Alergi

  • Istilah Medis

Hipersensitivitas sistem imunitas.

  • Pengenalan

Alergi adalah suatu keadaan hipersensitivitas dari system imun tubuh. Reaksi alergi terjadi bila system imunitas seseorang bereaksi terhadap suatu zat atau keadaan lingkungan tertentu yang pada orang lain merupakan hal normal.
Munculnya gejala dan tanda alergi dikarenakan pengaktifan berlebihan dari sel mast dan antibody tubuh yang disebut immunoglobulin E.
Reaksi berlebihan dari keduanya menyebabkan beberapa gejala alergi dari yang ringan hingga yang berat, bahkan sampai mengancam nyawa.

  • Penyebab

Beberapa zat dan keadaan dapat menjadi penyebab timbulnya gejala alergi, seperti :

  1. Minuman
  2. Makanan, yang menyebabkan alergi adalah makanan hasil laut, kacang-kacangan, produk susu, kedelai, telur
  3. Suhu
  4. erbuk Sari
  5. Debu Rumah
  6. Obat
  7. Asap Roko

 

  • Gejala

Alergi beragam dan berbeda pada setiap orang, seperti :

  1. Bersin – bersin
  2. Mata merah, berair dan gatal
  3. Beringus
  4. Hidung gatal
  5. Batuk
  6. Asma
  7. Bengkak pada mukosa, seperti kelopak mata dan bibir
  8. Muntah
  9. Diare
  10. Gatal pada badan
  11. Badan kemerahan
  12. Sakit perut
  13. Mual
  14. Gejala yang paling parah adalah kesulitan bernapas karena pembengkakan saluran pernapasan, sehingga menyebabkan saluran pernapasan jadi tertutup. Keadaan ini merupakan keadaan gawat darurat karena dapat menyebabkan kematian apabila tidak segera ditangani.

 

  • Penyebab

Apabila penyebab alergi si kecil telah diketahui, hendaknya jauhkan atau setidaknya kurangilah paparan allergen (zat yang menyebabkan alergi) terhadapnya, agar tidak muncul reaksi alergi. Misalnya debu rumah, makanan, serbuk sari dan asap rokok.

  • Pengobatan

Untuk mendiagnosis alergi pada anak, dokter akan melakukan tes alergi. Caranya, beberapa contoh allergen disuntikkan dengan jarum tumpul pada permukaan kulit lengan bawah. Hasilnya akan tampak setelah beberapa menit. Alergen penyebab alergi akan membuat warna di sekitar tempat tusukan jadi lebih merah dan bengkak.
Untuk mengurangi reaksi alergi, diperlukan obat-obatan seperti antihistamin, baik yang berupa tablet, sirup, semprot, maupun injeksi.

Artikel Terkait

ana solo