Manfaat Pandan Wangi Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Image result for pandan wangi

Pandan wangi memiliki nama latin (Pandanus amaryllifolius Roxb.) dan termasuk keluarga Pandanaceae. Tanaman ini biasanya hidup di rawa-rawa atau di tempat-tempat yang lembab dan teduh. Namun, karena manfaatnya yang cukup besar bagi kehidupan manusia, tanaman ini kini sudah mulai dibudidayakan dan ditanam di pekarangan rumah. Untuk perkembangbiakannya dilakukan dengan cara memisahkan tunas baru dari rumpunnya yang tumbuh diantara akar-akar.

Manfaat pandan wangi untuk kehidupan manusia adalah sebagai zat pewarna alami makanan sekaligus sebagai pewangi. Ya, daun pandan wangi menimbulkan aroma yang khas. Biasanya digunakan untuk pembuatan kue dan minuman. Selain untuk pengawet dan pewangi, tanaman ini juga kerap dimanfaatkan sebagai obat tradisional.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Pandan wangi memiliki bau yang harum (aromatik) dan bersifat sejuk. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam pandan wangi, di antaranya alkaloida, saponin, flavonoid, tanin, polifenol, dan zat warna. Efek farmakologis pandan wangi, di antaranya menguatkan saraf (tonikum), menambah nafsu makan (stomachica) dan penenang (sedative), lemah saraf (neurastenia), tidak nafu makan, sakit disertai gelisah, tekanan darah tinggi (hipertensi), rematik, pegal linu, menghitamkan rambut, rambut rontok, dan ketombe.

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Daun segar pandan wangi dapat digunakan untuk mengobati beberapa penyakit berikut.

  1. Mengatasi Ketombe.

    Cuci bersih 7 lembar daun pandan wangi segar, lalu tumbuk sampai halus. Tambahkan 100ml air, aduk rata, lalu saring. Oleskan campuran tersebut pada kulit kepala sampai merata. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas rambut dengan air. Lakukan secara teratur.

  2. Mengobati Lemah Syaraf (neurastenia).

    Cuci bersih 5 lembar daun pandan wangi segar, lalu potong kecil-kecil. Rebus dengan 600ml air sampai tersisa 400ml. Setelah dingin, saring air rebusannya lalu minum 2 kali sehari (pagi dan sore hari) masing-masing 200ml.

  3. Menghitamkan Rambut.

    Cuci bersih 7 lembar daun pandan wangi segar dan 5 lembar daun mangkokan. Potong kecil-kecil semua bahan, tambahkan 1 liter air, lalu rebus sampai air berwarna hijau. Dinginkan dan embunkan air rebusan selama semalam. Gunakan air rebusan tersebut untuk mencuci rambut. Lakukan 3 kali dalam seminggu sampai terlihat hasilnya.

  4. Mengatasi Rambut Rontok.

    Cuci bersih 2 lembar daun pandan wangi segar, 5 lembar daun mangkokan, 10 lembar daun waru muda, 10 kuntum bunga melati, 1 kuntum bunga mawar, 60gr daun orang-aring, 100ml minyak wijen, 100ml minyak kemiri, dan 100ml minyak kelapa. Campur semua bahan, lalu rebus sampai mendidih dengan menggunakan panci email. Setelah dingin, saring air rebusan lalu oleskan pada kulit kepala sambil dipijat-pijat.

  5. Mengobati Rematik dan Pegal Linu.

    Cuci bersih 5 lembar daun pandan wangi segar dan batang sereh secukupnya, lalu tumbuk halus. Tambahkan minyak kayu putih dan minyak gandapura secukupnya. Aduk sampai merata, lalu oleskan atau gosokkan pada bagian tubuh yang sakit.

  6. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi (hipertensi).

    Cuci bersih daun pandan wangi segar, lalu potong kecil-kecil. Rebus potongan daun pandan dengan 400ml air sampai tersisa 200ml. Setelah dingin, saring ai rebusannya, lalu minum sekaligus satu kali sehari.

  7. Mengatasi Tidak Nafsu Makan.

    Cuci bersih 10gr daun pandan wangi segar, lalu potong kecil-kecil. Seduh potongan daun pandan dengan setengah gelas air panas. Setelah dingin, saring, lalu minum 2 kali sehari pada pagi dan sore masing-masing seperempat gelas.

Nah, itu dia manfaat daun pandan wangi untuk kesehatan dan kecantikan, terutama untuk perawatan rambut. Semoga bermanfaat dan jagalah selalu kesehatan Anda.

Salam Sehat

 

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424

Artikel Terkait

online istana solo