Manfaat Dibalik Tumbuhan Mimba

Image result for manfaat mimba

Khasiat daun mimba terbukti sangatlah ampuh untuk kesehatan tubuh kita. Terutama dalam mengatasi kanker, diabetes, gatal-gatal, dan jenis penyakit lain yang tentunya masih terkait. Mimba (nama latin : Azadirachta indica A. Juss.) adalah sejenis tanaman obat yang diduga berasal dari India. Pohonnya terna dan tersebar hingga seluruh Asia yang salah satunya ialah Indonesia.

Mimba dapat hidup dengan baik pada wilayah gersang atau kekurangan air. Sebab mempunyai pertahanan dengan menggugurkan daunnya pada musim kemarau. Tumbuhan mimba ini tergolong dalam klasifikasi kerajaan plantae dan keluarga dari Meliaceae.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Mimba mempunyai rasa pahit (kecuali daging buah manis) dan bersifat netral. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam mimba, di antaranya azadirachtin, minyak gliserida, acetiloksifuranil-dekahidrotetrametil acid, ksosiklopentanatoffiiran, asetat-keton, dan heksahidro-hidroksitetrametil -fenantenon (nimbol). Efek farmakologis mimba, di antaranya antidiabetes, antidiare, antipiuretik, antibilous, serta merangsang dan mengaktifkan kelenjar-kelenjar.

Bagian yang Digunakan dan pemanfaatannya

Biji, akar, dan daun mimba dapat digunakan untuk mengobati beberapa penyakit berikut.

  • Mengobati Kencing Manis, Disentri, Diare, Malaria, dan Masuk Angin.

    Cuci bersih 7 lembar daun mimba, lalu rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring air rebusan, lalu minum 2 kali sehari pada pagi dan sore hari.

  • Mengobati Hepatitis dan Gagal Lever.

    Cuci bersih 7 lembar daun mimba, lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1,5 gelas. Setelah dingin, saring air rebusan, lalu minum 3 kali sehari pada pagi, siang, dan sore hari.

  • Mengobati Kanker Hati.

    Cuci bersih 7 lembar daun mimba, lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1,5 gelas. Setelah dingin, saring air rebusan, lalu minum 3 kali sehari pada pagi, siang, dan sore hari.

  • Mengatasi sindap dan Ketombe.

    Cuci bersih daun mimba secukupnya, lalu rebus dengan air secukupnya. Gunakan air rebusan untuk keramas.

  • Mengatasi Jerawat (Acne Vulgaris).

    Cuci bersih 7 lembar daun mimba, lalu rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring air rebusan, lalu minum 3 kali sehari pada pagi, siang, dan sore hari masing-masing 1 gelas.

  • Mengobati Eksim dan Gudig.

    Cuci bersih daun mimba secukupnya, llau rebus dengan air secukupnya. Gunakan air rebusan untuk mencuci eksim atau gudig 3 kali sehari.

Catatan : wanita hamil dilarang minum ramuan ini.

Salam Sehat

 

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo