8 Khasiat Biji Pala yang Menakjubkan

Hasil gambar untuk biji pala batas konsumsi

Pala merupakan tumbuhan asli kepulauan Banda, Indonesia. Sampai pertengahan abad ke 19 kepulauan ini adalah satu-satunya lokasi produksi pala di dunia. Pala kemudian dibawa oleh bangsa Inggris untuk ditanam oleh Negara jajahannya kala itu seperti Malaysia, Singapura, India, dan Sri Langka. Kini pala sudah tersebar luas di seluruh dunia. Produsen dan eksportir utama pala adalah Indonesia diikuti Granada, India, Malaysia, Papua Nugini, Sri Langka, dan Kepulauan Karibia. Pala merupakan rempah-rempah yang memiliki daftar panjang manfaat bagi kesehatan. Berikut manfaat buah pala bagi kesehatan:

  1. Menjaga kekebalan tubuh

Serbuk biji pala menambah aroma dan meningkatkan rasa makanan anda. Hal ini juga memberi anda mineral yang baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. kalium, kalsium, dan zat besi dan mangan di antara mineral juga ditemukan di biji pala.

  1. Mengatasi Insomnia

Pala telah direkomendasikan sebagai obat rumahan untuk penyakit insomnia atau kesulitan tidur. Kandungan magnesium dalam biji pala mampu mengurangi ketegangan saraf dan bahkan merangsang pelepasan serotonin yang menciptakan perasaan rileks. Serotonin akan diubah menjadi melatonin di otak yang merupakan inducer tidur.

  1. Mencerahkan Kulit

Sedikit biji pala dicampur dengan air atau madu ke dalam pasta bisa membuat kulit tampak cerah dalam beberapa hari. campuran ini juga bisa memudarkan bekas luka dan mengurangi jerawat. Anda juga bisa menambahkan scrub biji pala untuk mendapatkan manfaat serupa.

  1. Meredakan Sakit Gigi

Biji pala juga memiliki sifat antibakteri yang terbukti melindungi gigi dan gusi. Menyak pala mengandung eugenol yang mampu megurangi rasa sakit pada gigi.

  1. Melancarkan Pencernaan

Biji pala sudah digunakan sebagai obat yang membantu masalah pencernaan sejak ratusan tahun lalu. Tambahkan sedikit bubuk biji pala ke dalam masakan anda seperti sup atau semur untuk menambah citarasa dan menyehatkan usus.

  1. Mengobati Ginjal

Dalam pengobatan holistic, biji pala sering diresepkan untuk putaran sirkulasi darah dan mengobati infeksi ginjal. Pengobatan ini juga mempercayai bahwa ginjal dapat menyehatkan hati.

  1. Membantu Mengobati Kanker

Beberapa ilmuwan telah meneliti senyawa methanol tertentu dan minyak esensial pada biji pala ternyata dapat menginduksi kematian sel (apoptosis) pada sel leukemia sehingga menghentikan penyebaran dan metastasis kanker yang umumnya terjadi pada anak.

  1. Meningkatkan Daya Ingat

Kandungan senyawa organic yang disebut miristisin yang terkandung dalam biji pala dikenal dapat melindungi otak anda dari penyakit degenerative seperti Alzeimer.

Perlu anda ketahui, biji pala hanya boleh dikonsumsi dalam jumlah tertentu. Hal ini dikarenakan biji pala mengandung senyawa psikotropik seperti yang terdapat pada narkoba. Sehingga penggunaan yang berlebih dapat mengakibatkan halusinasi dan tidak sadarkan diri. Untuk mencapai efek halusinasi, seseorang harus mengonsumsi biji pala lebih dari 5 kilogram tepatnya tujuh kilogram. Padahal kebnyakan dari kita makan biji pala sebanyak 2 kilogram saja sudah tidak sanggup. Jadi tidak masalah bila kita mengonsumsinya masih dalam batas normal.

Artikel Terkait

Karyawan baru Istana