Pegagan Bermanfaat Untuk Kecantikan Kulit

PEGAGAN BERMANFAAT UNTUK KECANTIKAN KULIT

Pegagan atau gotu kola yang memiliki bahasa latin Centella Asiatica merupakan tanaman yang lazim digunakan sebagai tanaman obat di Indonesia, India, serta beberapa negara Asia lainnya. Pegagan memang dikenal sebagai salah satu jenis tanaman pengobatan yaitu sebagai obat alternatif berbagai penyakit.

Manfaat paling banyak yang telah diteliti oleh para ahli yaitu manfaat daun pegagan untuk kulit. Pegagan terbukti efektif dapat digunakan baik untuk perawatan kulit maupun untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit. Berbagai jenis keluhan kecantikan seperti jerawat, flek hitam, dan lain-lain juga bisa di atasi dengan tumbuhan yang satu ini.

Beberapa kandungan kimia utama yang terdapat pada tumbuhan pegagan, meliputi:

  • Asiaticoside
  • Madecassoside
  • Madasiatic acid
  • Riterpenoid atau saponins

MANFAAT PEGAGAN UNTUK KECANTIKAN KULIT

Inilah beberapa manfaat tumbuhan pegagan untuk kecantikan kulit yaitu :

  1. Dapat Membantu Mencegah Timbulnya Jerawat.  

    Pegagan juga terbukti efektif untuk mengatasi jerawat. Jerawat banyak dialami oleh pemilik kulit berminyak.Konsumsi ekstrak pegagan dengan diminum dapat membantu merawat dan mengurangi jerawat dari dalam. Pemakaian jerawat secara topikal dapat membantu mengurangi peradangan pada jerawat. Pemakaian secara topikal ini juga dapat digunakan untuk merawat noda – noda bekas jerawat agar memudar.

  2. Sebagai Peremajaan Kulit.

    Salah satu tanda utama penuaan kulit yaitu menurunnya jaringan kolagen pada kulit.Pegagan dapat meningkatkan produksi kolagen pada kulit. Pegagan dapat digunakan pada kulit yang muda untuk mencegahnya dari penuaan dini. Dan pada kulit yang sudah mulai keriput, pegagan juga mampu mengurangi keriput. Pegagan juga mampu mengembalikan kesegaran kulit yang telah hilang.

  3. Membantu Mencegah Penyakit Kulit.

    Pegagan dapat membantu mencegah penyakit kulit yang biasa disebabkan oleh iritasi yang kemudian menjadi infeksi pada kulit.

  4. Membantu Mengatasi Flek Hitam.

    Adanya flek hitam di wajah disebabkan dengan terkena sinar matahari. Tumbuhan pegagan juga dapat membantu mengatasi bahkan mengobati flek hitam yang berada di wajah.

  5. Mempercepat Penyembuhan dan Merawat Kulit yang Luka.

    Pegagan mengandung komponen triterpenoid yang berfungsi efektif memperkuat jaringan kulit dan meningkatkan anti oksidan. Asiaticoside dan madecassoside dalam pegagan telah teruji klinis mampu meningkatkan sintesa kolagen yang dapat mempercepat proses penyembuhan kulit yang terluka dan meminimalkan bekas lukanya.Pegagan cukup efektif dioleskan pada pasien luka bakar level ketiga, yaitu pasien luka bakar yang tidak parah dan dapat segera melakukan perawatan lukanya beberapa saat setelah kecelakaan terjadi. Pegagan dapat membantu mencegah terbentuknya bekas luka atau keloid pada kulit.

Demikian ulasan singkat tentang manfaat pegagan untuk kecantikan kulit. Pegagan telah teruji klinis dan diakui sebagai tanaman yang banyak bermanfaat untuk kulit. Bahkan ada banyak sekali jurnal ilmiah yang membahas manfaat pegagan ini untuk kulit.

Salam Sehat

 

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

    Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

    Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

    Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

    Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

 

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424

Artikel Terkait

online istana solo