Jenis Olahraga Yang Dianjurkan Untuk Penderita Asma

Hasil gambar untuk Jenis Olahraga Yang Dianjurkan Untuk Penderita Asma

Kamu tahu nggak kalau olahraga itu sangat penting dan banyak sekali manfaatnya. Selain menyehatkan, ternyata olahraga juga menyenangkan bila dilakukan bersama dengan teman-teman. Badan yang atletis dan sehat bukan tidak mungkin kamu dapatkan bila kamu rutin berolahraga dengan baik lho.

Tapi bagaimana jika kamu menderita asma? Jangan semerta-merta menyerah. Menderita penyakit asma memang tidak enak karena menghalangimu untuk beraktifitas dan membuat susah untuk bernafas. Namun, bukan berarti ini menghalangi kamu untuk berolahraga.

Bagi beberapa penderita asma, melekakukan aktivatas seperti latihan fisik dan olahraga dapat menjadi masalah. Terkadang hal itu dapat memicu sesak napas atau gejala lainnya bagi penderita asma. Kuncinya adalah, kita perlu memastikan bahwa asma baik bila dikendalikan dengan obat, dan memilih aktivitas secara hati-hati. 

Amankah Penderita Asma Untuk Tetap Aktif

Tentu saja, meskipun kamu mempunyai penyakit asma kamu tetap bisa aktif kok. Kamu harus tetap melakukan pengobatan dan meminum obat yang telah diresepkan oleh doktermu serta menghindari hal-hal yang memicu kambuhnya penyakit asmamu. Misalnya, kalau kamu memiliki alergi terhadap debu atau serbuk sari ada baiknya kamu menghindari berolahraga di luar ruangan.

Kedua, selalu sediakan inhaler atau obat-obatan yang dapat meredakan gejala asmamu. Selanjutnya, jangan lupa untuk selalu berolahraga untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, tapi jangan lupa untuk memilih jenis olahraga yang aman untuk kalian ya pembaca.

Dibawah ini akan dibahas beberapa olahraga yang aman dilakukan oleh penderita asma:

  1. Berjalan Kaki.

    Salah satu studi menyebutkan bahwa orang dewasa yang berjalan kaki tiga kali seminggu selama dua belas minggu dapat membantu meningkatkan kontrol terhadap penyakit asma dan level kesehatan kita tanpa memicu ‘serangan’. Polanya adalah dengan melakukan lima menit pemanasan dan lima menit pendinginan. Olahraga ini dikatakan aman untuk penderita asma karena sifatnya yang dapat bermanfaat untuk melancarkan pernafasan.Hal ini didukung oleh pernyataan dari Lianne Marks, MD, ahli penyakit dalam di Scott & White Healthcare di Round Rock, Texas yang mengatakan bahwa pemanasan sangat penting karena akan meningkatkan toleransi kita terhadap penyakit asma.

  2. Olahraga Yoga.

    Berolahraga yoga yang berfokus dengan olahraga pernafasan baik untuk penderita asma. “Saya rasa ini karena pengaturan pernafasannya,” ujar internis dan integratif spesialis kedokteran di Lennox Hill di New York. “Selain itu, berlatih pernafasan dapat mengaktifkan lebih banyak area di paru-paru.” Sebuah studi juga menunjukkan bahwa berlatih Hatha Yoga selama dua setengah jam setiap minggu selama sepuluh minggu dapat mengurangi pengobatan asma, hasil yang sama juga ditemukan bila rutin berlatih Tai Chi.

  3. Aktivitas Bersepeda.

    Bersepeda adalah salah satu olahraga yang dapat menyehatkan dan baik bagi pembaca yang mempunyai asma. Bersepeda ternyata dapat melatih kekuatan otot jantung dan meningkatkan daya tahan tubuh. Bersepeda secara rutin juga dapat membantu tubuh memiliki kondisi yang sehat secara fisik. Namun jangan sampai memaksakan diri saat bersepeda ya. Pasalnya, bersepeda secara berlebihan dapat memperburuk kondisi asma kalian karena tubuh merasa kaget. Lebih baik memulai dengan perlahan dan kemudian secara bertahap meningkatkan porsi latihan.

  4. Olahraga Berenang.

    Berenang adalah salah satu olahraga terbaik untuk asma karena berenang akan melatih seluruh otot pernafasan, mulai dari dada, perut, bahu, dan pundak. Asma dipicu oleh udara kering, karena berenang maka pernafasan terjadi di dekat permukaan air. Uap membuat udara yang masuk tidak kering. Perasaan penderita asma  yang merasa tubuhnya makin lemah akan membuat mereka cenderung membatasi aktifitas fisik. Dengan begitu, berenang akan mengingkatkan rasa percaya diri dan semangat hidup serta secara psikologis akan mengurangi jumlah serangan.

Jangan sampai asma menjadi penghalang untuk tetap aktif dan berolahraga ya. Dengan mencoba olahraga-olahraga diatas kamu masih dapat tetap aktif sekaligus bugar.

 

HIU Kombinasi Asma

HIU Habbatus Sauda Plus Mengkudu dan HIU Gurah Fluba adalah kombinasi terbaik dari Herbal Indo Utama Yang dapat membantu meredakan penyakit Asma Anda.

Salam Sehat

 

Pusat Grosir Herbal Yaa di  ISTANA HERBAL

Kini orderan bisa dikirim melalui GoSend

Atau Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

    Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

    Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

    Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

    Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

 

Pelayanan Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424

Artikel Terkait

  • Obat Herbal Alami Untuk Meredakan Asma Bronkial

    Mengatasi asma bronkial dengan menggunakan bahan kimia hanya bersifat anti inflamasi. Obat-obatan anti inflamasi bias...

  • Penyakit Asma Bronkial

    Asma bronkial adalah suatu penyakit kronis yang ditandai dengan adanya peningkatan kepekaan saluran napas terhadap be...

  • Obat Herbal Asma

    Penyakit Asma (Asthma) adalah suatu penyakit kronik (menahun) yang menyerang saluran pernafasan (bronchiale) pada par...

online istana solo