Dahsyatnya Khasiat Tumbuhan Penawar Jambe Bagi Kesehatan

Image result for manfaat penawar jambe

Tanaman penawar jambe adalah tanaman semak yang sering kita jumpai disekitar kita. Tanaman penawar jambe ini dapat dijumpai di tepi jalan dan halaman depan rumah. Nama latin tanaman penawar jambe adalah Cycas revoluta Thunb. Sedangkan dalam bahasa inggris tanaman penawar jambe memiliki nama Cycad, dan Sago Palm. Tanaman penawar jambe ini menurut sejarah berasal dari jepang. Tanaman penawar jambe kerabat dekat tanaman pakis haji.

Ciri-ciri tanaman penawar jambe memilik daun yang berbentuk jarum dan  bunga bulat bergelugut. Fungsi dan kegunaan penawar jambe bagi sebagian orang dijadikan tanaman hias karena bentuk tanaman yang indah dan menarik. Namun yang tidak kita ketahui ternyata tanaman penawar jambe ini memiliki banyak manfaat dan khasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit yang ada ditubuh.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Daun penawar jambe mempunyai rasa manis, asam, bersifat agak hangat, dan beracun. Bunga penawar jambe berasa manis, agak hangat, dan sedikit toksik. Biji penawar jambe berasa pahit, netral, astringent, dan bersifat toksik. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam daun penawar jambe, di antaranya cycasin 0,027-0,061% (beracun dan berbunga sebagai antikanker) dan sotet-suflavone. Batang penawar jambe mengandung 0,2-0,3% neocycasin (A, B, C, D, E, F, dan G), cryptoxanthine, dan zeaxanthine. Bunga penawar jambe mengandung protein dan zat gula, sedangkan buahnya mengandung cycasin 0,086%. bahan kimia yang terkandung dalam tanaman akan masuk meridian hati dan lambung.

Efek farmakologis daun penawar jambe, di antaranya menghentikan pendarahan (hemostatic), antiradang, menghasilkan rasa sakit. Bunganya sebagai analgetik, mencegah basah sperma (spermatorhoe), menghilangkan darah beku, dan melancarkan sirkulasidarah. Biji penawar jambe dapat menurunkan tekanan darah (hipotensif), sedangkan akar bersifat antirematik dan melancarkan sirkulasi darah.

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Daun, biji, dan akar penawar jambe segar atau kering dapat digunakan untuk mengobati beberapa penyakit berikut.

  • Mengobati Darah Tinggi dan TBC Paru dengan Batuk Darah.

    Rebus 13gr daun penawar jambe kering atau 10-15gr biji dengan 4 gelas air sampai tersisa 2 gelas. Minum air rebusan 2 kali sehari masing-masing 1 gelas.

  • Mengobati Disentri.

    Campur 15 tetes getah batang penawar jambe, 1 sendok makan madu, dan 1/4 gelas air matang, lalu aduk hingga merata. Minum campuran tersebut 2 kali sehari pada pagi dan sore hari.

  • Mengobati Kanker.

    Rebus 13gr daun penawar jambe kering dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, minum air rebusannya 2 kali sehari masing-masing setengah gelas.

  • Kesulitan Melahirkan.

    Rebus 3 tangkai daun penawar jambe segar dengan 3 mangkuk air sampai tersisa 1 mangkuk. Setelah dingin, minum air rebusannya 2 kali sehari masing-masing setengah mangkuk.

  • Mengobati Muntah Darah dan Batuk Darah.

    Seduh 3 kuntum bunga penawar jambe dengan 1 cangkir air mendidih, tambahkan gula batu secukupnya lalu ditim. Setelah dingin, minum airnya 2 kali sehari dengan dosis sama.

  • Mengobati Sakit Lambung.

    Rebus 15gr daun penawar jambe kering dengan 4 gelas air sampai tersisa 2 gelas. Setelah dingin, minum air rebusannya 2 kali sehari masing-masing 1 gelas.

  • Mengatasi Masalah Tidak Datang Menstruasi.

    Bakar daun penawar jambe kering sampai menjadi abu, lalu tambahkan 6gr abu dan arak merah secukupnya. Minum campuran ini satu kali sehari.

Catatan :

  • Biji dan bonggol penawarjambe bagian atas beracun (toxic)sehingga pemakaiannya harus berhati-hati.
  • Gejala keracunan yang ditimbulkan antara lain pusing, muntah-muntah.
  • Cara mengatasi keracunan dilakukan dengan merangsang muntah untuk mencuci lambung.

Salam Sehat

 

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo