Alasan Mengapa Bayi Tidak Boleh Terlalu Sering Menggunakan Diapers

Hasil gambar untuk Diapers

Diapers merupakan piranti yang wajib dimiliki oleh para ibu yang memiliki bayi. Sebab diapers memiliki manfaat untuk menampung kencing bayi sementara waktu. Sehingga para ibu tak perlu repot untuk mengganti, mencuci popok yang menggunung, dan para bayi juga jadi tidak rewel sehingga ibu bebas dari stres.

Meskipun efektif dan mudah digunakan, nyatanya pemakaian diapers bisa membahayakan bayi. Penggunaan diampers mempunyai efek yang berbahaya dan jangka panjang dalam mengahmbat perkembangan anak. Anak-anak yang telah terbiasa dari bayi hingga agak besar menggunakan diapers, akan mengalami beberapa perbedaan dari bayi-bayi lainnya, tentu saja jika diapers itu dipakai setiap saat, bukan pada saat-saat tdak berdekatan dengan toilet saja, atau dalam bepergian.

Berikut ini bahaya penggunaan diapers pada bayi secara terus menerus :

  1. Tidak Sehat.

    Adanya zat kimia pada pampers bayi yaitu, yang pertama adalah Traces of Dioxinproduk sampingan dari proses pemutihan kertas. Dioxin ini adalah penyebab kanker nomor satu. Yang kedua adalah Tributly-tin (TBT), pollutan beracun yang menyebabkan masalah hormonal. Dan Sodium polyacrylate, poliner berdaya serap yang menjadi jelly pada saat terkena cairan menimbulkan resiko toxic shock syndrome yang jika digunakan terus – menerus akan menyebabkan mandul untuk si anak.

  2. Ruam Popok.

    Ruam popok adalah iritasi pada selangkangan bayi. Ini karena kebanyakan diapers tidak nyaman untuk bayi, karena ukurannya yang tebal dan teksturnya yang kasar sehingga mengganjal saat digunakan. Tidak sedikit yang terjadi baik pada bayi perempuan maupun laki-laki yang di pakaikan popok sejak bayi akhirnya harus menjalani operasi alat kelamin karena mengalami kesulitan kencing yang disebabkan pengendapan air seni pada diapers yang menimbulkan tumbuhnya jamur dan bakteri serta kurangnya sirkulasi udara pada saat menggunakan diapers.

  3. Infeksi Kulit.

    Karena kulit bayi sangatlah halus, makan pemakaian diapers yang terlalu sering bisa menyebabkan infeksi. Apalagi jika diapers tersebut dibiarkan lembap dalam waktu yang lama.

  4. Infeksi Saluran Kemih.

    Karena diapers berfungsi untuk menampung air kencing sementara, maka bisa jadi ada penyebaran kuman dari kencing di dalamnya. Jika Anda tidak sering mengganti diapers, maka kuman tersebut berpotensi menimbulkan infeksi saluran kemih.

  5. Alergi.

    Saat bayi Anda terkena infeksi karena pemakaian diapers, maka hal ini bisa berubah menjadi alergi yang berkepanjangan. Dan saat buah hati Anda mulai mengalami alergi, maka hentikan pemakaian diapers tersebut.

  6. Menurunkan Sistem Kekebalan Tubuh.

    Tak cuma mampu merusak kesehatan kulit, ternyata pemakaian diapers juga bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh Anda. Hal ini terjadi karena infeksi dan radang yang sering terjadi bisa mempengaruhi sistem kekebalan tubuh sehingga buah hati Anda pun mudah sakit.

  7. Infeksi Jamur.

    Salah satu dampak negatif dari pemakaian diapers adalah munculnya jamur penyebab infeksi. Hal ini biasanya disebabkan oleh pemakaian popok lembap terlalu lama sehingga menyebabkan bakteri bertumbuh subur.

  8. Kulit Kemerahan.

    Kulit berubah menjadi kemerahan adalah gejala utama yang bisa bayi Anda dapatkan saat mereka terlalu sering menggunakan diapers. Kemudian kulit yang kemerahan ini bisa berubah menjadi gatal, lecet, dan bahkan infeksi. Sehingga saat bayi Anda mulai mengalami gejala ringan ini, maka jangan diabaikan.

  9. Trauma.

    Karena tidak nyaman menggunakan diapers mungkin bayi akan mengalami terauma pada pemakaian diapers. Dia akan cenderung berontak dan menolak diwaktu yang benar-benar memerlukan pemakaian diapers. Perasaan trauma karena tidak nyaman dengan penggunaan diapers ini bisa sangat merugikan orang tua dan bayi itu sendiri di waktu-waktu tertentu.

Memakai diapers memang memberikan kemudahan. Namun Anda juga harus memperhatikan waktu kapan sebaiknya diapers tersebut diganti. Serta sebaiknya gunakan diapers hanya di malam hari saja saat bayi tidur agar kulit bayi tetap bisa bernapas. Semoga informasi di atas bisa memberi tambahan pengetahuan para Bunda yaa, tetap jadi orang tua yang pintar agar anak Anda tetap sehat.

Salam Sehat

 

Pusat Grosir Herbal Yaa di  ISTANA HERBAL

Kini orderan bisa dikirim melalui GoSend

Atau Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

    Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

    Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

    Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

    Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

 

Pelayanan Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424

Artikel Terkait

online istana solo