Baca! Apa Saja Manfaat Tanaman Nagasari Untuk Kesehatan

Image result for manfaat tumbuhan nagasari

Tanaman nagasari yang mempunyai nama ilmiah Messua ferrea L. dipercaya sebagian masyarakat sebagai tanaman penolak guna-guna. Selain itu, kayu tanaman ini pun kerap dimanfaatkan untuk furnitur, malah bisa dipakai sebagai bantalan rel atau bangunan berstruktur kuat.

Tanaman nagasari merupakan tanaman pohon suku manggis-manggisan yang buahnya dapat dimakan dan bijinya mengandung lemak nabati yang biasanya dimanfaatkan pada beberapa masakan. Selain itu, tanaman ini pun bisa digunakan untuk mengobati beragam penyakit.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam biji nagasari, di antaranya saponin, minyak lemak, asam damar beracun, zat pahit, flavonoid, dan tanin. Kulit batangnya mengandung saponin, minyak lemak, asam damar beracun, zat pahit, polifenol, flavonoid, dan tanin. Benang sarinya mengandung minyak terbang, zat samak, dan zat pahit. Sementara itu, daunnya mengandung saponin, minyak lemak, asam damar beracun, zat pahit, dan polifenol.

Efek farmakologis nagasari, di antaranya antipiretik, anti-inflamasi, dan antibakteri. Bunganya untuk diare, ekspektoran, dan penyakit jiwa. Biji nagasari untuk mengobati eksim, rematik, dan kelenjar gondok, sedangkan benang sarinya digunakan untuk demam.

Image result for manfaat tumbuhan nagasari

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Biji, kulit batang, bunga dan daun nagasari dapat digunkana untuk mengobati beberapa penyakit.

  • Obat Koreng.

    Bersihkan 20gr biji nagasari kering, lalu bakar sampai menjadi arang. Tumbuk halus biji yang telah dibakar, tambahkan air sampai lembek, lalu tempelkan pada bagian tubuh yang sakit dan balut dengan kain yang bersih.

  • Mengobati Diare, Ekspektoran, dan Penyakit Jiwa.

    Cuci 7 tangkai bunga nagasari, lalu rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring air rebusannya, lalu minum sekaligus satu kali sehari.

  • Mengobati Eksim dan Rematik.

    Bersihkan 20gr biji nagasari kering, lalu bakar sampai menjadi arang. Tumbuk halus arang biji, tambahkan air sampai lembek, lalu tempelkanpada bagian tubuh yang sakit dan balut dengan kain bersih. Lakukan 2 kali sehari.

  • Mengobati Kelenjar Gondok.

    Tumbuk halus 20gr inti biji nagasari, lalu tempelkan pada bagian tubuh yang membengkak.

Nah itu dia pengenalan dengan tanaman nagasari yang juga bermanfaat untuk kesehatan. Tetap sehat untuk mengonsumsi makanan yang sehat bukan makan makanan yang sehat untuk menjadi sehat. Semoga bermanfaat untuk yang membaca. dan baca artikel kesehatan lainnya.

Salam Sehat

 

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo