Waspadai Obesitas Pada Anak Usia Dini

Image result for obesitas pada anak

Obesitas merupakan suatu kondisi penumpukan jaringan lemak berlebihan di dalam tubuh. Masalah obesitas tidak hanya terjadi di negara maju, tetapi juga di negara berkembang, termasuk di Indonesia. Setiap orang tentu menginginkan memiliki bentuk tubuh yang ideal, tidak hanya orang dewasa tapi juga bagi anak-anak. Dengan melihat fenomena seperti sekarang ini banyak sekali anak-anak yang memiliki berat badan melebihi dari kapasitas pada umumnya seorang anak, atau sering disebut dengan obesitas.

Adapun penyebab obesitas itu sendiri adalah karena asupan kalori yang dikonsumsi lebih banyak daripada kalori yang dibakar. Dalam hal ini pada intinya seseorang lebih banyak makan dibandingkan melakukan olahraga setiap harinya. Selain dari pada itu obesitas juga bisa disebabkan oleh faktor lainnya di antaranya adalah sebagai berikut.

Penyebab Obesitas Pada Anak

  • Faktor Genetik.

    Obesitas yang terjadi pada anak kecil cederung banyak dipengaruhi oleh faktor genetik atau karena faktor keturunan. Bisa Anda perhatikan jika salah satu dari orang tua mereka memiliki berat badan di atas normal atau obesitas maka tidak menutup kemungkinan keturunan atau anaknya berpotensi 75% terkena obesitas.

  • Faktor Usia.

    Penyebab obesitas pada anak selanjutnya adalah karena faktor usia. Pada umumnya obesitas memang secara umum banyak terjadi pada seseorang yang telah memasuki usia tua. Namun dalam kenyataan sekarang ini banyak anak usia dini mengalami obesitas. Hal itu dikarenakan kemampuan tubuh memetabolisme makanan mengalami ketelambatan.

  • Faktor Lingkungan.

    Selain faktor genetik dan usia, faktor lingkungan juga memiliki pengaruh besar terhadap terjadinya obesitas pada anak. Faktor lingkungan ini meliputi gaya hidup atau kebiasaan yang dilakukan sehari-hari. Seperti segala sesuatu yang meraka makan setiap hari tanpa adanya pengawasan yang dilakukan orang disekitarnya atau orang tua.

  • Faktor Psikologis.

    Obesitas yang dialami oleh anak atau remaja, terkadang terjadi karena mereka menjadikan makanan sebagai pelarian dari rasa putus asanya (frustrasi) terhadap pelajaran di sekolah atau masalah lainnya yang dihadapinya.

Cara Mengatasi Obesitas Pada Anak

Obesitas yang terjadi pada anak bisa di atasi, seperti halnya pada orang dewasa. Berikut beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengatasi obesitas pada anak.

  1. Memperhatikan Makanan Yang Akan Diberikan kepada Anak.

    Salah satu upaya yang sangat penting dilakukan orang tua untuk mencegah terjadinya obesitas pada anak adalah dengan cara mengawasi asupan makanan pada anak. Di antaranya kurangi mengonsumsi makanan cepat saji, makanan dan minuman dalam kemasan. Sebaiknya memberikan makanan dari sayur-sayuran,buah-buahan dan susu yang baik untuk menunjang pertumbuhan pada anak dengan baik.

  2. Tetapkan Aturan Makan Pada Anak.

    Dalam hal ini anak-anak memang lebih banyak ketika makan di depan TV tidak di meja makan. Sebaiknya Anda mencoba untuk mengajarkan kepada anak untuk makan tidak di dapan komputer atau TV karena itu akan semakin membuat nafsu makan anak menjadi tidak terkotrol.

  3. Memperbaiki Teknik Mengolah Makanan.

    Usahakan hindari makanan yang cara pengolahannya digoreng karena itu tidak baik untuk pertumbuhan anak. Sebaiknya makanan yang akan Anda berikan kepada anak Anda semuanya bersifat di kukus, merebus atau memanggang itu justru lebih baik.

  4. Mengajak Anak Beraktivitas.

    Aktivitas fisik tidak melulu tentang olahraga terstruktur, kita bisa mengajak anak melakukan aktivitas fisik yang disukainya, itu bisa berupa lompat tali, bersepeda, dll.Orang tua harus semaksimal mungkin membatasi waktu anak untuk duduk menonton TV ataupun bermain game, minilnya batasi agar tidak lebih dari dua jam dalam setiap harinya.

Ajarkan gaya hidup sehat, serta berikan contoh dengan mempraktikkan gaya hidup sehat pada anak, sehingga orang tua juga harus memiliki gaya hidup sehat, seperti suka makan sayur, rajin olahraga, tidak merokok, tidak munum-minuman beralkohol, dll.

Salam Sehat

 

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

    Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

    Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

    Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

    Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

 

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424

Artikel Terkait

online istana solo