Inilah Penyebab Batuk Anak Yang Tak Kunjung Sembuh

Image result for batuk anak

Orang tua mana yang tidak khawatir apabila anaknya mengalami batuk-batuk yang tidak kunjung sembuh? Orang tua mana yang tidak akan pergi ke dokter lain apabila anaknya setelah diberi obat oleh dokter, kemudian tidak berhenti batuknya? Masalah seperti ini tidak hanya meresahkan si anak yang terganggu oleh batuknya tetapi orang tua juga ikut sedih melihatnya.

Pengetahuan akan fungsi, penyebab utama, dan penanganan batuk pada anak mutlak perlu untuk diketahui oleh para orang tua, supaya ketika anak mereka mengalami batuk yang tidak kunjung sembuh, mereka tidak menjadi khawatir, mengerti apa yang menyebabkannya, dan tidak menyalahkan tenaga kesehatan akan masalah tersebut.

Batuk adalah sebuah mekanisme pertahanan tubuh untuk mengeluarkan benda asing yang ada di sekitar jalur pernafasan seseorang (jalur pernafasan meliputi dari hidung sampai dengan paru-paru). Untuk dapat batuk, seseorang harus memiliki otot-otot pernafasan (serta persarafan) yang baik.

Penyebab Batuk tak Kunjung Sembuh Pada Anak

Penyebab utama batuk lama (subakut atau kronis) pada anak seringkali tidak berbahaya karena umumnya penyebabnya adalah post-viral cough. Batuk ini terpicu akibat saluran napas yang hiper-reaktif setelah terinfeksi oleh virus-virus tertentu. Jenis batuk dari post-viral cough ini tidak berbahaya, sehingga sebenarnya tidak perlu ditakuti dan dikhawatirkan oleh para orang tua.

Saluran napas yang hiper-reaktif ini menyebabkan reseptor batuk yang lebih mudah teraktivasi, sehingga batuk-batuk akan terjadi walaupun sudah sembuh dari infeksi virus pada saluran napas atas tersebut (hiper-reaktifitas pasca infeksi virus serupa juga terjadi pada orang dewasa).

Penyebab umum lainnya adalah infeksi berulang (umumnya akibat penularan dari orang lain), asma (berhubungan dengan bakat alergi yang dimiliki), GERD, dan rhinosinusitis. Penyebab yang lebih jarang, antara lain penyakit genetik (Cystic Fibrosis), penyakit jantung bawaan, dan infeksi Tuberculosis.

Pengelompokan Batuk Pada Anak

Batuk pada anak terutama dikelompokkan berdasarkan durasinya, antara lain: (Kegunaan utama dari klasifikasi ini adalah untuk menentukan penyebab dari batuk tersebut)

  • Batuk Akut (<2 minggu).

    Untuk batuk yang kurang dari dua minggu (batuk akut) penyebab utama, antara laininfeksi saluran napas atas (hidung dan tenggorokan yang dalam kedokteran disebut faring) yang disebabkan >80%nya oleh virus (sisanya oleh bakteri).

  • Batuk Subakut (2-4 minggu).

    Hampir seluruh batuk subakut disebabkan olehpost-viral cough atau batuk pasca infeksi virus.

  • Batuk Kronis (>4 minggu).

    Batuk lama yang durasinya lebih dari 4 minggu (1 bulan) dapat disebabkan oleh beberapa penyebab antara lain,post-viral cough, asma (batuk alergi), penyebab dari asam lambung yang naik ke kerongkongan (disebut dalam kedokteran sebagai Gastro-Esophageal Reflux Disease / GERD), penyakit genetik, infeksi kronis Tuberculosis, dan penyakit jantung.

Penanganan Batuk Pada Anak

Karena penyebab utama batuk pada anak adalah infeksi saluran napas atas akibat virus (infeksi virus pada saluran napas atas umumnya dapat sembuh dengan sendirinya tanpa pengobatan apapun), maka penanganan utamanya adalah istirahat dan nutrisi yang cukup (agar sistem imunitas tubuh sang anak dapat secara optimal menghalau infeksi virus tersebut) dan pengobatan ditujukan untuk meredakan gejala, yaitu meredakan pilek yang mengganggu (dengan obat-obatan yang mengandung chlorpheniramine maleate, cetirizine, loratadine, dan lainnya), memudahkan pengeluaran dahak (dengan obat-obatan pengencer dahak seperti ambroksol, bromhexine, guaifenesin), dan meredakan demam (dengan penurun panas, seperti obat yang mengandung parasetamol).

Selain itu, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, batuk adalah sebuah mekanisme pertahanan tubuh sehingga batuk umumnya tidak perlu untuk dihentikan (penggunaan obat-obat untuk menghentikan batuk disebut sebagai antitussive)Tidak seperti pada orang dewasa dimana penggunaan obat antitussive tidak berbahaya, pada anak-anak sangat tidak dianjurkan untuk menggunakan antitussive (kecuali pada infeksi tertentu yang disebut dengan infeksi pertussis).

 

Syifa Kids Fluba

Madu Syifa Kids Fluba adalah Formula nutrisi yang menggabungkan, Madu Murni, habbatussauda dan herbal alami, kaya akan mineral dan vitamin yang sangat dibutuhkan anak, serta efektif untuk digunakan sebagai Obat batuk alami untuk anak, Obat Flu anak.

Salam Sehat

 

Pusat Grosir Herbal Yaa di  ISTANA HERBAL

Kini orderan bisa dikirim melalui GoSend

Atau Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

    Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

    Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

    Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

    Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

 

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424

Artikel Terkait

online istana solo