Menguak Fakta Dibalik Manfaat Omega-3

Image result for omega 3

Omega-3 sering disebut sebagai bahan super yang kaya dengan manfaat. Begitu banyak perusahaan obat dan suplemen di pasaran yang mengklaim bahwa produk-produknya mengandung omega-3, kemudian dijual dengan harga mahal.

Asam lemak omega-3 terdiri dari tiga jenis zat. Minyak ikan mengandung asam dokosaheksaenoat (DHA) dan asam eikosapentanoik (EPA), serta beberapa kacang-kacangan, biji-bijian, dan tanaman mengandung asam alfa-linolenik (ALA) yang diproses tubuh menjadi asam lemak omega-3. Selain didapat dari bahan alami, omega-3 juga banyak ditawarkan dalam bentuk suplemen.

Bahan makanan dan suplemen yang mengandung Omega-3 sering dipercaya menjadi sumber yang membantu melawan gangguan kesehatan, seperti penyakit jantung, mencegah demensia, serta berperan penting dalam perkembangan janin. Berikut ini beberapa fakta tentang manfaat omega-3:

  • Mengurangi Risiko Penyakit Kardiovaskular.

    Serangkaian penelitian yang dilakukanThe UK Scientific Advisory Committee on Nutrition menemukan bahwa konsumsi ikan, terutama yang mengandung minyak ikan tinggi, memang dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, serta mengurangi risiko stroke. Asam lemak omega-3 juga memiliki efek terbatas terhadap tekanan darah. Selain itu, konsumsi bahan makanan yang mengandung asam lemak omega-3 secara rutin dapat membantu mengurangi kadar trigliserida dalam darah.

  • Membantu Mencegah Demensia.

    Demensia atau gangguan daya ingat, daya berpikir, dan cara berperilaku diklaim dapat dicegah dengan bantuan konsumsi omega-3. Namun faktanya penelitian menemukan bahwa konsumsi suplemen omega-3 ternyata tidak mendatangkan manfaat tersebut pada lansia. Penelitian lain juga menemukan bahwa omega-3 tidak memberikan efek signifikan terhadap daya ingat dan daya kognitif pengonsumsinya.

  • Mencegah Hilangnya Penglihatan.

    Penelitian pada 2008 menemukan bahwa mengonsumsi ikan yang berkadar minyak tinggi setidaknya dua kali sepekan dapat mengurangi risiko degenerasi makula (daerah di belakang retina) karena faktor usia. Meski demikian, bukti penelitian ini masih perlu dikaji lebih lanjut.

  • Mengurangi Risiko Kanker.

    Belum ada bukti kuat yang menunjukkan bahwa omega-3 dapat mengurangi risiko kanker. Malah penelitian lain menemukan bahwa konsumsi suplemen omega-3 justru meningkatkan risikokanker prostat mencapai 70 persen. Penelitian tersebut menemukan bahwa orang yang pada darahnya terdapat kandungan omega-3 dalam kadar tinggi, ternyata berasosiasi dengan peningkatan risiko pertumbuhan kanker prostat hingga 44 persen.

  • Meredakan Peradangan Pada Artritis Rematoid.

    The American College of Rheumatology(ACR) menyatakan terdapat manfaat terbatas pada konsumsi minyak ikan oleh pengidap artritis rematoid dalam mengurangi peradangan. Namun hasil ini baru akan terasa berbulan-bulan setelah pemakaian.

  • Meningkatkan Daya Ingat.

    Omega 3 termasuk asupan makanan otak yang berperan penting dalam perkembangan membran sel di sistem neurologis otak dan juga jalan sinyal. Secara medis sudah teruji omega 3 mampu mengoptimalkan perkembangan memori otak baik pada anak-anak maupun orang dewasa. Hal ini berarti kebutuhan omega 3 baik dipenuhi khususnya bagi Anda yang merasa mudah lupa

  • Mengurangi Resiko Sakit Jantung.

    Berdasarkan hasil penelitian diketahui omega 3 juga dapat mengurangi resiko sakit jantung dan beberapa penyakit kronis yang berkaitan dengan kesehatan jantung. Hal ini karena omega 3 dapat meningkatkan kekenyalan atau elastisitas pembuluh arterial. Dengan demikian risiko sakit darah tinggi dan aritmia atau detak jantung yang tidak normal bisa diminimalisir.

  • Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi.

    Manfaat asam lemak omega 3 selanjutnya diketahui dapat menurunkan kadar kolesterol yang tinggi. Dalam hal ini omega 3 akan membantu meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Manfaat ini pun memungkinkan Anda terhindar dari sejumlah penyakit kronis yang mengancam.

Walau omega-3 mengandung manfaat yang banyak sekali untuk kesehatan tubuh, tetapi tetap perlu diperhatikan kadar penggunaannya. Segala sesuatu yang berlebihan atau terlalu tinggi pengonsumsiannya berisiko tidak baik untuk tubuh. Konsumsilah omega-3 ini dengan sebaik mungkin agar manfaatnya dapat dirasakan oleh tubuh.

Salam Sehat

 

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

    Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

    Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

    Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

    Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

 

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo