Manfaat dan Khasiat Tumbuhan Pacar Cina Untuk Kesehatan

Related image

Apakah Anda pernah mendengar mengenai tanaman pacar cina? Tanaman ini konon dapat dijadikan sebagai obat tradisonal namun tidak begitu populer di masyarakat. Tanaman pacar cina (Aglaia odorata Lour.) merupakan tanaman obat berbentuk perdu yang diduga berasal dari Asia Tenggara khusunya Indonesia. Tanaman ini memiliki tinggi sekitar 2-6 meter dengan batang berkayu, bercabang banyak dengan tangkai berbinti-bintik berkelenjar warna hitam.

Tumbuhan pacar cina ternyata termasuk dalam salah satu jenis tanaman obat, pacar cina ini juga sering disamakan dengan kemuning. Penyebaran pacar cina paling banyak di dapat pada kawasan Asia Tenggara. Khasiat dan kandungannya juga sangat banyak membantu dalam menjaga kesehatan pada tubuh. Sehingga, sebagian orang memanfaatkan tumbuhan ini sebagai tumbuhan pengobatan alternatif atau obat tradisional.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Pacar cina mempunyai rasa pedas, manis, dan bersifat netral. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam pacar cina, di antaranya minyak asiri, alkaloid, damar, dan garam-garam mineral. Bahan kimia yang terkandung dalam tanaman akan masuk ke meridian paru-paru, lambung, dan hati. Efek farmakologis bunga pacar cina, di antaranya sebagai pewangi, perawatan setelah bersalin, demam, perut kembung, sukar menelan, batuk, dan pusing. Efek farmakologis daun pacar cina, di antaranya obat kencing nanah, menoragia, pembersih darah, penyakit kulit, dan luka terpukul. Sementara itu, akarnya memiliki efek farmakologis menghilangkan gatal.

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Bunga, batang, daun, dang tangkai pacar cina dapat digunakan untuk mengobati beberapa penyakit berikut.

  • Mengatasi Haid Berlebihan.

    Cuci bersih 1 genggam penuh daun pacar cina, lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Dinginkan, saring, lalu bagi menjadi 2 bagian yang sama untuk diminum pagi dan sore hari masing-masing setengah gelas.

  • Mengatasi Perut Kembung, Sukar Menelan, Batuk, Pusing dan Mempercepat Persalinan.

    Cuci bersih 13gr bunga pacar cina, lalu rebus dengan 4 gelas air sampai tersisa 2 gelas. Setelah dingin, saring air rebusannya, lalu minum 2 kali sehari masing-masing 1 gelas.

  • Penghilang Bau Badan.

    Cuci bersih 10gr daun pacar cina segar, lalu rebus dengan 2 gelas air selama 15 menit. Setelah dingin, saring air rebusan, lalu bagi menjadi 2 bagian yang sama untuk diminum pagi dan sore hari.

Catatan : wanita hamil dilarang minum ramuan ini.

Baca artikel yang terkait dan tidak kalah menariknya :

Salam Sehat

 

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo