Mengenal Tanaman Nona Makan Sirih Dan Manfaatnya

Image result for manfaat nona makan sirih

Tanaman nona makan sirih (Clerodendrum thomsonae) ini merupakan sebuah tanamn semak atau perdu dengan cabang rendah. Umumnya,di Indonesia tanaman ini biasa ditanam sebagai tanaman hias yang bisa tumbuh dengan baik di kawasan dataran rendah maupun dataran tinggi.

Tanaman ini sebenarnya berasal dari Afrika Barat, atau tepatnya dari Kamerun barat hingga Senegal. Biasa ditemukan didataran dengan ketinggian 1000m di atas permukaan laut. Tanaman ini kebanyakan orang menanamnya dengan cara ditanam dalam pot, padahal tanaman ini akan lebih baik jika ditanam di tempat yang sedikit terlindung atau terkena paparan sinar matahari secara langsung agar menghasilkan bunga yang bagus.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Bahan kimia yang terkandung dalam nona makan sirih masih belum banyak diketahui. Sementara itu, efek farmakologis nona makan sirih, di antaranya menghilangkan panas dan racun (toksin).

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Daun nona makan sirih dapat digunakan untuk mengobati beberapa penyakit berikut.

  • Mengobati Radang Kronis Selaput Gendang Telinga (pada anak-anak).

    Cuci bersih 10-15gr daun nona makan sirih, lalu rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Saring air rebusannya, lalu minum 2 kali sehari masing-masing setengah gelas.

  • Mengobati Kencing Batu dan Pelancar Air Seni.

    Cuci bersih 15gr daun nona makan sirih segar, lalu rebus dengan 3 gelas air selama 15 menit. Setelah dingin, saring air rebusan, lalu bagi 2 untuk diminum 2 kali pada waktu pagi dan sore hari.

Mungkin itulah rincian singkat pengenalan dari tanaman nona makan sirih dan manfaat untuk kesehatan tubuh yang perlu anda ketahui sebagai obat tradisional alami yang berguna mengobati berbagai penyakit seperti yang tertera diatas yang saya uraikan.

Salam Sehat

 

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo