Manfaat Dibalik Tumbuhan Liar Meniran

Image result for manfaat meniran

Meniran merupakan tanaman liar tak ubahnya rumput, tapi dilengkapi dengan zat penting yang berguna untuk mengobati beberapa jenis penyakit. Mulai dari rematik hingga rabies dapat diobati dengan tumbuhan semak ini. 

Nama ilmiah dari meniran adalah Phyllanthus urinaria, masih keluarga phyllantaceae. Bagi orang yang tinggal di desa tentu tidak asing dengan tanaman ini. Batang tanamannya basah, dengan tinggi berkisar setengah meter saja.

Tanaman meniran merupakan salah satu tumbuhan obat yang sudah lama digunakan dalam pengobatan tradisional penyakit hati. Bukan hanya di Indonesia saja tetapi di beberapa negara lain seperti India, Cina, Malysia, dan Amerika.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Meniran mempunyai rasa agak asam dan bersifat sejuk. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam meniran, di antaranya saponin, flavonoid, filantin, hipofilantin, kalium, damar, dan tanin. Filantin dan hipofilantin berfungsi untuk melindungi sel hati dari zat toksik (hepatoprotector).

Efek farmakologis meniran di antaranya peluruh seni (diuretik), pembersih hati, antiradang, pereda demam (antipiretik), peluruh dahak, peluruh haid, penerang penglihatan, penambah nafsu makan, astringent. Selain itu, meniran juga sebagai obat dysuria, gonorrhea, siphilis, nyeri ginjal (nephralgia), diare, demam, tetanus, pembersih darah, antikonvulsan, kencing batu, dan albuminuria. Daun meniran digunakan untuk mengobati ayan, malaria, sembelit, tekanan darah tinggi, sariawan, dan gangguan haid. Sementara itu, akar meniran untuk perut dan penyakit gigi.

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Meniran dapat digunakan untuk mengobati beberapa penyakit berikut.

  1. Mengobati Radang Ginjal dan Nephritic edema.

    Rebus setengah genggam daun meniran dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 1/4 Saring air rebusan, lalu minum 3 kali sehari masing-masing 3/4 gelas dengan ditambah madu.

  2. Mengobati Disentri.

    Rebus 30-60gr herba meniran segar dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring air rebusannya, lalu minum sekaligus 1 kali sehari.

  3. Mengobati Batu Saluran Kencing.

    Cuci bersih 30gr daun meniran segar, 30gr daun sendok, dan 30gr daun tempuyung. Rebus bahan tersebut dengan 4 gelas air sampai tersisa 2 gelas. Setelah dingin, saring air rebusannya, lalu minum 2 kali sehari pada pagi dan sore hari.

  4. Mengobati Hepatitis.

    Rebus 30-60gr daun meniran segar dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring air rebusan, lalu minum sekaligus satu kali sehari selama 1 minggu.

  5. Mengobati Bekas Digigit Anjing Gila.

    Rebus 4-6 tumbuhan herba meniran (untuk anak kecil gunakan setengahnya) dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring air rebusannya, lalu minum sekaligus 1 kali sehari.

  6. Untuk Obat Luar.

    Giling herba meniran segar dan nasi dingin dengan jumlah yang sama sampai halus. Tempelkan hasil gilingan pada luka gigitan, lalu balut dengan kain perban. Lakukan pengobatan 3 kali sehari.

  7. Peluruh Seni, Kencing Batu, Kencing Nanah, Nyeri Ginjal, Demam, dan Mencret.

    Cuci bersih 10gr herba meniran segar, lalu rebus dengan 2 gelas air selama 25 menit. Setelah dingin, saring air rebusannya, lalu minum pada pagi dan sore hari.

  8. Mengobati Rematik.

    Cuci bersih 1 sendok makan daun meniran segar dan 7 lembar daun kumis kucing. Rebus bahan dengan 1 gelas air sampai tersisa setengah gelas. Setelah dingin, saring air rebusannya, llau minum, sekaligus satu kali sehari.

  9. Mengobati Bisul di Kelopak Mata.

    Rebus herba meniran segar secukupnya dengan 1 gelas air. Setelah dingin, saring air rebusannya, lalu gunakan untuk mencuci mata dengan menggunakan gelas khusus. Lakukan 3 kali sehari.

  10. Mengobati Rabun Senja.

    Cuci bersih 15-30gr herba meniran segar, lalu tambahkan hati ayam secukupnya. Tim kedua bahan, lalu makan.

Catatan :

  • Terlalu banyak mengonsumsi meniran akan menyebabkan impotensi (disfungsi ereksi).
  • Pengeringan dilakukan dengan cara mengangin-anginkan seluruh tumbuhan.

Salam Sehat

 

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424

Artikel Terkait

  • Meniran

    Meniran Meniran (Phyllanthus Ufinaria) adalah tumbuhan liar dan dapat yang mudah dijumpai di pekarangan rumah atau ta...

online istana solo