Kandungan Nutrisi dan Manfaat Pare Untuk Kesehatan

Pare (Momordica charantia) merupakan salah satu tanaman dengan beragam manfaat. Sayangnya, banyak orang tidak menyukai pare karena rasanya yang pahit. Padahal rasa pahit itulah yang memberikan banyak manfaat kesehatan. Lagipula, rasa pahit yang khas tersebut dapat dihilangkan dengan pengolahan yang tepat.

Di wilayah Asia Timur seperti Jepang dan Korea, buah pare lebih banyak digunakan sebagai bahan obat. Sedang di India, Indonesia dan beberapa negara lain, pare lebih umum dikonsumsi sebagai masakan. Jika dikonsumsi dalam jangka panjang, buah pare bisa menjadi pilihan untuk sumber nutrisi dan Kesehatan.

Asal-Usul Buah Pare

Pare adalah tumbuhan merambat yang berasal dari wilayah Asia Tropis, terutama daerah India bagian barat, yaitu Assam dan Burma. Tanaman ini kemudian menyebar ke kawasan Asia tenggara hingga Australia. Di Indonesia, tanaman pare dapat tumbuh dengan baik di tanah yang tidak terlalu lembab dan tidak terkena matahari langsung.

Kandungan Nutrisi dan Senyawa Alami

Dibalik rasa pahit buah pare ini tersembunyi kandungan albuminoid, karbohidrat dan pigmen yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Selain itu di dalam buah pare terkandung protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi vitamin A, vitamin B1, dan vitamin C.

Manfaat pare Untuk Kesehatan

  1. Obat Diabetes.

    Sifat hipoglikenik tanaman pare dapat membantu menurunkan kadar gula dalam darah dan menormalkannya kembali. Rasa pahit pare dapat meningkatkan produksi insulin yang sangat dibutuhkan penderita diabetes.

  2. Mengatasi Asma.

    Rasa pahit yang dirasakan oleh indera pengecap saat mengkonsumsi pare ternyata bisa memperlebar saluran pernapasan. Hal ini tentunya baik bagi penderita asma untuk menyembuhkan penyakitnya. Dengan sering mengonsumsi pare, saluran pernapasan menjadi lebih longgar dan sirkulasi udara lancar.

  3. Kesehatan Ibu Hamil.

    Pare membantu memperlancar pencernaan pada ibu hamil. Saat hamil sering kali pencernaan mengalami gangguan akibat adanya tekanan dari janin. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan mengonsumsi pare secara rutin setiap hari. Pare tinggi serat sehingga dapat melancarkan pencernaan.

  4. Menurunkan Berat Badan.

    Pare juga bisa dimanfaatkan untuk menurunkan berat badan. Kandungan serat yang tinggi dari pare dapat membuat Anda cepat kenyang dan juga menurunkan nafsu makan. Pare juga berfungsi untuk menyeimbangkan kadar insulin dalam tubuh. Kadar insulin yang terlalu tinggi, dapat meningkatkan rasa lapar, sehingga cenderung untuk makan banyak. Akibatnya Anda mudah menjadi gemuk. Konsumsi pare juga bisa dimanfaatkan untuk membuang racun (detoksifikasi) yang dapat membantu dalam program diet. Selain itu pare mengandung kalori rendah sehingga bagi Anda yang sedang menjalani program diet, sebaiknya memasukkan pare pada daftar makanan yang harus dikonsumsi.

  5. Memelihara Kecantikan Kulit.

    Tidak hanya untuk kesehatan saja, pare juga bisa menjaga kesehatan kulit. Pare kaya akan vitamin C dan berkhasiat membuat kulit lebih cantik dan cerah bersinar. Pare juga dapat mengembalikan kecerahan kulit yang sering terbakar sinar matahari. Gunakan pare sebagai masker wajah secara teratur untuk mengembalikan kesehatan kulit wajah.

  6. Anti Kanker.

    Kandungan antioksidan yang terdapat dalam pare dapat mempengaruhi metabolisme glukosa yang sangat dibutuhkan oleh sel kanker. Penelitian yang dilakukan pusat kanker University of Colorado Amerika menyimpulkan bahwa pare dapat digunakan untuk menghambat pertumbuhan kanker pankreas.

  7. Mengendalikan Kolesterol.

    Buah pare juga tak dipungkiri lagi mampu meningkatkan metabolisme seseorang untuk mengurangi masalah berat badan dan kolesterol. Alasannya sangat simple, yakni karena buah pare memiliki kandungan serat yang tinggi.

  8. Menekan Perkembangan Virus HIV.

    Hingga detik ini, obat untuk HIV memang belum ditemukan. Namun, bukan berarti virusnya tidak dapat ditekan. Biji buah pare ternyata efektif menekan perkembangan virus HIV. Dengan demikian, penderita HIV/AIDS dapat memperpanjang usianya.

Itulah Kandungan Nutrisi dan Manfaat Pare Untuk Kesehatan. Buah yang memiliki rasa pahit ini diam-diam menyimpan manfaat yang besar. Memang perlu perjuangan dan pengorbanan untuk hidup sehat, karena tidak semua makanan yang enak yang menyehatkan. Semoga bermanfaat.

Salam Sehat

 

Kami melayani orderan grosir dan eceran. Untuk pemesanan silahkan hubungi : 081393930088

Kini orderan bisa dikirim melalui GoSend

Atau Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

    Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

    Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

    Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

    Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

 

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo