Mari Kenali Apa Saja Manfaat Buah Pala

Ibu rumah tangga tentu tahu dengan buah pala. Karena biasanya para ibu rumah tangga menggunakan buah pala sebagai bumbu rempah masakan seperti untuk memasak gulai, sayur, asam, dan lain sebagainya. Ternyata, buah pala yang selama ini digunakan untuk dijadikan bumbu masakan tersebuat memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Kandungan nutrisi dan kimia yang terkandung di dalam buah pala yang menjadi buah pala berkhasiat untuk kesehatan.

Tanaman pala (Myristica fragrans Houtt) merupakan tumbuhan pohon yang berasal dari Maluku. Buah pala telah dikenal sebagai rempah-rempah yang berkhasiat di berbagai belahan dunia. Faktanya, sejak jaman dahulu, pala digunakan secara tradisional untuk mengobati penyakit-penyakit maupun meningkatkan kebugaran tubuh. Masyarakat Tiongkok dan India Timur menggunakan buah pala sebagai obat herbal maupun sekedar penyedap masakan.

Seperti kebanyakan rempah-rempah lainnya, pala merupakan salah satu rempah wangi yang dapat memberikan kehangatan dan cita rasa yang khas setelah mencicipinya. Di Indonesia, buah pala sering dijadikan sebagai  hidangan manis yang segar atau dibuat manisan pala. Sedangkan bubuk biji pala biasa digunakan sebagai bumbu penyedap berbagai macam masakan. Mari kita kenali kandungan kimia, efek farmakologis dan manfaat apa saja yang terdapat di dalam buah pala.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Pala mempunyai rasa hangat. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam pala, di antaranya saponin, polifenol, flavonoid, dan minyak terbang. Efek farmakologis pala, di antaranya anti kembung, anti-insomnia, peluruh kentut (carminative), dan perangsang (stimulant). Sementara buah, biji, dan daun pala memiliki efek farmakologis mengobati gangguan pencernaan, sakit perut, kejang lambung,mual, muntah-muntah, diare, muntaber, jantung berdebar-debar, haid tidak lancar, kencing batu, kencing manis (DM), demam nifas, lemah syahwat, tidak dapat tidur (insomnia), sakit telinga (otitis), sariawan, menambah nafsu makan (stomachica), kepala pusing, sakit kepala, rematik, sakit pinggang, dan kudis (scabies).

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Pala dapat digunakan untuk mengobati beberapa penyakit berikut :

  • Mengobati Diare.

    Seduh biji pala dengan 1 cangkir air panas, lalu minum air seduhannya 3 kali sehari saat hangat.

  • Mengatasi Gangguan Perut, Sebah, Kembung, dan Kejang.

    Cuci bersih 20gr buah pala segar, lalu rebus dengan 2 gelas air selama 15 menit. Setelah dingin, saring air rebusannya, lalu minum 2 kali sehari pada pagi dan sore hari.

  • Meningkatkan Gairah Seks (afrodisiak).

    Seduh biji pala dengan 1 cangkir air panas, lalu minum air seduhannya 1 kali sehari.

  • Mengobati Kejang Perut.

    Seduh 5gr bubuk biji pala dan garam secukupnya dengan 1 cangkir air panas. Minum air seduahnnya sekaligus sekali sehari saat hangat.

  • Mengatasi Masalah Susah Tidur (insomnia).

    Cuci bersih 5gr biji pala, 10 butir biji teratai, dan 5 butir angco yang telah dibuang kulitnya. Rebus semua bahan dengan 600 ml air sampai tersisa 300 ml. Minum sekaligus 1 kali sehari saat hangat, sedangkan biji teratai dan angconya dapat dimakan.

Semua khasiat buah pala ini bisa Anda dapatkan cukup dengan mengkonsumsi pala secukupnya. Tidak perlu banyak-banyak, karena kalau berlebihan justru di takutkan dapat menimbulkan masalah kesehatan. Semoga artikel di atas bermanfaat untuk Anda yang membacanya.

Salam Sehat

 

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang, / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320.

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424

Artikel Terkait

online istana solo