6 Manfaat Tumbuhan Pecut Kuda Untuk Kesehatan

Image result for manfaat pecut kuda

Pecut kuda adalah tanaman yang biasa tumbuh liar dimana mana, di tepi jalan, tanah lapang ataupun tumbuh ditempat terlantar lainnya. Tanaman yang berasal dari Amerika latin ini dapat ditemukan di daerah yang cerah, sedang, terlindung dari sinar matahari dan bisa tumbuh pada ketinggian 1-1500 m dpl. Ciri daun tumbuhan pecut kuda hampir menyerupai daun mint tersusun berlawanan, bergerigi pada bagian pinggir daun, sednagkan bunganya berwarna ungu dan bisa di dapat sepanjang tahun.

Pecut kuda merupakan salah satu tanaman obat yang cukup dikenal pada kalangan masyarakat Indonesia. Ada yang tahu kenapa tumbuhan ini disebut pecut kuda? Karena bentuk bunga dari tumbuhan ini berbentuk seperti pecut yang sering digunakan pada kereta kuda. Nama latin atau ilmiah tumbuhan ini adalah Stachytarpheta jamaicencis (L.) Vahl. Dan termasuk klasifikasi dalam kerajaan Plantae serta merupakan keluarga dari Verbenaceae

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Pecut kuda mempunyai rasa pahit dan bersifat dingin. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam pecut kuda, di antaranya alkaloida dan glikosida. Efek farmakologis pecut kuda, di antaranya antiradang dan peluruh air seni.

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Seluruh bagian herba pecut kuda yang dipotong-potong dan dikeringkan dapat digunakan untuk mengobati beberapa penyakit berikut.

  • Mengobati Ginjal, Infeksi Saluran Kencing, dan Rematik.

    Rebus 15-30gr herba pecut kuda kering atau 30-60gr herba segar dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, minum air rebusannya 2 kali sehari masing-masing setengah gelas.

  • Mengobati Bisul, Radang Kulit Bernanah, dan Luka.

    Tumbuk halus herba pecut kuda segar, lalu tempelkan hasil tumbukan pada bagian tubuh yang sakit.

  • Mengatasi Haid Tidak Teratur.

    Rebus 15-30gr herba pecut kuda kering atau 30-60gr herba segar dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, minum air rebusannya 2 kali sehari masing-masing setengah gelas.

  • Mengobati Hepatitis A.

    Rebus 5-10 batang tangkai bunga pecut kuda (berikut bunganya) dalam 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas, lalu tambahkan gula batu secukupnya. Setelah dingin, minum air rebusannya 2 kali sehari masing-masing setengah gelas.

  • Mengatasi Keputihan. Rebus akar pecut kuda dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Minum air rebusan 2 kali sehari masing-masing setengah gelas.
  • Sebagai Pembersih Darah.

    Rebus 15-30gr herba pecut kuda kering atau 30-60gr herba segar. Setelah dingin, minum air rebusannya.

Catatan : Ibu hamil dilarang minum air rebusan ramuan obat ini, karena bisa menyebabkan keguguran.

Salam Sehat

 

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo