9 Manfaat Dalam Tumbuhan Mondokaki Untuk Kesehatan

Image result for manfaat mondokaki

Bunga mondokaki memiliki aroma yang harum, mirip dengan tanaman kopi. Bunganya yang ganda dan indah, menjadikan alasan bagi pecinta tanaman hias untuk menaruhnya di pot-pot cantik. Di balik kecantikan kembang mondokaki, ternyata tersimpan manfaat untuk kesehatan yang mungkin di luar dugaan anda.

Khasiat mondokaki mungkin belum umum dan idak banyak yang tahu. Padahal tanaman bunga yang satu ini menyimpan jutaan manfaat yang berguna sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Nama ilmiah dari bunga mondokaki adalah Ervatamia divaricata atau Tabernaemontana coronaria, masih tergolong ke dalam famili Apocynaceae. Nama lain dari tumbuhan ini adalah bunga wari, kembang mantega, nyingin, manila, susong, dan kembang susu. Sedangkan orang barat menyebutnya dengan ceylon jasmine.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Mondokaki memiliki rasa asam dan bersifat sejuk. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam mondokaki, di antaranya tabernae, ontanin, koronarin, koronandin, dregamin, vobasin, korin, kortin, lupeol, dan tanin. Efek farmakologis mondokaki, di antaranya menghilangkan sakit (analgesik), membersihkan panas dan racun (toksin), menurunkan tekanan darah, meluruhkan dahak, dan obat cacing (anthelmintik). daun mondokaki digunakan untuk mengobati bisul, batuk berdahak, radang kelenjar payudara, digigit anjing gila, tekanan darah tinggi (hipertensi), dan terkilir. Getah daun mondokaki digunakan untuk mengobati radang mata, kekeruhan kornea, dan mencegah timbulnya radang pada luka. Akar mondokaki digunakan untuk mengobati batuk, tenggorokan bengkak dan sakit, patah tulang (fraktur), sakit gigi, cacing kremi, diare, gigitan binatang berbisa seperti kalajengking, antikanker, dan gondok. Sementara itu, bijinya digunakan untuk bahan pewarna.

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Akar, daun, bunga, dan kulit batang mondokaki digunakan untuk mengobati beberapa penyakit berikut.

  1. Mengobati Diare.

    Cuci bersih 13gr akar mondokaki, lalu potong tipis-tipis. Rebus potongan akar dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring air rebusannya, lalu minum sedikit demi sedikit sampai habis. Cara lainnya, cuci bersih 10-15gr akar mondokaki dan daun jambu biji (Psidium guajava L.) secukupnya. Iris-iris, lalu rebus dengan 600ml air sampai tersisa 300ml. Setelah dingin, saring air rebusan, lalu minum sekaligus 1 kali sehari.

  2. Mengobati Sakit Mata, Radang Kulit, dan Luka.

    Cuci bersih daun mondokaki secukupnya, lalu bilas dengan air matang. Tumbuk daun sampai halus, lalu peras. Gunakan air perasannya untuk obat tetes mata atau di oleskan pada radang kulit dan luka. Lakukan pengobatan 3 kali sehari.

  3. Mengobati Cacing Kremi.

    Cuci bersih 10gr akar mondokaki dan setengah lembar daun pepaya, lalu potong seperlunya. Rebus bahan tersebut dengan 600ml air sampai tersisa 300ml. Setelah dingin, saring air rebusannya, lalu minum sekaligus 1 kali sehari.

  4. Mengobati Sakit Gigi.

    Cuci bersih setengah jari akar mondokaki, lalu kunyah menggunakan gigi yang sakit.

  5. Sebagai Antikanker (antikarsinona).

    Cuci bersih, lalu potong seperlunya 10gr akar mondokaki dan lidah ular berbunga putih (Hedyotis diffusa Willd.) atau rumput mutiara (Hedyotis corymbosa (L.) Lamk.) secukupnya. Rebus dengan 3 gelas air sampai sisa 1 gelas. Saring air rebusannya, lalu minum 2 kali sehari masing-masing setengah gelas.

  6. Mengobati Trachoma (radang mata kronis).

    Cuci bersih, lalu potong-potong seperlunya 3/4 jari akar mondokaki,1/3 genggam daun saga, 1/4 genggam daun sena, 1/4 genggam daun tempuh wiyang, setengah jari kayu secang, 3/4 jari kulit meyosi, dan 3/4 jari kulit kayu seriawan. Rebus semua bahan dengan 3 gelas air sampai tersisa 1,5 gelas. Setelah dingin, saring air rebusannya, lalu gunakan airnya untuk merambang mata yang sakit 3 kali sehari.

  7. Mengobati Radang Payudara.

    Cuci bersih 20 lembar daun mondokaki, lalu tumbuk sampai halus. Tambahkan 2 sendok makan air garam, aduk rata, lalu balurkan ramuan ini pada payudara yang sakit dan balut.

  8. Mengobati Radang Kulit Bernanah.

    Cuci bersih bunga mondokaki segar secukupnya, lalu tumbuk sampaihalus. Tambahkan sedikit minyak kelapa, aduk rata, lalu balurkan ramuan ini pada kulit yang meradang.

  9. Mengobati Batuk.

    Cuci bersih 15 lembar daun mondokaki, lalu rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 2 gelas. Setelah dingin, saring air rebusannya, lalu tambahkan air gula seperlunya. Bagi air rebusan menjadi 3 bagian, minum pada pagi, siang, dan sore hari.

Itulah 9 manfaat mondokaki untuk pengobatan secara tradisional. Menakjubkan bukan? Kini, anda tidak hanya mempunyai koleksi tanaman hias saja. Lebih dari itu, banyak manfaat dan khasiat dapat diperoleh dari tumbuhan ini.

Salam Sehat

 

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo