Manfaat Minyak Zaitun Untuk Berbagai Penyakit

Minyak zaitun  atau olive oil merupakan minyak yang terkandung di dalam buah zaitun. Minyak ini merupakan kategori minyak sehat banyak mengandung lemak tak jenuh. Buah zaitun juga dapat dikonsumsi langsung tanpa harus diolah terlebih dahulu. Banyak sekali manfaat minyak zaitun, mulai dari bahan kosmetik, perawatan rambut, hingga menjadi obat untuk berbagai macam penyakit. 

Manfaat Dari Minyak Zaitun

Manfaat minyak zaitun memang sudah cukup terkenal sejak dahulu kala. Bahkan sejak 400 tahun sebelum masehi zaitun telah banyak digunakan untuk pengobatan tradisional. Dari segi medis, minyak zaitun mungkin berkhasiat mengatasi dan mencegah penyakit-penyakit tertentu. Vitamin yang terkandung dalam minyak buah zaitun yakni Vitamin E, omega 3 dan omega 6. Seperti diketahui, vitamin E mempunyai fungsi untuk mencegah terjadinya resiko kanker, mengurangi penyakit jantung, dan bisa menguatkan daya tahan tubuh. Sedangkan omega 3 dan omega 6 sendiri baik untuk kesehatan manusia yang berfungsi untuk kesehatan jantung, obesitas bahkan hingga penyakit diabetes. 

Seberapa Lama Daya Tahan Minyak Zaitun?

Untuk daya tahannya sendiri, minyak buah zaitun biasanya dapat bertahan selama 3 bulan setelah dari proses produksi. Namun ada juga yang bisa bertahan sampai 2 tahun lamanya. Tetapi sebaiknya dalam mengkonsumsi minyak ini tidak sampai setahun, karena berdasarkan penelitian oleh para ahli bahwa kadar antioksidan di dalam minyak zaitun akan turun drastis selama setahun. Hal tersebut tentu juga akan mengurangi manfaat minyak zaitun sendiri. Bila ingin mendapatkan manfaat minyak zaitun secara maksimal, disarankan untuk membeli zaitun yang daya tahannya tidak lebih dari setahun, mungkin bisa setengah tahun atau cukup hanya beberapa bulan saja.

Sebaiknya menyimpan minyak zaitun di tempat yang minim cahaya dengan suhu yang tidak terlalu panas atau simpan di dalam lemari es. Minyak zaitun yang di simpan di lemari es tidak akan mempengaruhi kualitas minyak zaitunnya atau mengurangi kadar dari manfaat minyak zaitun. Dan bila ingin membelinya pastikan tertera tulisan BPOM RI. Pastikan juga masa expired pada kemasan sehingga anda bisa mengira-ngira batas penggunaannya. 

Manfaat Minyak Zaitun Bagi Kesehatan

Meski minyak zaitun menyehatkan, Anda tetap harus membatasi asupannya karena kadar kalori per 100 gram-nya adalah 885 kilokalori. Gunakan minyak zaitun dengan baik agar Anda bisa mendapatkan khasiat-khasiatnya. Berikut manfaat-manfaat minyak zaitun untuk kesehatan tubuh:

  1. Memelihara Kesehatan Jantung.

    Manfaat dari kandungan lemak tidak jenuh yang ada di dalam minyak zaitun adalah dapat mengendalikan kolestrol jahat yang tentunya sangat berbahaya bagi tubuh dan dapat mempertahankan kolestrol baik. Sehingga manfaat minyak zaitun salah satunya adalah dapat memelihara kesehatan jantung.

  2. Mengurangi Pemakaian Obat Penurun Hipertensi.

    Menurut hasil penelitian, penderita penyakit hipertensi yangmengkonsumsi minyak zaitun hasilnya tekanan darah penderita turun.

  3. Mencegah Terjadinya Gejala Kanker.

    Selain kandungan lemak tidak jenuh, di dalam minyak zaitun juga terdapat kandungan antioksidan yang cukup tinggiyang dapat mengurangi bahkan mencegah penyakit kanker. Di dalam antioksidan juga terdapat senyawa hidroksitirosol yang berfungsi untuk menormalkan kadar gula yang dalam

  4. Menurunkan Kolesterol Tinggi.

    Di dalam zaitun sendiri juga  terkandung campuran antioksidan yang dapat menurunkan kadar kolesterol buruk (LDL), namun tidak menghilangkan dan tetap mempertahankan kadar kolesterol baik (HDL) yang ada di dalam tubuh. Dipastikan kadar kolesterol Anda akan menurun jika mengonsumsi minyak zaitun secara rutin.

  5. Menyehatkan Usus.

    Didalam minyak zaitun ternyata juga terdapat senyawa Oleuropein Aglycone. Senyawa ini berfungsi untuk menjaga suplaian darah ke usussehingga senyawa ini sangat mempunyai peran penting untuk kesehatan usu Senyawa ini juga dapat membantu mengurangi kerusakan usus akibat dari penyakit anemia atau biasa dikenal dengan penyakit kekurangan darah.

  6. Mengurangi Resiko Kanker Rahim.

    Wanita penderita kanker rahim yang mengkonsumsi minyak zaitun ternyata bisa menurunkan efek dari resiko kankernya tersebut, bahkan bisa mencegah terkenanya kanker rahim. Kemungkinan persentase terjadinya sangat sedikit dan penurunan terjadinya kanker rahim bisa mencapai 26 persen.

  7. Mengurangi Terjadinya Penyakit Maag.

    Ternyata gizi yang ada di dalam minyak zaitun mampu memberikan efek positif untuk melindungi tubuh dari timbulnya kanker lambung dan mengurangi timbulnya penyakit maag.

  8. Menghilangkan Penyakit Artritis.

    Minyak zaitun juga mengandung Prostaglandin yang mempunyai manfaat untuk mengatasi nyeri sendi dan pengeroposan tulang. Caranya pun cukup mudah hanya dengan dikonsumsi dalam campuran makanan atau dengan mengoleskan sedikit minyak pada otot atau sendi yang nyeri.

  9. Menghilangkan Nyeri.

    Kandungan oleokantal yang terdapat di dalam minyak zaitun ternyata juga dapat mencegah radang, hampir sama dengan penghilang rasa sakit yakni ibuprofen atau sejenis obat penghilang radang lainnya. Selain menghilangkan nyeri manfaat minyak zaitun lainnya adalah bisa digunakan untuk obat lecet, luka bakar, luka sobek atau peradangan lainnya yang bisa menyebabkan nyeri.

  10. Mengurangi Resiko Penyumbatan Dan Penebalan Pembuluh Darah.

    Nutrisi yang terkandungan di dalam minyak zaitun bisa mengurangi sedikitnya pengaruh negatif lemak dari dalam makanan yang bisa berpengaruh terhadap terjadinya pembekuan darah, dan terlebih lagi dapat mengurangi terjadinya penebalan pembuluh nadi jantung.

Tidak hanya itu saja, masih banyak lagi manfaat yang di dapat dari mengkonsumsi dan menggunakan minyak zaitun, di antaranya :

  1. Menurunkan kadar dalam tubuh
  2. Mencegah terjadinya kanker kulit
  3. Mencegah terjadinya kanker colon
  4. Mencegah atau mengurangi diabetes
  5. Menghilangkan migrain
  6. Menghilangkan penyakit kurap
  7. Mencegah terjadinya infeksi jamur
  8. Mencegah kanker payuda
  9. Meredakan konstipasi
  10. Menghilangkan penyakit eksim

Jenis-Jenis Minyak Zaitun

Minyak zaitun terbagi dalam 3 kelompok yang dibedakan berdasarkan proses ekstraksi dan kadar keasamannya. Pertama yaitu extra virgin. Minyak zaitun extra virgin ini merupakan jenis yang paling baik karena hanya melewati satu proses perasan saja dari buah zaitun. Tingkat kadar keasaman yang dimiliki extra virgin pun hanya 1 persen. Kedua adalah minyak zaitun virgin. Zaitun virgin ini juga hanya melewati satu perasan saja dan memiliki kadar keasaman sedikit lebih tinggi dari zaitun extra virgin yaitu sekitar 3 persen. Ketiga adalah jenis minyak zaitun fino. Zaitun fino merupakan perpaduan antara extra virgin dan virgin. Untuk jenis Keempat dinamakan minyak zaitun pure. Minyak ini merupakan campuran antara zaitun ekstra virgin dan virgin dimana sudah diolah. Dan untuk jenis yang Kelima adalah light. Jenis light ini sudah melewati proses saring yang hasil akhirnya akan mempengaruhi warna dari minyak zaitunnya. Zaitun light bisa digunakan untuk memasak seperti menumis atau memanggang. Namun minyak zaitun yang bisa dipakai adalah minyak yang bukan extra virgin.

Salam Sehat

 

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424

Artikel Terkait

online istana solo