Bahaya Berhenti Merokok Secara Tiba Tiba

Hasil gambar untuk bahaya berhenti merokok

Anda pasti tahu kebiasan merokok member akibat yang sangat buruk bagi kesehatan anda. Bahkan pemerintah sudah mewajibkan produsen rokokuntuk menambahkan keterangan penyakit yang menghantui perokok beserta gambr menyeramkan akibat asap rokok. Namun masih banyak orang yang tidak mengindahkan peringatan tersebut dan tetap merokok. Bahkan ada yang rela tidak makan seharian asalkan bisa merokok.

Rokok dapat menyebabkan candu karena adanya kandungan nikotin di dalamnya. Setiap 100 gram tembakau mengandung 5 persen nikotin. Sedangkan dalam sebatang rokok, terdapat 8-20 mg nikotin. Tergantung jenis dan merek rokok. Ketika anda memutuskan untuk berhenti merokok secara tiba-tiba, tubuh akan berusaha untuk menyesuaikan diri seperti sebelum anda merokok. Penyesuaian secara mendadak dapat membuat tubuh anda karena kurangnya asupan nikotin ke dalam tubuh. Sehingga anda merasa terkejut dan tidak nyaman. Ketidaknyamanan itu antara lain:

  1. Gangguan mental

Rokok adalah sebuah candu yang merusak tubuh dan harus dihentikan secara paksa. Perokok merasa menghentikan kebiasaan ini adalah hal yang mustahil. Pemakai akan merasa tidak nyaman setelah memutuskan berhenti merokok dan membuat mental menurun drastis. Gangguan mental yang terjadi bisa berupa kecemasan, tegang, depresi, perasaan was-was, mudah marah. Sebaiknya tempatkan diri anda di lingkungan yang mendukung anda untuk berhenti merokok untuk menangani gangguan mental ini.

  1. Tidak enak badan

Nikotin dapat menghambat laju oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh. Menghentikan kebiasaan merokok berarti kembali menyesuaikan diri seperti sebelum nikotin masuk ke dalam tubuh. Selain itu, badan akan terasa lemas dan tidak bertenaga. Bahkan pada beberapa kasus bisa menyebabkan tubuh bergetar hebat seperti yang dialami orang sakau karena narkoba.

  1. Berat badan meningkat

Rokok seperti makanan sehari-hari. saat seseorang berhenti merokok, akan menyebabkan selera makan seseorang menjadi sangat tinggi. Makanan juga bisa mengalihkan pikiran untuk terus menghisap rokok, akibatnya orang tersebut akan mengalami kegemukan karena terlalu banyak makan.

  1. Gangguan tenggorokan

Gejala batuk, tenggorokan kering, mulut kering yang muncul disebabkan tubuh sedang berusaha mengeluarkan lendir yang berada di hidung dan tenggorokan saat masih merokok.

  1. Gangguan usus

Gangguan usus ini dapat berupa kram perut, mual, dan perut kembung.

  1. Masalah kulit

Masalah jerawat, lidah, atau mulut dapat muncul selama proses transisi.

Menghentikan kebiasaan merokok membutuhkan tekad yang kuat dari diri sendiri. Efek samping yang ditimbulkan hanyalah bersifat sementara karena tubuh perlu penyesuaian untuk mengembalikan kondisinya seperti sebelum menghisap rokok. Meski demikian, tubuh akan merasa sangat tidak nyaman dan membuat anda hampir menyerah melakukannya. Untuk itu, perlu dukungan dari orang sekitar dan tekad kuat dari diri sendiri agar terbebas dari asap rokok. Dengan berhenti merokok, anda berarti berhenti memasukan racun ke dalam tubuh yang bisa memicu serangan jantung, paru-paru, tekanan darah tinggi, stroke, serta kerusakan pembuluh darah.

Karyawan baru Istana