Tips Mengatasi Sakit Gusi Karena Tubuh Gigi Pada Balita

Hasil gambar untuk Sakit Gusi Karena Tumbuh Gigi Pada Balita

Sebagian orang tua berpendapat bahwa tumbuh gigi pada bayi dapat menimbulkan demam tinggi dan diare. Faktanya menurut para ilmuwan, demam tinggi dan diare tidak ada kaitanya dengan proses tumbuhnya gigi sikecil. Para ilmuwan juga tidak menemukan hubungan antara tumbuhnya gigi bayi Bunda dengan infeksi, hidung tersumbat, dan gangguan pencernaan.

Usia bayi dimana gigi pertama mulai tumbuh dapat berbeda antara satu anak dengan yang lainya, namun rata-rata bayi mulai tumbuh gigi diusia sekitar 6 bulan. Biasannya yang pertama tumbuh adalah dua gigi depan bagian bawah, diikuti oleh dua gigi depan bagian atas. Kebayakan bayi yang tumbuh gigi akan menunjukan tanda-tanda termasuk diantaranya adalah mengeluarkan air liur, senang mengunyah atau menggigit benda keras, serta munculnya sensasi sakit dan gatal pada bagian gusi.

Beberapa kondisi yang dapat muncul seiring dengan tumbuh gigi diantaranya adalah: mudah menangis, tidur kurang nyenyak, dan penurunan selera makanan, terutama untuk makanan padat. Lalu apa yang harus Bunda lakukan jika sikecil mengalami gejala-gejala diatas? Berikut beberapa tips seputar penanggulangan gusi sikecil yang sedang sakit.

Tips Mengatasi Sakit Gusi Karena Tubuh Gigi Pada Balita

  1. Gosok Dengan Lembut Gusi Si Kecil. Gosok lembut gusi menguunakan jari yang bersih atau bisa juga menggunakan kain kasa steril. Jangan gunakan tissu karena kertas tissue mudah hancur dan beresiko termakan sikecil.  Tekanan dari jari Bunda dapat meredakan gatal atau ketidaknyamanan pada gusi karena tumbuh gigi.
  2. Berikan Makanan Keras. Jika sikecil sudah mendapatkan makanan tambahan pendamping ASI, berikan makanan bertekstur keras seperti mentimun atau wortel mentah yang sudah dikupas. Pastikan Bunda memberikan potongan yang cukup besar untuk menghindari resiko tersedak.
  3. Memberikan Teether dingin atau kain kasa dingin pada gusi dapat meredakan sakit sikecil. Simpat teether selama 15 menit dibagian cooler lemari es Bunda, berikan pada sikecil untuk digigit. Pastikan Bunda tidak memberikan teether kelewat dingin atau beku. Kontak antara gusi sikecil dengan benda yang bersuhu sangat dingin dapat menimbulkan efek negatif bagi sikecil.
  4. Mengeluarkan air liur adalah salah satu tanda sikecil dalam proses tumbuh gigi, lap dengan kain lembut jika sikecil mulai mengeluarkan air liur. Iritasi kulit atau ruam sekitar mulut seperti pipi dan dagu dapat terjadi jika kontak dengan air liur dibiarkan dalam waktu lama.
  5. Jika si kecil menjadi sangat rewel dan menolak untuk diberi ASI atau makanan pendamping ASI akibat sakit gusi, konsultasikan segera dengan dokter. Dalam kondisi khusus, dokter akan meresepkan beberapa obat yang dapat meredakan rasa sakit pada gusi sikecil. Hindari pemberian obat tanpa berkonsultasi dengan dokter anak untuk menghindari efek samping negatif dari obat tersebut.

Nah itulah tips-tips yang dapat saya sampaikan mengenai Mengatasi Sakit Gusi Karena Tubuh Gigi Pada Balita. Semoga tips-tips di atas bermanfaat bagi para Bunda yang memiliki balita yang sudah mulai merasakan tumbuh gigi dan rewel.

Salam Sehat

 

Pusat Grosir Herbal Yaa di  ISTANA HERBAL

Kini orderan bisa dikirim melalui GoSend

Atau Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

    Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

    Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

    Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

    Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

 

Pelayanan Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424

Artikel Terkait

online istana solo