Khasiat Paku Simpai dan Pemanfaatan Untuk Kesehatan

Image result for manfaat paku simpai

Paku simpai termasuk dalam Familia Dicksoniaceae. Tanaman ini merupakan tumbuhan paku menahun dengan tinggi 2,5 – 3 m yang tumbuh liar di tepi tebing, lereng bukit, jurang, dan tempat-tempat rindang lainnya atau ditanam sebagai tanaman hias di daerah wisata.

Paku simpai atau Cibotium barometz (L.) J.Sm. mempunyai batang yang kuat, dan pada batang dan tangkai daunnya ditumbuhi rambut berwarna kuning emas yang disebut pili cibotii. Tumbuhan paku ini mempunyai rimpang yang tebal dan berdaging

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Paku simpai mempunyai rasa pahit, manis, dan bersifat hangat. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam paku simpai, di antaranya alkaloid, essential oil, vitamin E, aspidinol, kanji, dan tanin. Bahan kimia yang terkandung dalam tanaman akan masuk ke meridian hati dan ginjal. Efek farmakologis simpai, di antaranya antirematik serta menguatkan tulang punggung dan lutut.

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Rimpang, akar, dan rambut-rambut yang melapisi paku simpai dapat digunakan untuk mengobati beberapa penyakit berikut.

  • Pendarahan pada Bisul dan Luka.

    Tumbuk rambut batang paku simpai yang berwarna kuning secukupnya, lalu bubuhkan pada bagian yang sakit. Lakukan sebanyak 3 kali sehari.

  • Mengatasi Rasa Baal di tangan dan kai, Banyak Kencing, keluar Sperma, serta keputihan.

    Cuci bersih 13gr rimpang paku simpai. Potong tipis-tipis, lalu rendam dalam setengah cangkir anggur selama 1 jam. Minum air rendaman sekaligus satu kali sehari.

  • Mengobati Sakit Pinggang (lumbago), Tulang Nyeri Akibat Flu, Rematik, dan Keseleo.

    Rebus 13gr rimpang paku sampai dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Dinginkan, lalu minum air rebusannya 2 kali sehari masing-masing setengah gelas.

  • Mengobatai Tangan atau Tungkai Lemah dan Sakit serta Lumpuh setengah Badan.

    Cuci bersih 15gr paku sampai, 12gr Achyranthes bidentata, 12gr sui in sui in talum (Minahasa), 12gr Piper kadsura, 12gr Chaenomeles lagenaria, 10gr ranting Morus alba, 10gr Dipsacus asper, 10gr Eucommia ulmoides, 10gr Angelica sinensis, 10gr Gentiana macrophylla, dan 10gr ranting Cinnamomum cassia. Rebus semua bahan, lalu minum air rebusannya.

Demikian penjelasan tentang Khasiat Paku Simpai dan Pemanfaatan Untuk Kesehatan untuk kesehatan terutama untuk mengobati berbagai jenis penyakit seperti di atas yang sudah saya jelaskan tentang tata cara penggunaannya ya semoga info yang saya berikan bermanfaat buat kita semua.

Salam Sehat

 

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo