Manfaat Minyak Kemiri Untuk Kesehatan dan Kecantikan Tubuh

Apakah Anda tahu apa itu minyak kemiri? Minyak kemiri adalah minyak yang dihasilkan dari ekstraksi biji kemiri yang cukup banyak dihasilkan di Indonesia. Kualitas minyak kemiri yang dihasilkan Indonesia juga sangat baik. Pohon kemiri banyak tumbuh di Negara tropis seperti asia tenggara, salah satunya di Indomesia. Diperkirakan asal mula tanaman kemiri dari Hawai.

Minyak kemiri lebih dikenal sebagai obat herbal yang berguna bagi kesehatan rambut. Banyak yang membuktikan akan manfaat minyak kemiri dalam mengatasi masalah rambut, seperti mengatasi kebotakan, dan kerontokan rambut. Sejak jaman dulu, nenek moyang kita sudah mengenal manfaat dari minyak kemiri.

Dahulu ekstrak minyak kemiri didapat dari pengolahan sendiri. Namun sekarang sudah banyak dipasarkan ekstrak minyak kemiri dalam botolan yang sudah jadi. Minyak kemiri dihasilkan dari pohon kemiri yang banyak tersebar di daerah tropis, utamanya di Indonesia. Tanaman kemiri sendiri memiliki tinggi mencapai 25 meter. Karakteristik tanaman kemiri lainnya, daunnya berwarna hijau pucat.

Proses Pembuatan Minyak Kemiri

Minyak kemiri diproses dari ekstraksi biji kemiri menggunakan alat press khusus. Namun jika Anda mempunyai waktu luang, tidak ada salahnya membuatnya sendiri di rumah. Selain murah juga sudah pasti aman karena tidak mengandung campuran zat kimia lain. Bahan-bahannya mudah diperoleh. Bahan utamanya yakni buah kemiri segar. Pada bagian biji kemiri sendiri, 55-56 persen-nya mengandung minyak.

Langkah-langkah dalam pembuatannya adalah:

  1. Haluskan biji kemiri secukupnya. Jangan lupa untuk mencuci biji kemirinya terlebih dahulu.
  2. Campurkan dengan air putih.
  3. Siapkan saringan dari kain yang halus untuk menyaring larutan kemiri, sehingga ampas kemiri tidak terbawa.
  4. Masak dalam panci yang bersih dengan api sedang.
  5. Selama proses pemanasan, aduk-aduk sampai air menguap dan yang tertinggal hanya minyaknya saja.
  6. Setelah dingin, saring kembali. Simapan minyak kemiri dalam botol beling dan siap dipergunakan.

Kandungan Minyak Kemiri

Selain sebagai bahan untuk bumbu makanan, ternyata kemiri mempunyai segudang manfaat, salah satunya menjaga kesehatan jantung. Kemiri mengandung zat gizi dan nongizi. Zat nongizi dalam kemiri misalnya saponin, falvonoida, dan polifenol. Banyak peneliti telah membuktikan bahwa ketiga komponen ini memiliki arti besar bagi kesehatan. Kandungan zat gizi mikro yang terdapat dalam kemiri contohnya protein, lemak, dan karbohidrat.

Mineral yang dominan dalam kemiri adalah kalium, fosfor, magnesium, dan kalsium. Juga terkandung zat besi, seng, tembaga, dan selenium, dalam jumlah sedikit. Kandungan penting lainnya adalah vitamin, folat, serta fitosterol yang dapat meruask enzim pembentuk kolesterol di dalam hati, sehingga menghambat pembentukan kolesterol.

Protein pada biji kemiri terdiri dari asam amino esensial maupun nonesensial. Fungsi asam amino esensial antara lain untuk pertumbuhan karena asam amino terdapat di semua jaringan dan membentuk protein dan antibodi.

Asam amino nonesensial yang menonjol pada kemiri, yaitu asam glutamat dan asam aspartat. Keberadaan asam glutamat yang memberikan rasa nikmat ketika kemiri digunakan sebagai bumbu. Hal itu membuat kemiri dapat mengganti penyedap masakan seperti MSG.

Sebuah penelitian yang dilakukan tim dari New Mexico State University, Las Cruces, menunjukkan kemiri mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL, low density lipoprotein) yang ada dalam darah. Sekitar 53 persen dari kemiri adalah lemak. Namun lemak tersebut adalah lemak tak jenuh yang bukan cuma mampu menurunkan kadar LDL, tapi juga mencegah penggumpalan darah yang merupakan penyebab serangan jantung dan stroke.

Manfaat Minyak Kemiri Untuk Kesehatan dan Kecantikan Tubuh

  • Mencegah Pembentukan kolesterol Jahat.

    Manfaat minyak kemiri juga cukup baik dalam membantu mengatasi masalah kesehatan organ dalam. Zat fitosterol yang terdapat dalam minyak kemiri dapat merusak enzim pembentuk kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh, utamanya pada organ hati.

  • Mengatasi Gangguan Pencernaan.

    Minyak kemiri juga berkhasiat untuk mengatasi gangguan pencernaan. Gangguan pada saluran pencernaan seperti masalah diare dan gangguan buang air besar dapat diatasi dengan kemiri. Kini banyak obat tradisional dari minyak kemiri yang bisa Anda beli di apotek atau perusahaan herbal.

  • Mengatasi Sariawan dan Disentri.

    Kemiri memang memiliki kandungan yang sangat banyak. Ekstraksi dari kemiri bisa di buat untuk obat-obat tradisional. Biji kemiri memiliki kandungan thanin yang itu sangat baik untuk membantu mengusir sariawan dan disentri.

  • Mengatasi Penyakit Tumor.

    Kemiri bermanfaat untuk mengatasi tumor karena kandungan yang ada dalam daging, daun dan akar kemiri yang berupa flavonida, saponin dan polifenol dapat membantu dalam mengatasi berbagai macam penyakit tumor.

  • Mengatasi Sembelit.

    Ambil 1 buah biji kemiri, 2 siung bawang merah, 5 gram pulasari, 10 gram kayu manis, 30 gram daun urang-aring, setengah sendok teh garam, dan setengah sendok teh adas. Haluskan semua bahan lalu rebus dengan 800 cc air hingga tersisa 400 cc. Saring dan minum airnya 2 kali sehari, masing-masing sebanyak 200 cc.

  • Mengobati Demam.

    Ambil minyak kemiri secukupnya, tambahkan 15 gram akar pulutan, lalu rebus dengan air secukupnya sampai mendidih. Saring dan minum selagi masih hangat.

  • Mengobati Sakit Gigi.

    Selain sariawan, sakit gigi juga bisa diobati dengan menggunakan getah pohon kemiri. Caranya juga hampir sama. Ambil getah pohon kemiri dengan menggunakan kapas. Tempelkan pada gigi yang sakit. Biarkan selama 10 menit, kemudian buang dan ganti dengan yang baru.

  • Menghitamkan Rambut Dengan Alami.

    Rambut merupakan mahkota. Siapa yang tidak ingin mempunyai rambut hitam dan berkilau. Daripada menghitamkan rambut dengan bahan kimia yang kita tidak ketahui efek sampingnya, lebih baik memakai bahan alami seperti minyak kemiri. Selain murah juga aman dan tidak menimbulkan efek samping.

  • Mengatasi Kerontokan Rambut.

    Manfaat minyak kemiri yang lainnya adalah sebagai perawatan rambut. Dengan mengoleskan minyak kemiri pada akar rambut secara teratur, terbukti dapat memperkuat akar rambut dan mengatasi kerontokan.

  • Mengatasi rambut Beruban.

    Normalnya, rambut mulai memutih pada usia 50 tahun ke atas. Namun karena berbagi faktor sudah ada yang mengalami rambut beruban pada usia muda. Cobalah memakai minyak kemiri untuk mengatasinya. Oleskan secara teratur pada pagi hari sehabis bangun dan malam hari sebelum tidur.

  • Mencerahkan Kulit.

    Kemiri ternyata juga baik untuk kesehatan kulit kita. Kemiri juga bisa bermanfaat untuk memutihkan kulit karena dapat membantu mengangkat sel kulit mati. Kulit yang cerah akan membuat warna kulit terlihat putih alami.

  • Membuat Awet Muda.

    Tahukah Anda bahwa dengan mengoleskan minyak kemiri pada kulit dengan melakukan pemijatan ringat secara teratur, dapat mengatasi kulit keriput. Bahkan membuat kulit menjadi lebih rileks dan terlihat muda.

Itulah beberapa manfaat minyak kemiri untuk kesehatan. Semoga info kesehatan ini dapat bermanfaat dalam menginspirasi pola hidup sehat keluarga anda.

 

Minyak Kemiri Al Khodry

Adalah minyak kemiri alami dari buah kemiri untuk menyuburkan dan menumbuhkan kembali rambut serta menguatkan akar rambut karena banyak mengandung vitamin e  berguna untuk menyuburkan pertumbuhan rambut dan menyehatkan kulit kepala Sangat bermanfaat untuk  menyuburkan rambut sekaligus bisa juga dipakai sebagai obat penumbuh rambut alami pada kebotakan.

Salam Sehat

 

Pusat Grosir Herbal Yaa di  ISTANA HERBAL

Kini orderan bisa dikirim melalui GoSend

Atau Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

    Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

    Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

    Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

    Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

 

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo