Tips bagi yang ingin berhenti merokok

Hasil gambar untuk berhenti merokok

Rokok dapat membahayakan kesehatan hampir semua organ tubuh mulai dari paru-paru, jantung, pita suara, hingga ke sistem peredaran darah. Sangat sulit menghilangkan kebiasaan merokok bagi para pecandunya. Pasalnya rokok sudah menjadi suatu kebutuhan bukan lagi kebiasaan. Berhenti merokok merupakan suatu momok yang menakutkan bagi mereka. Banyak yang sanggup menahan lapar seharian tapi tidak bisa berhenti merokok setengah hari saja. Mereka lebih memilih untuk hidup dengan kerusakan yang sudah terlanjur diakibatkan.

Hal pertama yang harus anda lakukan supaya terbebas dari asap rokok adalah membulatkan niat. Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa rokok berakibat buruk bagi kesehatan. Untuk itu, anda harus membulatkan tekad dan niat anda untuk berhenti merokok mulai sekarang. Kebiasaan merokok tidak akan bisa dihentikan bila tidak didasari niat kuat dari pemakainya.

Setelah itu, mintalah dukungan dari orang-orang terdekat. Dukungan dari teman, keluarga, sahabat, dan pasangan sangat berarti untuk meningkatkan kemampuan emosional anda untuk terbebas dari asap rokok. Anda bisa juga berkonsultasi kepada dokter untuk mendapatkan terapi penganti nikotin.

Cobalah untuk menyibukan diri dengan berolahraga atau mencari kesibuka lainnya. Anda dapat berjalan kelling kompleks, mengerjakan pekerjaan rumah, berkebun, atau menghadiri perkumpulan tertentu yang dapat menjauhkan diri dari keinginan untuk merokok.

Hari-hari awal anda berhenti merokok merupakan tahap yang paling sulit. Anda harus bisa mengendalikan diri dari sakau terhadap nikotin. Tanda-tanda adalah tubuh anda terasa lemah, cemas, tegang, frustasi, berkeringat, dan ngidam parah.  Cobalah lawan keinginan untuk merokok dan memberi penghargaan atas diri anda yang sudah berhenti merokok dengan memakai uang rokok untuk membeli barang berharga seperti baju, jam tangan, atau yang lainnya.

Hindari segala hal yang bisa membuat anda kembali merokok seperti menjauhi tempat-tempat yang dipenuhi oleh perokok. Jauhi temanyang mengajak anda kembali merokok. Singkirkan pula semua rokok dan asbak dari rumah anda.

Selalu bawa permen di kantong saku anda. Kebiasaan merokok tidak dapat dihilangkan begitu saja. Anda harus bisa bersabar untuk menahan godaan yang datang sewaktu-waktu. Hisaplah permen ketika hasrat ingin merokok itu datang. Menghisap permen dapat mengalihkan perhatian anda dari rokok. Sudah banyak orang yang berhasil menghentikan kebiasaan merokok dengan permen.

Setelah melakukan cara-cara di atas, cobalah pertahankan untuk tidak merokok paling tida selama 3 atau 4 bulan. Anda dikatakan berhasil bila sudah bisa menghentikan kebiasaan merokok selama lebih dari masa tersebut. Selalu ingatkan pada diri anda untuk tidak memulai menghisap rokok lagi setelah masa itu. Dengan berhenti merokok, anda dapat membebaskan anda dan orang di sekitar anda dari bahaya asap rokok karena perokok pasif memiliki risiko penyait yang hampir sama dengan perokok aktif.

 

Karyawan baru Istana