baca Selengkapnya