Macam-Macam Oleh-Oleh Khas Haji

Gambar terkait

Sudah menjadi kebiasaan orang Indonesia, setiap kali ada kerabat atau tetangga yang pulang dari tanah suci , selalu ditengok untuk sekadar mengucapkan selamat datang maupun hanya mau mendengarkan kisah perjalanan dan pengalaman selama di Tanah Suci. Tak sedikit pula yang menanyakan oleh-oleh dari Makkah.

Setiap Umrah dan Haji peziarah biasanya tidak lupa untuk membeli dari keluarga dan kerabat kembali ke rumah. Karena Haji dan Umrah tidak hanya ibadah, tetapi juga bisa disebut sebagai perjalanan atau wisata spiritual.

Berbicara tentang oleh-oleh khas haji, itu sebenarnya banyak sekali macamnya. Lalu, kira-kira apa saja oleh-oleh haji yang biasa dibawa pulang para jamaah haji? di bawah ini kami akan sharing beberapa  macam oleh-oleh khas haji  yang paling sering di jadikan oleh-oleh haji oleh jemaah haji  indonesia :

Macam-Macam Oleh-Oleh Haji

  • Air Zam-Zam

    Oleh-oleh yang satu ini sepertinya sangat wajib dibawa, karena oleh-oleh ini hanya ada di arab saudi sana. Biasanya setiap pulang dari haji atau umrah, para sanak saudara atau tetangga selalu datang ke rumah meminta air zam zam untuk diminum. Namun untuk oleh-oleh air zam-zam sangat dibatasi hanya boleh sebanyak 5 liter saja.

  • Kurma

    Oleh-oleh haji yang paling di nanti tidak lain dan tidak bukan yaitu kurma. Kurma sendiri ada bermacam-macam jenisnya. Mulai dari kurma jomara, ambar dari Madina yang berkualitas super, ajwa yang paling mahal karena mutu dan ukurannya, jabari, tangkai, lulu yang bulat dan berwarna coklat muda, sayer, khudori, sampai salabi. 

  • Kacang Pistachio (Kacang arab Saudi)

    Kacang Arab Saudi (Kacang Pistachio) yang gurih dan renyah Bagian dalamnya berwarna hijau, hitam, krim dan juga coklat. Biji tersebut diselimuti dengan lapisan kulit ari yang agak kemerahan. Bagian kulitnya agak keras dan sedikit terbuka pada bagian tengahnya. Kulit ini benar-benar keras sehingga untuk memakannya kita tak bisa menggunakan gigi.

  • Jagung Arab

    Selanjutnya yang tidak pernah ketinggalan juga Jagung Arab, ini merupakan salah satu makanan khas arab berupa seperti kacang tanpa kulit.

  • Kismis

    Kismis, atau yang sering kita  sebut sebagai anggur kering ini juga merupakan oleh-oleh yang  cukup dinantikan. Selain itu kismis / buah kering juga sangat cocok dijadikan cemilan sehat. 

  • Kacang Almond

    Kacang Almond memiliki rasa yang manis seperti yang ada pada ceri. Bisa digunakan untuk campuran pada kue ataupun hanya untuk dikonsumsi secara langsung.Kacang Almond ini merupakan salah satu makanan yang sering kita lihat saat berkunjung ke orang-orang yang pulang dari Haji. Karena memang ini adalah salah satu pilihan untuk oleh-oleh Haji.

  • Madu Kashmir

    Madu yang berasal dari Yaman dengan qualitas yg sgt baik tuk stamina dan sebagai antibody, sangat tepat bagi yang baru sembuh dari sakit. Dan dapat di konsumsi dengan telur dan sebagai selai pd roti Maryam atau roti konde.

  • Kayu Siwak

    Kayu siwak adalah kayu kecil yang dipergunakan untuk bersiwak atau menggosok gigi. Ada banyak pedagang yang menyediakan kayu siwak. Pilihlah kayu siwak yang masih segar, karena getahnya dapat membunuh kuman dalam mulut.

  • TasbihHasil gambar untuk tasbih

    Tasbih tersedia dalam berbagai jenis ukuran dan bahan. Anda dapat membeli oleh-oleh tashbih berbahan dasar kayu atau pun batu sesuai dengan selera anda. Disamping itu ada tashbih yang berbahan kayu koka yang sangat khas dan banyak di buru oleh jemaah.

  • Pacar

    Pacar atau pewarna untuk mengecat kuku dan maupun kulit. Kalau di arab biasanya pacar digunakan untuk ritual perkawinan. Ada dua macam jenis pacar, yaitu pacar yang berbentuk bubuk dan ada juga yang henna ( pasta).

  • Minyak Zaitun

    Minyak zaitun adalah minyak zaitun banyak sekali manfaatnya, bisa digunakan untuk mengobati beragam penyakit, dan dapat juga digunakan sebagai makanan.

  • Buah TinHasil gambar untuk buah tin

    Buah kolam adalah salah satu buah yang disebutkan oleh Allah dalam Al-Qur’an, bahkan nama buah ini dalam diabadikan sebagai nama sebuah surat di dalamnya. Dalam buah ara Selain itu juga termasuk buah yang disukai oleh Nabi Muhammad, dan diyakini memiliki berbagai khasiat dan manfaat. harga buah yang relatif murah dan jarang ditemukan di Indonesia.

Demikianlah Macam-Macam Oleh-Oleh Haji yang biasa jemaah haji atau umroh bawa dari tanah suci sebagai buah tangan untuk keluarga dan sanak saudara. Namun, kini banyak sekali took-toko yang menjual oleh-oleh khas haji yang bisa Anda kunjungi untuk membeli beberapa oleh-oleh untuk tetangga terdekat jika ingin lebih mudahnya. Semoga artikel di atas bermanfaat.

 

Oleh - Oleh Haji El Jazirah (Paket B)

 

Oleh-oleh haji El Jazirah 1 Paket berisi :
- Air zam zam
- Kismis
- Kurma
Jagung Arab
-  Kacang Arab

Salam Sehat

 

Pusat Grosir Herbal Yaa di  ISTANA HERBAL

Kini orderan bisa dikirim melalui GoSend

Atau Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

    Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

    Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

    Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

    Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

 

Pelayanan Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424

Artikel Terkait

online istana solo