Manfaat Tanaman Adam Hawa (nanas kerang)

Gambar terkait

Tanaman asli Meksiko bagian selatan, Amerika Tengah, serta Karibia ini mudahberkembang sepanjang tahun. Bijinya menyebar cepat melalui bantuan angin. Karakter tanaman anggota family Commelinaceae itu terbilang bandel. Sehinga tidak membutuhkan perawatan intensif untuk tetap tumbuh dengan baik. Di Indonesia tanaman adam hawa biasa dikenal dengan sebutan nanas kerang. Tanaman ini biasa dijumpai di taman-taman kota atau pengisi pot-pot di pinggir jalan. Tanamn ii tetap dapat tumbuh subur pada media minim unsur hara. Bahkan menjadi tumbuhan epifit pada gedung bertingkat.

Tanaman nanas kerang memiliki batang kasar, pendek, lurus, serta tidak bercabang. Tinggi pohonnya bisa mencapai 40-60 cm. daun tanaman ini lebar, panjang, serta mudah patah. Warna daun hijau pada permukaan atasnya dan berwarna merah tenguli pada bagian bawahnya. Bunganya berwarna putih berbentuk bunga kerang. Bagian yang dipakai untuk pengobatan adalah bunga dan daunnya.

Masyarakat Myanmar mengunakan tanaman ini sebagai obat diare atau disentri. Di Indonesia sendiri, tanaman ini dikenal menyembuhkan batuk, baik batuk berdahak, batuk kering, bahkan batuk rejan sekalipun. Orang meksiko mengunakan tanaman ini untuk mengatasi infeksi cendawan dan penyakit campak. Dalam pengobatan Cina, tanaman ini dapat membersikan paru-paru dengan membersihkan dahak, mendinginkan darah, dan mengatasi pendarahan serta disentri.

Getah tanaman adam hawa dianggap beracun. Apabila tertelan bisa menyebabkan iritasi pada bibir, mulut, tenggorokan, serta sakit di bagian perut. Kontak langsung dengan getah bisa mengakibatkan rasa panas serta gatal pada kulit serta mata. Kulit yang terserang akn memerah. Konon tanaman ini dijadikan kosmetik pemerah pipi oleh suku Maya yang ada di Amerika Tengah.

Nanas kerang yang masih segar memiliki kandungan anti oksidan yang sangat tinggi. Namun kandungan antioksidan pada tanaman yang kering jauh lebih tinggi.

Manfaat tanaman nanas kerang untuk kesehatan:

  • Mengobati batuk
  • Penambah darah alami
  • Menyembuhkan peradangan
  • Menghentikan pendarahan
  • Bronchitis
  • Melancarkan buang air besar
  • Menyembuhkan peradangan/pembengkakan/memar
  • Mengatasi diare serta disentri
  • Mengatasi rematik

 

Artikel Terkait

Karyawan baru Istana