MPASI Terbaik Yang Diberikan Kepada Bayi Berusia 6 Bulan

Hasil gambar untuk MPASI Terbaik Yang Diberikan Kepada Bayi Berusia 6 Bulan

Banyak orang memberikan makanan padat pada bayi bahkan saat bayi masih berusia kurang dari empat bulan. Padahal sebaiknya makanan padat mulai diberikan saat usia bayi telah mencapai enam bulan. Pada usia setengah tahun ke atas, makanan berperan sebagai pendamping ASI atau disebut MPASI.

Selepas 6 bulan, kini bayi anda sudah cukup siap untuk diberikan makanan pendamping lain selain hanya ASI yang dikonsumsinya selama ini. Mengapa 6 bulan? Hal ini dikarenakan sistem pencernaan pada si bayi sudah mulai siap menerima jenis dan tekstur makanan lain yang lebih padat dibandingkan pada waktu sebelumnya. 

Tanda-Tanda Bayi Sudah Siap Makan

Kapan bayi siap diperkenalkan kepada makanan? Pertumbuhan tiap bayi memang unik sehingga tidak dapat dibandingkan antara satu sama lain, namun terdapat ciri-ciri umum yang menunjukkan bahwa bayi telah siap mengonsumsi MPASI. Bayi Anda mungkin memiliki satu atau dua tanda-tanda berikut ini ketika berusia enam bulan:

  • Dia mulai bisa meraih makanan dan memasukkan ke mulut karena telah ada koordinasi antara mata, mulut, serta tangannya.
  • Dia dapat duduk sendiri tanpa bantuan dengan kepalanya telah tersangga oleh tubuh dengan baik.
  • Bayi Anda tertarik pada makanan yang sedang Anda konsumsi.
  • Dia dapat menelan makanan. Jika tidak, dia akan mengeluarkan makanan itu kembali ke luar dari mulut.

Jenis Makanan MPASI Terbaik Untuk Bayi

Berikut ini beberapa daftar jenis makanan bayi sehat yan baik dan dianjurkan untuk diberikan pada bayi sebagai makanan pendampinya.

Jenis Bubur Sehat Untuk Bayi

Beberapa daftar bubur dibawah ini diharapkan dapat menjadi solusi untuk ibu agar dapat menyajikan bubur yang lezat dan sehat untuk di buah hatinya.

  1. Bubur Susu.

    Bubur susu umumnya adalah jenis makanan yang paling banyak disarankan diberikan pada bayi sebagai makanan pendamping ASI pertama kali. Jenis makanan ini adalah makanan padat yang memang baik diberikan serta diperkenalkan pertama pada bayi. Selain rasanya yang lezat, tekstur bubur susu yang sebaiknya dibuat lebih encer pun akan menjadi santapan pertama yang sehat agar bayi bisa beradaptasi dengan lebih baik.

    Adapun cara pembuatan makanan ini cukup mudah, yang anda perlukan hanyalah tepung beras sebanyak 1 sendok makan dan dicampur bersama dengan susu formula sebanyak kurang lebih 200 ml. Kemudian dengan menggunakan sendok, larutkan kedua bahan ini secara merata sampai tercampur dan teksturnya kekentalannya bisa disesuaikan dengan keinginan anda. Masaklah kedua campuran ahan ini dengan menggunakan api kecil dalam panci sampai mendidih secara merata, hingga campuran ini menjadi agak kental. Apabila tepung menggumpal, maka sebaiknya saring terlebih dahulu.

  1. Bubur Susu Kentang.

    Jenis bubur yang kedua adaah bubur susu kentang, sajian bubur ini cocok diberikan pada bayi yang baru saja memasuki usia 6 bulan. Untuk membuat hidangan ini sebenarnya cukup mudah, yang anda perlukan hanyalah 50 gram kentang yang telah dikupas dan dikukus serta dipotong kecil-kecil. Kemudian sediakan susu formula yang dicampur bersama dengan bahan ini.

    Cara pembuatannya pun cukup mudah. Yang pertama adalah dengan menghaluskan kentang yang telah dicampur dengan sedikit susu, lalu haluskan dengan mesin blender secara merata. Setelah itu, masukkan sisa susu formula yang tersedia dan campur secara merata. Sama seperti bubur yang diatas, apabila kentang menggumpal, maka saring terlebih dahulu sebelum disajikan.

  1. Bubur Sayur.

    Dan bubur sayur adalah salah satu jenis makanan sehat yang baik dan direkomendasikan untuk diberikan pada bayi berusia 6 bulan. Cara pembuatan jenis makanan yang satu ini pun terbilang cukup sederhana. Anda hanya membutuhkan sebanyak 50 gram brokoli yang telah dipotong dn dikukus. Kemudian campurkan bersama dengan 5 sendok makan susu bubuk formula atau dicampur dengan ASI.

    Untuk membuatnya anda hanya perlu mencampurkan kedua bahan ini dengan susu dan haluskan dengan menggunakan blender. Lalu campurkan semua sisa susu dan aduk secara merata. Sebenarnya, anda pun tidak melulu harus menggunakan brokoli, menggantinya dengan sayuran lain dan dengan jumlah variasi yang lebih banyak boleh-boleh saja.

Jenis Makanan Terbaik Untuk Bayi Setelah Bubur

Berikut ini adalah beberapa daftar jenis makanan terbaik yang boleh ibu berikan pada bayi, setelah ia telah cukup banyak mengenal banyak makanan dan usianya telah lebih dari 6 bulan.

  • Labu Kuning.

    Selain kaya akan serat, labu kuning juga memiliki kandungan vitamin C dan A yang berlimpah. Ibu dapat memberikan bahan makanan ini pada si buah hati dengan mengolahnya baik dipanggang atau direbus. Untuk menambah rasa agar si kecil lebih tertarik dengan hidangan ini, ibu bisa menambahkan taburan keju rendah garam atau dicampur dengan aneka jenis sayuran lainnya seperti kacang garbanzo dan lain sebagainya.

  • Kacang Lentil.

    Jenis kacang yang satu ini cocok dijadikan sebagai makanan bayi yang sehat. Tak heran, bila jenis makanan ini masuk dalam daftar makanan terbaik untuk diberikan pada bayi sebab memiliki kandungan serat dan protein yang tinggi. Hidangan kacang ini dapat disajikan dengan campuran sayuran, kemangi atau oregano. Sebelum memasak dan mengolah sayuran ini, anda bisa merendamnya terlebih dahulu selama kurang lebih 12 jam agar tekstur kacang menjadi jauh lebih empuk. Setelah itu, anda hanya perlu merebusnya, kemudian dihaluskan dengan menggunakan blender dan berikan pada buah hati anda.

  • Brokoli.

    Jenis makanan terbaik yang sehat lainnya adalah dengan memberikan brokoli. Jenis sayuran ini mungkin sudah tidak asing lagi, karena memang brokoli memiliki segudang manfaat dan nutrisi yang baik diberikan kepada si buah hati. Kandungan folat, kalsium dan serat yang ada pada brokoli membuatnya baik dan direkomendasikan diberikan pada si kecil. Selain itu, kandungan sulfur yang ada didalam brokoli disinyalir dapat meningkatkan nafsu makan bayi. Untuk menyajikan bahan makanan ini adalah dengan memotongnya kecil-kecil, mengukusnya dan mendinginkan. Lalu berikan pada buah hati anda.

  • Blueberry.

    Buah dengan warna khas biru tua ini berasal dari flavonoid yang disebut dengan anthocyanin. Kandungan anthocyanin inilah yang amat bermanfaat baik untuk kesehatan mata, otak dan untuk saluran kemih pada bayi. Ibu dapat menyajikan bahan makanan ini untuk si bayi dalam bentuk jus atau berbentuk puree yang sehat. Warnanya yang ceria dan dipadukan bersama dengan buah-buahan lain akan membuat si kecil tertarik mencicipi jenis makanan yang satu ini.

Demikianlah beberapa daftar jenis makanan terbaik yang bisa diberikan pada si buah hati pada saat pertama kali anda memperkenalkan makanan pendamping dan makanan lainnya saat si bayi sudah beranjak lebih besar. Semoga bermanfaat.

Salam Sehat

 

Pusat Grosir Herbal Yaa di  ISTANA HERBAL

Kini orderan bisa dikirim melalui GoSend

Atau Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

    Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

    Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

    Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

    Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

 

Pelayanan Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo