Manfaat Tak Terduga Mengkonsumsi Mentimun

Image result for mentimun

Mentimun sering jadi pelengkap hidangan makanan, seperti menjadi lalap dan acar. Mentimun atau biasa disebut timun ini jarang menjadi hidangan utama. Padahal, timun memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan.

Timun atau mentimun merupakan salah satu jenis buah yang berasal dari jenis labu-labuan, tanaman buah timun hanya dapat hidup sekali. Tanaman ini akan mati setelah buahnya di panen, sehingga para petani mesti menanamnya kembali dari awal. Buah timun ini memiliki aroma yang sangat menyegarkan, maka tak heran jika buah ini banyak digunakan sebagai bahan untuk membuat minuman es campur atau sop buah.

Mentimun mengandung 95 persen kadar air sehingga sangat membantu mengatasi dehidrasi. Timun juga kaya vitamin yang bermanfaat bagi tubuh, salah satunya vitamin C. Manfaatnya tak hanya saat dimakan, tapi juga bisa untuk pemakaian luar di daerah kulit. 

Manfaat Tak Terduga Mengkonsumsi Mentimun

Berikut ini merupakan beberapa manfaat timun atau mentimun, diantaranya sebagai berikut.

  1. Mengontrol Kadar Gula.

    Salah satu manfaat paling baik dari makan mentimun adalah membantu pasien diabetes mengontrol kadar gula darah. Minum jus mentimun dapat meningkatkan hormon khusus yang diperlukan oleh sel-sel pankreas dalam memroduksi insulin.

  2. Melawan Kanker.

    Mentimun mengandung 3 lignan yaitu, pinoresinol, lariciresinol dan secoisolariciresinol, yang membantu mengurangi risiko berbagai jenis kanker, seperti kanker ovarium, kanker payudara, kanker prostat, hingga kanker rahim.

  3. Menurunkan Kolesterol.

    Sejumlah peneliti menemukan. mentimun mengandung "sterol", yaitu senyawa yang membantu mengurangi kadar kolesterol Anda.

  4. Mengontrol Tekanan Darah.

    Mentimun mengandung magnesium, kalium, dan serat yang dapat membantu mengontrol tekanan darah Anda. Dengan konsumsi mentimun, menjaga tekanan darah tidak terlalu tinggi maupun terlalu rendah.

  5. Membantu Penurunan Berat Badan.

    Mentimun merupakan makanan rendah kalori sehingga bermanfaat menurunkan berat badan berlebihan atau setidaknya tidak membuat berat badan terus bertambah. Mentimun membantu Anda mencapai berat badan ideal.

  6. Meredakan Nyeri Sendi dan Encok.

    Mentimun merupakan sumber silika yang dikenal dapat memperkuat jaringan sendi. Jus mentimun mengandung kalsium, folat, potassium, magnesium, dan vitamin A, C, D, B1 dan B6.Mengonsumsi mentinun setiap hari dapat mengurangi nyeri persendian, encok, dan menurunkan kadar asam urat.

  7. Mengurangi Sakit Kepala dan Mabuk.

    Mengunyah beberapa iris mentimun sebelum tidur dapat membantu mengurangi sakit kepala dan mabuk saat terbangun di pagi hari. Hal ini karena mentimun mengandung vitamin B, gula dan elektrolit untuk mengisi beberapa nutrisi penting bagi tubuh.

  8. Kesehatan Kulit dan Rambut.

    Mentimun baik untuk kesehatan kulit dan rambut. Misalnya, digunakan untuk membantu mengurangi iritasi kulit akibat sengatan matahari. Anda bisa menggosokkan kulit mentimun ke bagian kulit yang iritasi.Mentimun juga mengandung sulfur dan silikon untuk pertumbuhan rambut sehat. Selain itu, irisan mentimun juga bermanfaat meringankan bengkak di bawah mata.

  9. Melancarkan Pencernaan.

    Bagi anda yang sedang memiliki masalah dengan pencernaan atau susah buang air besar, mengkonsumsi timun dapat menjadi solusi yang tepat dalam melancarkan sistem pencernaan anda. Hal ini dikarenakan, buah timun memiliki kandungan serat alami yang sangat berkhasiat serta dapat memberikan efek dingin yang dapat meringankan rasa mulas atau sakit perut.

  10. Mencegah Dehidrasi dan Meningkatkan Daya Tahan Tubuh.

    Timun kaya akan kandungan air nya yang mencapai 95% , sehingga sangat ampuh dalam mencegah tubuh terkena dehidrasi serta membantu membuang racun di dalam tubuh. Selain itu, kandungan vitamin C nya mampu menangkal serangan virus dan bakteri yang dapat menyebabkan timbulnya penyakit, sehinggadaya tahan tubuh akan tetap terjaga.

Efek Samping

Bagi anda yang ingin mencoba khasiat dari buah timun ini, sangat disarankan agar tidak berlebihan. Karena efek samping mentimun jika pemakaian atau mengkonsumsi secara berlebihan dapat menimbulkan efek samping seperti mengalami kebotakan atau toksisitas yang disebabkan oleh kandungan kimia dalam buah timun. Demikianlah informasi yang dapat saya sampaikan mengenai manfaat timun baik itu bagi kesehatan dan juga manfaatnya untuk kecantikan, semoga bermanfaat.

Salam Sehat

 

Pusat Grosir Herbal Yaa di  ISTANA HERBAL

Kini orderan bisa dikirim melalui GoSend

Atau Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

    Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

    Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

    Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

    Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

 

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo