19 Khasiat Besar Dari Pegagan Yang Tidak Usah Diragukan Lagi

Image result for pegagan

Pegagan (Centella asiatica) dapat dikatakan sebagai tanaman liar karena banyak sekali tumbuh di pekarangan, ladang, pinggir jalan, perkebunan, atau di pematang sawah. Tanaman pegagan menyukai tanah yang banyak mengandung air dan cukup mendapat sinar matahari atau teduh.

Tanaman ini berasal dari Asia tropik, tersebar di Asia Tenggara, termasuk Indonesia dan negara-negara seperti India, China, Jepang dan Australia kemudian menyebar ke berbagai negara-negara lain. Tanaman pegagan ini memiliki banyak unsur kimia aktif yang masing-masing memiliki manfaat sebagai penyembuh macam-macam penyakit.

Tanaman pegagan ini memang sudah dikenal sebagai salah satu tanaman yang menghasilkan manfaat untuk pengobatan berbagai macam penyakit pada tubuh, sehingga dengan adanya jenis pengobatan ini sudah di kenal sejak jaman dahulu untuk pengobatan alternatif sehingga sampai sekarang pengobatan alternatif ini sangat terkenal dan sudah dipercaya dengan manfaat yang dihasilkan.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Pegagan memiliki rasa manis dan bersifat sejuk. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam pegagan, di antaranya asiaticoside, thankunside, madecassoside, brahmocide, brahmic acid, madasiatic acid, meso-inosetol, centellose, carotenoids, garam K, Na, Ca, Fe, vellarine, tanin, mucilago, resin, pektin, gula, dan vitamin B. Efek farmakologis pegagan, di antaranya anti-infeksi, antiracun, penurun panas, peluruh air seni, antilepra, dan antisifilis. Daun pegegan berfungsi sebagai astringensia dan tonikum. Pegagan juga dikenal untuk revitalisasi tubuh dan otak yang lelah serta untuk kesuburan wanita.

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Seluruh bagian tumbuhan pegagan dapat digunakan untuk mengobati beberapa penyakit berikut.

  1. Mengobati Ayan.

    Seduh 1 sendok serbuk daun pegagan dan gula aren secukupnya dengan 1 cangkir air panas. Saring air seduhannya, lalu minum sekaligus saat masih hangat. Lakukan pengobatan 3 kali sehari.

  2. Mengobati Batuk Asma.

    Tumbuk 1 genggam pegagan, 7 daun randu, dan gula batu secukupnya. Tambahkan 1 cangkir air, saring, lalu minum air hasil saringannya setiap pagi.

  3. Mengobati Batuk Darah, Muntah Darah, dan Mimisan.

    Rebus 90gr daun pegagan segar dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Minum air hasil rebusannya secara rutin 2 kali sehari masing-masing setengah gelas.

  4. Mengobati Batuk Kering.

    Tumbuk halus 1 genggam daun pegagan segar, peras, lalu tambahkan air dan gula batu secukupnya. Minum ramuan 3 kali sehari.

  5. Mengobati Bisul.

    Rebus 30-60gr daun pegagan segar, lalu minum hasil rebusannya. Selain itu, lumatkan pegagan segar, lalu tempelkan hasil lumatannya pada bisul.

  6. Mengatasi Busung.

    Cuci bersih 1 genggam pegagan, 3 batang alang-alang, dan 1 potong kulit kamboja. Rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih, lalu minum airnya 3 kali sehari masing-masing 1 cangkir.

  7. Mengobati Campak dan Pembengkakan Hati.

    Rebus 240-600gr daun pegagan segar dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Minum hasil rebusannya secara rutin 1 kali sehari.

  8. Mengatasi Darah Tinggi.

    Rebus 20 lembar daun pegagan dengan 3 gelas air sampai tersisa 21/4 Minum hasil rebusannya 3 kali sehari masing-masing sebanyak 1/4 gelas.

  9. Mengobati Demam, Radang Amandel, Sakit Tenggorokan, dan Bronkhitis.

    Tumbuk segenggam penuh daun pegagan segar, tambahkan sedikit air dan garam, lalu saring. Minum airnya pada pagi hari sebelum makan.

  10. Mengobati Infeksi Sakuran Kencing atau Kencing Keruh.

    Cuci bersih 90gr daun pegagan segar, 1/4 genggam sambiloto, 1 jari kunyit, 1/4 genggam kumis kucing, 1/4 genggam meniran, 1/4 genggam tempuyung, dan 3 lembar daun alpukat. Rebus semua bahan dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Minum air rebusan 4 kali sehari.

  11. Keracunan Jengkol.

    Rebus 10-15 lembar daun pegagan dengan 3 gelas air sampai 1,5 gelas. Setelah dingin, saring air rebusannya lalu minum.

  12. Mengobati Lepra.

    Rebus 15-30gr pegagan segar dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Minum air rebusannya sekaligus 1 kali sehari. Cara lainnya, tumbuk 30gr daun pegagan, lalu tempelkan hasil tumbukan pada bagian tubuh yang sakit.

  13. Mengobati Mata Bengkak dan Memerah.

    Tumbuk halus pegagan, peras, lalu saring. Teteakan air hasil saringan ke mata 3 sampai 4 kali sehari.

  14. Mengatasi Panas.

    Rebus segenggam pegagan bersama 3 butir adas, sepotong kulit batang pulosari, dan 1 siung bawang merah dengan 3 cangkir air sampai tersisa 1 cangkir. Saring air rebusan, lalu minum sekaligus 1 kali sehari.

  15. Mengobati Sakit Kepala.

    Rebus segenggam daun pegagan dan 1/4 sendok jinten dengan 1 gelas air sampai tersisa setengah gelas. Saring air rebusannya, lalu minum sekaligus saat hangat.

  16. Mengobati Sakit Perut, Cacingan, Penambah Nafsu Makan, serta Keracunan Gelsemium Elegans dan Arenik.

    Rebus 27gr pegagan segar dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Minum air rebusannya sekaligus saat hangat.

  17. Mengatasi Susah Kencing.

    Tumbuk halus 30gr daun pegagan segar, lalu tempelkan hasil tumbukan pada pusar.

  18. Mengobati Sakit Tipus.

    Cuci bersih segenggam pegagan, setengah genggam daun jinten, dan 5 lembar daun tapak liman. Kukus, giling halus, lalu peras airnya. Minum air rebusan sekaligus satu kali sehari bersama 1 sendok makan madu.

  19. Mengatasi Wasir.

    Rebus 4-5 pohon pegagan dengan 2 gelas air selama 5 menit. Setelah dingin, saring air rebusannya sekaligus makan madu.

Itulah berbagai macam jenis khasiat pegagan bagi kesehatan, banyak sekali bukan? Maka dari itu tanaman ini sudah tidak bisa diragunakan lagi manfaat dan khasiatnya untuk kesehatan. Anda bisa mencobanya sendiri di rumah sebagai salah satu cara alternatif pengobatan tradisional.

Salam Sehat

 

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424

Artikel Terkait

  • Pegagan

    Pegagan Pegagan memiliki daun berwarna hijau cerah berbentuk seperti telapak kaki kuda sehingga sebagian masyarakat ...

  • Pegagan Bermanfaat Untuk Kecantikan Kulit

    PEGAGAN BERMANFAAT UNTUK KECANTIKAN KULIT Pegagan atau gotu kola yang memiliki bahasa latin Centella Asiatica merupak...

online istana solo