Pacar Air

Manfaat Tanaman Pacar Air

Hasil gambar untuk pacar air

Pacar air (impatiens balsamina linn) merupakan tumbuhan yang berasal dari tanah India, biasa ditanam di halaman sebagai tanaman hias. Tanaman ini meiliki tinggi 30-80 cm, berbatang basah (herbaceous). Daunnya tunggal degan bentuk lanset memanjang dan pinggirannya begerigi, memiliki ujung runcing berwarna ijau muda tanpa daun penumpu dengan panjang 6-15 cm dan lebarnya 2-3 cm. Bunganya terkmpul 1-3, kelopak bunga berbentuk corong miring, dan mahkota berjumlah lima tetapi kelihatan seperti tiga. Tanaman ini memiliki banyak jenis bunga yang berwarna cerah seprti merah, kuning, putih, ungu, atau warna cerah lainnya dengan bentuk seperti jantung terbalik. Buah pacar air berupa kendaga yang bila telah masak bunga akan membuka menjadi 5 bagian terpilin. Di dalam buah terdapat biji yang berwarna hijau dan berwarna cokelat tua hampir hitam bila sudah tua. Biji inilah yang akan disebar dan menumbuhkan pohon baru.

Buah ini terasa pahit, hangat, sedikit beracun. Berkhasiat melancarkan peredaran darah, melunakkan massa atau benjolan yang keras. Bunga pacar air mengandung anthocynanin, cynidin, delphinidin, pelargonidin, malvudin, kaempherol,  dan quercetin. Sedang bagian akarnya mengandung cynidin, monoglycosine.

Kegunaan tanaman pacar air sangat beragam bijinya dapat digunakan sebagai peluruh haid, mempermudah persalinan, serta kanker saluran saluran pencernaan bagian atas. Sedangkan bunganya dapat menurunkan tekanan darah tinggi, pembengkakan akibat terpukul, sebagai peluruh haid, mengobati bisul, rematik sendi, gigitan ular tidak berbisa, dan radang kulit. Untuk akarnya dimanfaatkan sebagai peluruh haid, anti inflamasi atau anti radang, remati, kaku leher, kaku pingang, serta sakit pinggang. Untuk daunya sendiri memiliki manfaat mengatasi keputihan, nyeri haid, radang usus buntu, tulang patah atau retak, bisl, radang klit, radang kuku, dan mengurangi rasa nyeri.

baca Selengkapnya