Menjaga Tingkat Stres

Sebagian besar orang pernah mengalami stres. Stres bisa disebabkan oleh berbagai hal. Oleh karena itu, kita harus dapat mengelola stres supaya tidak terus berlanjut. Stres yang terlalu berat bisa menyebabkan depresi bahkan bisa menjadikan penyakit jiwa. Yang harus dilakukan untuk mengelola stres adalah:

  1. Cari penyebabnya

Stres bisa disebabkan oleh apa saja mulai dari tekanan keluarga, masalah ekonomi, kekhawatiran yang berlebihan, emosi yang tidak stabil, atau dari masalah pekerjaan. Carilah penyebab stres yang anda alami dan mengkomunikasikannya dengan baik kepada orang yang anda percaya atau dokter.

  1. Jangan mengutamakan emosi

Cobalah untuk mengendalikan diri anda saat ada sesuatu yang membuat anda stres. Misalnya anda tersinggung dengan perkataan seseorang, yang harus anda lakukan adalah membicarakannya baik- baik. Bisa jadi itu hanya salah paham.

  1. Luangkan waktu untuk sendiri

Terkadang seseorang butuh waktu untuk sendiri untuk mengurangi beban pikiran yang dialaminya. Misalnya dengan membaca buku, menonton televisi, atau sekedar bersantai di rumah.

  1. Dengarkan musik

Mendengarkan musik adalah salah satu cara mudah untuk menghilangkan stres, pilihlah musik favorit anda untuk menenagkan pikiran yang sedang kacau.

  1. Bergaul dengan orang yang membawa efek positif

Pergaulan bisa mempengaruhi tingkat stres seseorang. Bergaul dengan orang-orang yang positif akan membantu anda memperkuat mental dalam menghadapi stres. Anda juga bisa bercerita kepada mereka untuk mendapatkan solusinya.

  1. Cukup tidur

Usahakan cukup tidur 7-8 jam sehari. Tidur yang cukup dapat meremajakan sel-sel tubuh anda. Dengan begitu tubuh anda akan terasa segar dan siap menghadapi hari. Karena tubuh yang lemas dan tidak bersemangat dapat memicu datangnya stres.

 

Karyawan baru Istana