Apa Saja Manfaat dari Mindi Kecil Untuk Kesehatan?

Image result for manfaat mindi kecil

Pohon mindi dipercaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit seperti diabetes, kudis, hipertensi, peluruh muntah dan masih banyak lagi khasiatnya. Mindi yang mempunyai nama latin Melia azedarach adalah sejenis tumbuhan yang hampir sama persis dengan mimba. Tidak sedikitjuga yang salah kaprah dengan pohon yang satu ini.

Pertumbuhan tumbuhan ini banyak ditemukan di daerah tropis seperti pinggir jalan dan tempat-tempat terbuka lain yang berfungsi sebagai peneduh. Terdapat begitu banyak manfaat pada daun dan kulit mindi karena kandungan senyawa yang sangat membantu sekali dalam menjaga kesehatan tubuh.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Mindikecil mempunyai rasa pahit, bersifat dingin, dan sedikit beracun. Selain itu, biji mindi kecil mengandung resin yang sangat beracun. Beberapa bahan Kimia yang terkandung dalam kulit batang dan kulit akar kulit mindi kecil, di antaranya toosendanin, C3OH38O11, dan komponen larut C3OH40O12 margoside, kaemfenol, resin, tanin, n-triacontane, β-sitosterol, dan triterpen kulinone. Efek farmakologis mindi kecil, di antaranya menurunkan panas dan lembab, laxative, diuretik (peluruh kencing), dan obat cacing (anthelmintic). kulit akar mindi kecil digunakan untuk anthelmintic, sedangkan kulit batangnya untuk lepra. Daun mindi kecil digunakan untuk mengobati gatal, sakit kepala, dan nyeri perut. Sementara itu, bunganya digunakan untuk nyeri perut.

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Pemakaian kulit batang, kulit akar, bunga dan daun mindi kecil segar atau kering dapat digunakan untuk mengobati beberapa penyakit berikut.

  1. Mengobati Cacingan.

    Cuci bersih 90-120gr kulit batang mindi kecil atau kulit akarnya yang segar. Rebus bahan dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas, saring, lalu minum airnya 2 kali sehari masing-masing setengah gelas.

  2. Mengatasi Scabies (dengan gejala gatal pada kulit).

    Aduk rata bubuk kulit batang mindi kecil atau kulit akarnya dengan cuka. Borehkan campuran tersebut pada bagian tubuh yang gatal 3 kali sehari.

  3. Mengobati Kudis.

    Cuci bersih kulit batang atau kulit akar mindi kecil, lalu rebus dengan air secukupnya. Gunakan air rebusan untuk mencuci bagian yang luka 3 kali sehari.

  4. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi (hipertensi).

    Rebus 5-10gr daun mindi kecil kering dengan 6 gelas air sampai tersisa 3 gelas. Minum air rebusan 3 kali sehari masing-masing 1 gelas.

Catatan :

  • Pada pengobatan, zat toosendanin pada mindi kecil jarang memberikan efek samping, tetapi dapat menimbulkan efek gejala pening, muntah, nyeri perut, diare, kemerahan pada muka (flushing), dan kantuk.
  • Beberapa pasien mengalami penglihatan yang kabur dan gatal-gatal. Gejala akan hilang dalam 2-3 jam, tetapi beberapa pasien dapat mencapai 1 hari, yang akan hilang spontan tanpa perlu pengobatan khusus.
  • Pada dosis yang berlebihan, timbul gejala dengan kebas pada anggota gerak (neuritis perifer), denyut jantung tidak teratur (arrytmia), tekanan darah menurun (hypotension), dan sesak napas (dyspnea).
  • Hindarkan pemberian obat ini pada pasien berpenyakit jantung berat, luka pada lambung (gastric ulcer), kurang darah (anemia), dan kondisi badan lemah. Dilarang diberikan pada pasien penderita penyakit hati dan ginjal karena dapat menimbulkan perlemakan pada hati (fatty degeneration) dan ginjal.

Salam Sehat

 

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo