Tumbuhan Nilam - Mengobati Disentri dan Masalah Bau Keringat

Related image

Tanaman satu ini umumnya di tanam dan dibudidayakan oleh petani di Indonesia, karena tanaman ini dapat menghasilkan minyak atsiri yang menjadi komoditi ekspor bagi Indonesia ke luar negeri. Indonesia adalah negara penghasil minyak nilam nomor satu dunia. Eksportir minyak nilam Indonesia memasok 70% kebutuhan minyak nilam di dunia.

Namun mungkin sebagian besar masyarakat Indonesia hanya mengetahui bahwa tanaman nilam dapat menghasilkan minyak atsiri yang biasa di gunakan sebagai bahan baku pembuatan parfum, kosmetik dan sabun saja. Padahal masih ada banyak lagi manfaat dan kegunaan tanaman nilam dan minyak atsiri ini.

Sebagai contohnya, tumbuhan nilam ini berkahsiat untuk menyembuhkan penyakit DIsentri dan mengatasi masalah bau keringat. Bagi kebanyakan orang bau badan yang tidak enak itu adalah masalah besar karena akan mengurangi tingkat kepercayaan diri seseorang saat berada di tengah-tengah banyak orang. tumbuhan nilam ini mempunyai nama latin Pogostemon cablin (Blanco) Benth. Dan nama-nama tiap daerah pun berbeda-beda yaitu nilam (Melayu), daun dilem (Jawa).

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Nilam mempunyai rasa agak pahit dan bau harum yang cukup tajam. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam nilam, di antaranya minyak terbang 2,5% lebih. Minyak ini dikenal sebagai patchouli oil. Efek farmakologis akar nilam, di antaranya untuk obat pencahar, sedangkan daunnya untuk deodoran, luka, wasir, disentri, stomakikum, kejang perut, penyakit empedu, sialagogum, sternutation, gangguan haid, dan obat peluruh haid. Semua bagian tumbuhan nilam memiliki efek farmakologis mengobati sakit kepala, karminatif, diare, dan sebagai insektisida.

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Biji, akar, dan daun nilam dapat digunakan untuk mengobati beberapa penyakit berikut.

  • Mengobati Disentri.

    Rebus 25gr daun nilam kering dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Minum seperti teh.

  • Penghilang Bau Keringat.

    Cuci 100gr daun nilam segar, lalu rebus dengan 10 liter air selama 15 menit. Gunakan air rebusan tersebut untuk mandi.

Itulah manfaat tumbuhan nilam yang dapat mengobati penyakit disentri dan mengatasi masalah bau badan. Bagaimana teman-teman, Anda ingin mencobanya dirumah? Silahkan mencobanya dirumah yaa.. Semoga artikel di atas bermanfaat untuk yang membacanya.

Salam Sehat

 

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo