Manfaat minyak zaitun

Hasil gambar untuk zaitun

Minyak zaitun merupakan salah satu minyak yang sehat karena di dalamnya terkandung lemak tak jenuh yang tinggi. Selain minyaknya yang dapat dimanfaatkan, buah zaitun juga dapat  dimakn langsung. minyak zaitun mengandung banyak zat yang bermanfaat bagi kesehatan seperti asam lemak tak jenuh, asam maristat, asam arachidat, asam palminat, asam stearate, lignoserat, vitamin A, C, D, E, dan K, zat besi, kalsium, potassium, serta polifenol. Minyak zaitun juga dapat digunakan sebagai antioksidan yang baik serta membantu menghambat proses oksidasi dari kolestrol jahat dalam tubuh. Manfaat minyak zaitun akan dijelaskan pada uraian di bawah ini:

  1. Mencegah penuaan dini

Kandungan zat linoleic acid dalam minyak zaitun akan membantu menjaga kadar air pada kulit wajah, kulit agar tidak muncul keriput pada usia dini. Minyak zaitun juga mengandung antioksidan yang berguna untuk mencegah kerusakan sel dan menjaga kesehatan kulit anda.

  1. Mencegah diabetes

Salah satu manfat pada minyak zaitun adalah menurunkan kadar gula dalam darah yang bisa mencegah penyakit diabetes mellitus.

  1. Mengurangi risiko penyakit jantung

Minyak zaitun terbukti memperlancar aliran darah, menurunkan tekanan darah, dan mengatur kolestrol dengan menekan jenis kolestrol jahat dan mepertahankan kolestrol baik sehingga kesehatan jantung dapat terjaga.

  1. Sebagai aromaterapi

Minyak zaitun dapat digunakan sebagai aromaterapi karena baunya yang khas. Bau yang ditimbulkan dari minyak zaitun membuat pikiran rileks, membantu menghilangkan stress, meningkatkan konsentrasi, bahkan dapat menghindarkan dari gigitan seranggga atau nyamuk.

  1. Mencegah Gejala Kanker

Selain kandungan lemak tidak jenuh, di dalam minyak zaitun juga terdapat kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Dengan adanya antioksidan dapat mengurangi bahkan mencegah penyakit kanker. Di dalam antioksidan terdapat senyawa hidroksitirosol yang berfungsi untuk menormalkan kadar gula di dalam tubuh.

  1. Menyehatkan Usus

Di dalam minyak zaitun ternyata juga ada senyawa oleuropein aglycone yang punya peran penting untuk kesehatan usus. Senyawa ini berfungsi untuk menjaga suplai darah ke usus dan membantu mengurangi kerusakan usus akibat penyakit anemia.

  1. Mengurangi Peradangan Sendi

Minyak zaitun dapat mengurangi peradangan sendi dengan cara dikonsumsi. Hal ini dibuktikan dengan penelitian yang dilakukan di daerah Yunani utara pada pasien yang menderita sakit persendian. Minyak zaitun mendorong produksi zat prostaglandin, suatu zat pencegah pembengkakan dan nyeri.

  1. Mencegah Osteoporosis

The British Journal of Nutrition juga menyebutkan bahwa minyak zaitun mampu mencegah osteoporosis meskipun tidak memulihkan berat tulang yang hilang seluruhnya.

  1. Menangkal Radikal Bebas

Minyal zaitun mengandung antioksidan polifenol. Zat ini bisa membantu tubuh dalam detoksifikasi molekul yang tidak seimbang sehingga ampuh dalam menangkal radikal bebas.

  1. Menghilangkan Nyeri

Kandungan oleakantal yang tedapat pada minyak zaitun ternyata juga bisa mencegah radang. Khasiatnya hamper sama dengan ibuprofen. Selain menghilangkan rasa nyeri, minyak zaitun juga bisa dingunakan untuk obat lecet, luka bakar, luka sobek, atau peradangan lainnya yang bisa menyebabkan nyeri.

  1. Memberikan Kelembaban Kulit Alami

Orang Indonesia pada umumnya sering mengalami masalah kulit kering. Kandungan vitamin E pada minyak zaitun sangat baik untuk memberikan kadar minyal alami yang memberikan kelembaban ekstra pada tubuh. Caranya cukup dengan mengoleskan minyak zaitun pada wajah yang telah dibersihkan terlebih dahulu sebelum tidur. Hati-hati untuk pengolesan pada daerah sensitive seperti mata.

  1. Anti Inflamasi

Di dalam minyak zaitun dipenuhi oleh aktioksidan jenis polifenol, yang membantu melindungi sel-sel dari ancaman kerusakan. Senyawa polifenol inilan yang mengandung sifat anti inflamasi. Para ilmuwan telah banyak melakukan penelitian pada minyak zaitun yang berpotensi meningkatkan fungsi otak.

Minyak zaitun aman dikonsumsi secara langsung (sebagai bahan masakan) atau dioleskan pada kulit. Setiap 2 sendok makan minyak zaitun memberikan 14 persen total kalori harian tubuh. Minyak zaitun aman digunakan sebagai bahan diet. Namun sebaiknya anda berhenti mengkonsumsi zaitun 2 minggu sebelum melakukan operasi bedah karena minyak zaitun mempengaruhi gula darah. Sehingga penggunaan minyak zaitun mempengaruhi control gula darah selama operasi.

Artikel Terkait

Karyawan baru Istana