9 Manfaat Kesehatan Dibalik Tanaman Pacing

Image result for manfaat pacing

Khasiat tanaman pacing memang berguna sekali bagi dunia kesehatan. Oleh karena itu, tanaman obat yang satu ini banyak dibudidayakan guna memenuhi permintaan masyarakat akan obat herbal yang tentunya mempunyai harga yang relatif murah.

Pacing ( Costus Speciosus ) di Indonesia di kenal dalam berbagai nama daerah yang mungkin Anda kenal diantaranya Pacing tawar, tepung tawar ( Sunda ), Poncang-pancing, pacing ( Jawa ), Lingkuwas in talun ( Makassar ), Tehe Tepu ( Maluku ). Pacing sendiri adalah sejenis tanaman obat yang tergolong dalam suku temu-temuan/rimpang-rimpangan.

Tanaman pacing berasal dari Asia Tenggara dan banyak digunakan sebagai tanaman hias yang fungsinya membantu dalam mengatasi berbagai jenis penyakit yang salah satunya ialah mengurangi kejang-kejang. Manfaat pacing karena adanya kandungan senyawa alami yang mendukung kinerja tersebut.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Pacing mempunyai rasa masam, pedas, bersifat sejuk, dan sedikit beracun. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam pacing, di antaranya diosgenin (sapogenin steroid), tigogenin, dioscin, gacillin, si-tostrol, methyltriacontane, 8-hidroxutriacontan-25-one, 5 alfa-stimas-9(11)-en3beta, 24-hydroxytriacontan-26-one, dan 24-hydroxytriucontun-27-one. Efek farmakologis pacing, di antaranya sebagai peluruh air kemih (diuretik), antitoksik, menghilangkan gatal (antipruritus), dan peluruh keringat (diaforetik). pacing juga digunakan sebagai bahan baku kontrasepsi.

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Rimpang dan batang pacing dapat digunakan untuk mengobati beberapa penyakit berikut.

  1. Mengobati Bengkak karena Penyakit Ginjal Akut.

    Rebus 15gr pacing dengan 300ml air sampai tersisa 100ml. Minum air rebusannya sekaligus satu kali sehari.

  2. Mengobati Bekas Digigit Ular.

    Cuci bersih 1 bantang pacing lalu tumbuk halus. Tambahkan 2 sendok makan air garam, peras airnya, lalu minum air perasannya 2 kali sehari. Sementara itu, ampasnya dibalurkan pada luka bekas gigitan, lalu balut.

  3. Mengatasi Enema atau Gatal-gatal.

    Rebus pacing secukupnya. Gunakan air rebusan untuk mencuci bagian yang luka atau kulit yang gatal-gatal. Lakukan 3 kali sehari.

  4. Mencegah Kehamilan.

    Cuci bersih 10gr rimpang pacing kering dan 1 buah mengkudu, lalu rebus dengan 1 gelas air. Dinginkan, lalu minum air rebusannya setiap hari selama 10 hari.

  5. Mencuci dan Meningkatkan Pertumbuhan Rambut.

    Cuci bersih batang pacing dan daun pacing muda, lalu tumbuk halus sampai menjadi bubur. Embunkan semalam, lalu balurkan bubur tersebut ke kepala dan tunggu sekitar 1 jam. Selanjutkan, cuci rambut seperti keramas.

  6. Mengobati Pengerutan Hati (sirosis), Batuk Rejan (pertussis), dan Infeksi Saluran Kencing.

    Cuci bersih 9gr rimpang pacing kering, lalu rebus dengan 300ml air sampai tersisa 150ml. Setelah dingin, minum air rebusannya sekaligus sekali sehari.

  7. Mengatasi Perut Busung (ascites) dan Bengkak (edema).

    Lumatkan umbi atau rimpang pacing secukupnya, bungkus dengan kain sutera, lalu ikatkan di bagian pusar. Penyakit akan keluar bersamaan dengan air kemih.

  8. Mengobati Radang Mata.

    Cuci bersih 3 jari batang pacing, lalu tumbuk sampai halus, peras, dan saring hasil tumbukannya. Teteskan air perasan pada mata yang sakit sebanyak 3-4 kali setiap hari sebanyak 2 tetes.

  9. Mengobati Urus-urus.

    Cuci bersih 4 rimpang pacing, potong kecil-kecil, lalu rebus dengan 4 gelas air selama 15 menit. Setelah dingin, saring air rebusannya, lalu minum sekaligus satu kali sehari.

Demikian artikel singkat mengenai tanaman pacing dan 9 Manfaat kesehatan dibalik tanaman pacing. Semoga bermanfaat dan bisa membantu Anda yang mempunyai masalah dengan kesehatan.

Salam Sehat

 

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo