Apa Saja Jenis Gangguan Sensori Integrasi Anak?

Pengertian Gangguan Sensori Integrasi

Menurut Ayres ( 1988) gangguan sensori integrasi anak adalah otak tidak mampu mengolah input sensori secara efisien. Namun hal tersebut bukan berarti otak anak mengalami kerusakan, hanya otak tidak mampu mengolah informasi yang tepat. Jika proses penangkapan informasi sensori mengalami hambatan atau terputus maka akan akan diam saja atau tidak merespons.

Secara fisiologis, gangguan sensori integrasi mencerminkan adanya disfungsi neurologis sentral yang ringan, yakni meliputi sistem multisensorik. Kelainan tersebut juga memperngaruhi perilaku seseorang dalam cara yang sulit dipahami.

Penyebab Gangguan Sensori Integrasi Pada Anak

  • Faktor Genetik.

    Seringkali anak yang mengalami gangguan sensori integrasi mempunyai saudara atau orang tua yang mempunyai gangguan yang sama.

  • Pengaruh Saat Anak Masih Dalam Kandungan.

    Ada beberapa macam hal yang bisa mempengaruhi kondisi anak ketika di dalam kandungan. Salah satunya adalah adanya kandungan kimia, racun atau logam berat yang masuk ke janin. Virus yang dapat menyebabkan penyakit pada ibu, dan juga stress yang tinggi saat kehamilan. Beberapa hal tersebut kemungkinan bisa menyebabkan sang anak menjadi lahir dalam keadaan prematur.

Jenis Gangguan Sensori Integrasi Anak

Berikut ini beberapa jenis gangguan sensori integrasi pada anak, yaitu:

  1. Gangguan Sensori Modulasi.

    Yaitu kesulitan dalam mengatur respon adaptif terhadap suatu stimulus tertentu. Anak yang mengalami gangguan modulasi dapat menunjukkan reaksi yang tidak sesuai dengan situasi. Bisa saja menunjukkan reaksi yang berlebihan atau bahkan tidak bereaksi. Contohnya anak tidak tahan dengan suara blender,maka ia akan menangis, menutup telinga, lari ke kamar atau minta blender dimatikan.

  2. Gangguan Diskriminasi Sensori.

    Yaitu ketidakmampuan dalam mengartikan suatu kualitas sentuhan, gerakan dan posisi tubuh atau kesulitan dalam menjabarkan suatu input secara tepat. Contohnya mainan sering rusak, karena anak tidak bisa mengontrol kekuatan dan contoh lainnya adalah anak menulis terlalu tebal atau tipis. Gangguan diskriminasi visual akan menghambat anak dalam perkembangan membaca. Sedangkan gangguan diskriminasi taktil akan mengganggu perkembangan motorik halus, seperti menulis.

  3. Gangguan Sensori Praksis.

    yaitu ketidakmampuan anak dalam merencanakan suatu gerak motorik baru. Sebagai salah satu gangguan pemrosesan sensori dari sistem vestibuler. Contohnya Anak lebih lama melakukan sesuatu dari anak lain, misalnya belajar naik sepeda, menali sepatu, menulis. Ada pula anak yang menghindari berbagai  aktivitas karena tidak dapat melakukan dengan baik.

Demikianlah ulasan mengenai gangguan sensori integrasi anak yang para orang tua perlu ketahui dan kenali. Semoga artikel di atas bisa menjadi informasi yang baik untuk para orang tua lebih memahami buah hatinya. Jadilah orang tua yang pintar yang paham kondisi pertumbuhan dan perkembangan anaknya.

 

Syifa Kids Cerdas Cendikia

Syifa Kids Cerdas Cendikia

Formula dari madu dan herbal-herbal berkhasiat lainnya yang menyusun syifa kids cerdas cendikia menjadikan madu ini sangat efektif dan tepat sebagai nutrisi kecerdasan anak. Bahan-bahannya yang terbuat dari bahan alami juga menjadikan kita tidak perlu khawatir untuk memberikan kepada anak setiap hari.

Salam Sehat

 

Pusat Grosir Herbal Yaa di  ISTANA HERBAL

Kini orderan bisa dikirim melalui GoSend

Atau Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

    Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta. 

    Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang. 

    Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta. 

    Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

 

Pelayanan Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424

Artikel Terkait

online istana solo