Apa itu Tumbuhan Patah Tulang, dan Manfaat di Dalamnya?

Image result for manfaat patah tulang

Patah Tulang berbentuk seperti ranting tanpa daun, tanaman yang satu ini sering dijadikan sebagai salah satu tanaman hias pekarangan. Namun dibalik keunikan bentuknya, tanaman patah tulang ternyata menyimpan beragam manfaat bagi kesehatan terutama dalam pengobatan tradisional.

Tanaman patah tulang (Euphorbia tirucalli) yang banyak ditanam sebagai salah satu tanaman pemanis pekarangan ternyata sering dimanfaatkan sebagai salah satu tanaman obat tradisional dengan beragam khasiatnya. Di Indonesia, terutama Pulau Jawa, bagian batang atau kulit tanaman ini dipercaya dapat menyembuhkan patah tulang seperti namanya, serta penyakit kulit lainnya selain getahnya dapat mengeluarkan duri yang tertancap.

Patah tulang adalah sejenis tanaman liar yang belakangan ini juga dikembangkan sebagai bonsai tanaman hias. Pohonnya berbentuk perdu dan berperawakan sangat unik dengan daun dan cabang yang bergerombol.

Kandungan Kimia dan Efek farmakologis

Patah tulang mempunyai rasa tawar, tetapi semakin lama menimbulkan rasa tebal di lidah, berbau lemah, dan getahnya beracun. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam getah patah tulang, di antaranya senyawa euphorbone, taraksasterol, alpha-laktucerol, euphol, senyawaan damar, kautschuk (zat karet) dan zat pahit. Hingga saat ini, efek farmakologis patah tulang belum banyak diketahui.

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Akar, batang kayu, ranting, dan getah patah tulang dapat digunakan untuk mengobati beberapa penyakit berikut.

  • Mencegah Tahi Lalat Membesar.

    Gosok tahi lalat dengan air jeruk nipis, lalu olesi dengan getah patah tulang. Lakukan beberapa kali sehari dan jangan sampai terkena mata.

  • Mengatasi Kapalan (klavus) dan Kutil.

    Cuci bersih setengah kilogram dahan dan ranting patah tulang, lalu rebus dengan 4 liter air sampai tersisa 2 liter. Gunakan air rebusan untuk merendam bagian tubuh yang kulitnya menebal atau terdapat kutilnya saat hangat selama setengah jam. Setelah kulit kering, olesi kutil dengan lendir daun lidah buaya sampai merata. Dengan pengobatan ini, kapalan atau kutil dapat terlepas dengan sendirinya.

  • Mengobati Kulit Tertusuk Duri atau Terkena Pecahan Kaca.

    Olesi kulit atau tubuh yang tertusuk duri dengan getah patah tulang. Getah patah tulang dapat mengeluarkan duri-duri dari kulit.

  • Mengobati Sakit Gigi.

    Teteskan getah patah tulang pada gigi yang sakit dan berlubang. Lakukan 1-2 kali sehari. Hati-hati jangan sampai mengenai gigi yang sehat.

  • Mengobati Tulang Patah.

    Gosokkan getah patah tulang pada kulit di atas tulang yang patah. Cara lainnya, giling halus kulit luar dahan patah tulang. Tempelkan hasil gilingan di atas tulang yang patah kemudian balut. Lakukan pengobatan 2 kali sehari dengan mengganti pembalutnya.

Catatan : Bila terkena mata, getah patah tulang dapat menyebabkan kebutaan. Oleh karena itu, penggunaan patah tulang perlu dilakukan dengan hati-hati. Bila terkena mata, sesegera mungkin mata di cuci dengan air kelapa atau santan.

Salam Sehat

 

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo