Manfaat Dari Buah Panili / Vanili

Related image

Tahukah anda tentang salah satu bahan pembuatan kue yang sering digunakan? Ya, Vanili (Vanilla planifolia) adalah sejenis tanaman berfisik pendek dengan daun berukuran sedang  berasal dari mexico dan dibudidayakan untuk pembuatan bumbu pelengkap untuk adonan kue. Buah vanili yang berwarna kekuningan dan batang tanaman vanili adalah anggota pada tubuh vanili yang banyak diproses sebagai vanili yang saat ini banyak dipasarkan  di Indonesia sebagai pengharum dalam pembuatan kue dan makanan.

Tanaman vanili merupakan salah satu jenis tanaman merambat, yang mudah untuk tumbuh, hampir di segala iklim. Tanaman vanili sendiri memiliki batang yang berukuran kecil, karena berstruktur tanaman yang merambat, sehingga hanya memiliki batang kecil, yang kira-kira hanya sebesar jari kita. Daun vanili memiliki warna yang hijau dan terang, memiliki panjang sekitar 15 cm dengan bentuk daun yan memiliki ujung lancip. Tanaman vanili juga memiliki bunga, yang berukuran sekitar 4 – 8 cm dan memiliki wangi yang sedap

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam buah, batang, dan daun panili, di antaranya saponin dan polifenol. Efek farmakologis panili, di antaranya antipiretik serta pengharum makanan, parfum, dan kosmetik.

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Buah kering panili hasil pemeraman dapat digunakan untuk mengobati beberapa penyakit berikut.

  • Pengharum (makanan, minuman, dan kosmetik).

    Ekstrak atau fermentasi buah panili. Gunakan hasil ekstrak tersebut sebagai pengharum makanan, minuman, dan kosmetik.

  • Mengobati Pusing.

    Potong-potong 5gr buah panili kering, lalu seduh dengan 1 gelas air panas. Setelah dingin, saring air seduhan, lalu minum 2 kali sehari.

Itulah beberapa manfaat panili / vanili yang dapat anda ketahui. Selain harum aromanya,tanaman ini juga dapat anda gunakan untuk menjaga kesehatan tubuh, sehingga tidak perlu melakukan perawatan yang mahal. Semoga artikel ini bermanfaat.

Salam Sehat

 

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo