Manfaat dan khasiat Tanaman Nanas Kerang Bagi Kesehatan

Image result for nanas kerang

Nanas kerang adalah salah satu jenis tanaman obat yang biasa digunakan atau dimanfaatkan sebagai tanaman hias oleh kalangan masyarakat. Tumbuhan ini diduga berasal dari Meksiko dan Hindia Barat. Namun untuk sekarnag ini, nanas kerang bisa didapat dengan mudah di daratan Indonesia sebab tumbuhan nanas kerang ini bisa tumbuh bagus di daerah yang mempunyai tanah lembab dan cukup air.

Nanas kerang masih tergolong dalam kerajaan Plantae, keluarga Commelinaceae dan mempunyai nama latin Rhoeo discolor (L.Her.) Hance. Sehingga nanas kerang ini juga sering dibilang termasuk dalam suku gawar-gawaran. Daun nanas kerang lebih banyak digunakan sebagai tanaman hias oleh pemilik rumah. Maka tak jarang banyak dari mereka yang tidak mengetahui khasiat daun ini untuk kesehatan.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Nanas kerang mempunyai rasa manis dan bersifat sejuk. Kandungan bahan kimia dalam nanas kerang masih belum banyak diketahui. Sementara itu, efek farmakologis nanas kerang, di antaranya antiradang, memelihara paru-paru, mencairkan dahak, antibatuk, antidiare, dan membersihkan darah.

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Bunga dan daun nanas kerang baik segar atau kering dapat digunakan untuk mengobati beberapa penyakit berikut.

  • Mengobati Bronkhitis, Batuk Rejan, Batuk Berdahak, Flu, dan Disentri Amuba.

    Rebus 20-30 kuntum bunga nanas kerang dengan 3 gelas air sampai tersisa 1,5 gelas. Saring dan minum air rebusan 3 kali sehari masing-masing setengah gelas.

  • Mengobati TBC Kelenjar dan Mimisan.

    Cuci bersih 15-30gr daun nanas kerang, lalu rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1,5 gelas. Saring dan minum air rebusan 3 kali sehari masing-masing setengah gelas.

  • Mengobati Acute Bronchitis dan Muntah Darah.

    Rebus 10 helai daun nanas kerang segar atau 20-50 kuntum bunga nanas kerang kering, gula enau, dan air secukupnya. Setelah dingin, saring air rebusannya, lalu minum 2 kali sehari masing-masing 1 gelas.

  • Mengobati Berak Darah (melena).

    Rebus 10-15 helai daun nanas kerang segar atau 20-50 kuntum bunga nanas kerang kering dan gula enau dengan 3 gelas air sampai tersisa 1,5 gelas. Saring dan minum air rebusan 3 kali sehari masing-masing setengah gelas.

Memang singkat, namun semoga artikel mengenai manfaat dan khasiat nanas kerang bagi kesehatan ini bisa membantu dan mengobati rasa keingintahuan sahabat tentang tanaman obat yang satu ini. Sekian artikel yang dapat saya jabarkan, jangan lupa baca juga artikel kesehatan lainnya. Selamat mencobanya dirumah.

Salam Sehat

 

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424

Artikel Terkait

online istana solo