5 Manfaat Tanaman Patikan Cina Untuk Kesehatan

Image result for manfaat patikan cina

Mungkin manfaat patikan cina masih belum dikenal oleh masyarakat luas, walaupun sebenarnya tanaman patikan cina tumbuh liar di sekitar kita. Jangan kaget bahwa ternyata patikan cina efektif untuk mengobati penyakit wasir / ambeien dan lain-lain. Untuk cara meramu dan abahn apa saja yang dibutuhkan, baca artikel di bawah ini sampai selesai ya..

Patikan cina memiliki nama latin / ilmiah yaitu Euphorbia thymifolia, termasuk kedalam familia Euphorbiaceae. Tanaman ini memiliki nama lokal, di antaranya gelang pasir, krokot cina (Jawa), Ki mules, nanangkaan gede, useup nana (Sunda), jalu-jalu tona (Maluku).

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Patikan cina memiliki rasa yang agak asam dan bersifat sedikit sejuk. Beberapa bahan kimia ynag terkandung dalam akar patikan cina, di antaranya Myricyl alcohol, taraxerol, tirucalol, kamzuiol, dan hentriacontane. Sementara itu, batang dan daun patikan cina mengandung cosmosiin. Efek farmakologis patikan cina di antaranya anti-imflamasi, peluruh air seni, penghilang gatal, dan astringent.

Baca artikel terkait dengan patikan cina yang tidak kalah menariknya "Inilah Khasiat Patikan Kebo Yang Perlu Anda Ketahui!"

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Seluruh bagian tumbuhan patikan cina segar atau kering dapat digunakan untuk mengobati beberapa penyakit.

  • Mengobati Abses Payudara.

    Tumbuk halus herba patikan cina segar bersama gula enau secukupnya, lalu tempelkan hasil tumbukan pada bagian tubuh yang membengkak. Lakukan pengobatan 3 kalio sehari.

  • Mengobati Disentri Basiler.

    Cuci bersih 15-30gr tumbuhan patikan cina kering atau 30-60gr segar. Rebus bahan dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Minum air rebusan 2 kali sehari masing-masing setengah gelas.

  • Mengatasi Enzema, Dermatitis, dan Kulit Gatal.

    Rebus herba patikan cina segar secukupnya, lalu gunakan air rebusan tersebut untuk mencuci bagian tubuh yang sakit. Lakukan pengobatan 2 kali sehari.

  • Mengobati herpes Zoster.

    Tumbuk halus 1 genggam herba patikan cina segar dan 1 buah bawang putih, lalu tambahkan air dingin. Balurkan hasil tumbukan pada bagian tubuh yang sakit. Lakukan pengobatan 3 kali sehari.

  • Mengobati Wasir Berdarah.

    Cuci bersih 1/3 genggam patikan cina, 1/3 genggam patikan kebo, 1 jari rimpang kunyit, dan 3 jari gula enau. Rebus bahan tersebut dengan 3 gelas air sampai tersisa setengah gelas. Setelah dingin, saring air rebusannya, lalu minum 3 kali sehari masing-masing setengah gelas.

Manfaat patikan cina ini bisa anda jadikan referensi bilamana suatu saat nanti anda atau orang terdekat anda mengalami penyakit disentri atau wasir.

Salam Sehat

 

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo