Hati-Hati Plak Pada Pembuluh Darah

Pembuluh darah kita setelah sekian lama mengalirkan darah, kemungkinan akan terjadi pergerakan pada dindingnya apalagi dengan makanan yang tidak sehat. Kerak yang terbentuk pada dinding pembuluh darah bisa membentuk kemungkinan beberapa jenis plak. Plak adalah penyempitan pembuluh darah di jantung yang disebabkan oleh tumpukan lemak, kolesterol, atau protein dari makanan yang masuk ke dalam tubuh. penumpukan ini juga bisa menyebabkan pembuluh darah koroner menjadi kaku.

Ada 5 kemugkinan jenis plak yang menempel pada pembuluh darah.

  1. Plak kolesterol
  2. Plak asam urat
  3. Plak trigliserida
  4. Plak gula darah
  5. Plak racun

Seseorang yag mengalami kadar asam urat tinggi pada darahnya akan sembuh dengan obat-obatan dokter. Hasil tes laboratorium juga menunjukkan kadar asam urat sudah normal. Lalu pasien tersebut dinyatakan sembuh oleh dokter.

Namun tidak demikian pada saluran pembuluh darahnya karena mungkin sudah ada plak asam urat yang menempel. Plak bisa terlihat dalam scan tetapi, tidak terlihat dalam pemeriksaan darah. Demikian juga dengan plak lain yang mungkin sudah terbentuk di dinding pembuluh darah.

Jika suatu saat plak-plak ini copot lalu mengalir ke arteri jantung, dapat terjadi penyumbatan, akibatnya adalah penyakit serangan jantung. Jika plak yng copot tersebut mengalir ke arah otak dan meyumbat, maka akan menyebabkan stroke. Jika plak-plak tersebut terbentuk di arteri jantung  sehingga menyempit, otot –otot jantung akan kekurangan sirkulasi darah dan oksigen, maka akan terjadi jantung koroner. Biasanya ini disebabkan oleh plak kolestrol.

Untuk itu, perlu menjaga kelancaran aliran darah. Pembuluh darah harus bersih dan bebas dari plak. Cara alami untuk menyehatkan pembuluh darah dapat dengan mengonsumsi makanan sehat alami secara rutin setiap hari dan menghindari makanan tidak sehat seperti gorengan, lemak tinggi, dan lain-lain.

Plak Kolestrol

Plak kolesterol dapa dilunturkan dengan air jahe. Caranya jahe seukuran jempol dicuci, dikupas bersih,lalu digeprek dan direbus dengan segelas air yang sudah mendidih dengan api kecil sampai 30 detik. Jangan merebus terlalu lama agar enzim berkhasiat pada jahe masih ada.

Plak Asam Urat

Plak asam urat paling ampuh dilunturkan dengan sebatang wortel setiap hari. Wortel tersebut bisa dijadikan jus bersama buah-buahan lain. Atau bisa juga menggunakan air kelapa tua, pepaya, dan nanas sebagai alternatif.

Plak Gula Darah

Untuk plak gula darah dapat menggunakan bengkoang segar. Atau papaya dan semangka sebagai alternatif.

Plak Trigliserida

Cobalah konsumsi air kelapa tua. Atau air kencur dan semangka sebagai alternatif. Cara membuat air kencur sama dengan cara membuat air rebusan jahe.

Plak Racun

Dengan air atau akar alang-alang dan kentang kukus (bukan rebus). Untuk membuat minuman dari akar-alang –alang, ambil sebatang alang-alang berukuran minimal 20 cm digeprek. Direbus dengan segelas air,seperti cara merebus jahe atau kencur tetapi waktunya hanya 15 detik. Sedangkan untuk kentang, akan lebih baik lagi jika dikukus tanpa ditutup sehingga air yang menguap tidak jatuh kembali ke kentang.

Jadikanlah makanan sehat sebagai obat, jangan obat-obatan sebagai makanan. Semoga bermanfaat.
Karyawan baru Istana