Inilah Khasiat Patikan Kebo Yang Perlu Anda Ketahui!

Image result for manfaat patikan kebo

Jika Anda menjumpai tanaman ini, mungkin Anda akan menganggap ia hanyalah tanaman gulma pengganggu yang tidak berguna. Ternyata Patikan Kebo memiliki khasiat obat herbal yang luar biasa. Tanaman bernama latin Euphorbhia hirta L. ini dikenal masyarakat Indonesia dengan berbagai nama seperti, gelang susu/ nanangkaan (sunda), kukon-kukon (Jawa), juga disebut sosononga (Maluku). Hebatnya, menurut penelitian yang telah dilakukan para ahli telah dilaporkan bahwa ekstrak etanol Patikan Kebo memiliki aktivitas antimikroba tertinggi terhadap baktieri Salmonella typhi yaitu bakteri penyebab penyakit Tifus.

Secara turun temurun biasanya Patikan Kebo digunakan untuk mengobati sakit Asma dan gangguan penglihatan, obat batuk dan juga sariawan. Di Nigeria tanaman ini biasa digunakan untuk mengobati luka. Juga digunakan untuk pengobatan penyakit akibat mikroba seperti gonorhea dan disentri. Khasiat tanaman patikan kebo memang sangat berpengaruh bagi kesehatan tubuh kita. Jika Anda ingin tahu khasiat apa saja yang terkandung di dalam tanaman ini dan bagaimana pemanfaatannya, baca sampai selesai artikel di bawah ini.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Patikan kebo mempunyai rasa agak pahit, asam, bersifat sejuk, dan sedikit beracun. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam patikan kebo, di antaranya myricyl alcohol taraxerol, friedlin, β-amyrin, β-sitosterol, β-eufol, euforbol, triterpenoid eufol, tirukalol, eufosterol, hentriacontane, flavonoida, tanin, dan elagic acid pada bunga. Efek farmakologis patikan kebo di antaranya anti-imflamasi, peluruh air seni, dan menghilangkan gatal (antipruritic).

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Seluruh bagian tumbuhan patikan kebo segar atau kering dapat digunakan untuk mengobati beberapa penyakit berikut.

  1. Mengobati Abses Paru dan Bronkhitis Kronis.

    Cuci bersih 1genggam tumbuhan patikan kebo, lalu tumbuk sampai halus. Tambahkan air, lalu peras campuran sampai dihasilkan setengah mangkuk air perasan. Minum air hasil perasan sekaligus satu kali sehari.

  2. Mengobati Asma.

    Cuci bersih 1 genggam daun patikan kebo kering, lalu rebus dengan 2-3 gelas air. Saring air rebusannya, lalu minum 2 kali sehari masing-masing setengah gelas pada pagi dan sore hari.

  3. Mengatasi Disentri.

    Cuci bersih 15-24gr patikan kebo dan gula pasir (bila berdarah) atau gula enau (bila berlendir) secukupnya. Tambahkan air secukupnya, lalu tim. Minum air yang dihasilkan sekaligus satu kali sehari.

  4. Melancarkan Kencing.

    Rebus 30-60gr tumbuhan patikan kebo segar dengan air secukupnya, lalu minum hasil rebusannya 2 kali sehari.

  5. Mengobati Radang Kelenjar Susu atau Payudara.

    Cuci bersih 1 genggam daun patikan kebo dan 2 sendok kedelai, lalu rebus dengan 3-5 gelas air sampai mendidih. Minum air rebusannya 2 kali sehari masing-masing 1 cangkir.

  6. Mengobati Thypus abdominalis.

    Rebus 30-150gr herba patikan kebo segar dengan air secukupnya, lalu minum hasil rebusannya 3 kali sehari.

Demikianlah artikel mengenai tanaman petikan kebo, bermanfaat sekali kan.. Anda ingin mencobanya di rumah? Silahkan mencoba sendiri di rumah, dan semoga bermanfaat untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Baca artikel terkait dengan patikan kebo yang tidak kalah menariknya "5 Manfaat Tanaman Patikan Cina Untuk Kesehatan"

Salam Sehat

 

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo