Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Batu Empedu

Image result for Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Batu Empedu

Batu empedu terjadi karena terbentuknya kristal dari endapan cairan pencernaan dalam kantong empedu, yaitu kelenjar kecil di sisi kanan perut persis di bawah hati, yang mengeluarkan cairan untuk mencerna makanan di usus halus. Jenis yang paling banyak dari batu empedu disebabkan karena kelebihan kolesterol dalam empedu. Untuk mencegah rasa sakit yang terkait dengan serangan batu empedu, dokter dan praktisi pengobatan alternatif biasanya akan menyarankan perubahan dalam diet.

Bagi Anda yang sedang mengalami gejala ataupun sudah divonis menderita penyakit batu empedu sebaiknya diperhatikan pula jenis menu makanan yang harus di hindari oleh Anda agar tidak semakin parah. Mengetahui makanan yang harus dihindari akan mengurangi rasa tidak nyaman. Sebenarnya tidak ada diet khusus dalam mengobati penyakit batu empedu. Namun, mengonsumsi makanan dengan gizi dan nutrisi yang tepat serta menghindari asupan lemak yang banyak dapat mengurangi gejala penyakit batu empedu.

Makanan Yang Harus Dihindari

Makanan-makanan dibawah ini adalah makanan yang harus dihindari oleh penderita batu empedu untuk bisa mengurangi gejala dan mempercepat penyembuhan.

  1. Telur.

    Dokter merekomendasikan mengurangi atau menghindari telur bagi penderita batu empedu karena tingkat tinggi kolesterol dan kemungkinan hubungan antara kondisi kantong empedu dan alergi makanan. Konsumsi telur memicu serangan kantong empedu dalam persentase yang tinggi pada kelompok orang yang memiliki alergi.

  2. Makanan Yang Digoreng.

    Gorengan juga jadi pantangan bagi orang dengan batu empedu, karena terkenal dengan kandungan tinggi lemak jenuh. Lemak jenuh dapat memperburuk rasa sakit batu empedu dan ketidaknyamanan. Hindari memasak dengan minyak sayur padat, margarin dan lemak hewani. Gunakan minyak zaitun atau canola sebagai alternatif sehat untuk menggoreng.

  3. Daging Berlemak.

    Makan daging yang berlemak dapat mengiritasi batu empedu dan memperparah keluhan. Ganti daging berlemak dengan sumber prorein daging tanpa lemak seperti ikan air dingin, ayam atau kalkun. Saat mempersiapkan unggas, selalu buang kulit dan lemak untuk menghindari iritasi batu empedu.

  4. Produk Susu Tinggi Lemak.

    Seluruh produk susu lemak menimbulkan risiko bagi orang yang didiagnosis dengan batu empedu. Susu, keju, yoghurt, es krim, krim kental dan asam krim mengandung kadar tinggi lemak hewani, yang berhubungan untuk komplikasi kantong empedu.

  5. Makanan Olahan.

    Asam lemak trans biasanya banyak terdapat pada makanan kemasan dan olahan, yang cenderung dapat menginduksi gejala-gejala batu empedu, menurut University of Maryland Medical Center.

  6. Makanan Berbahan Halus.

    Pasien dengan penyakit batu empedu harus menahan diri dari makan makanan yang mengandung bahan halus, seperti roti putih, pasta tepung halus, beras putih dan gula rafinasi yang dikonversi ke dalam lemak yang tersimpan, yang mungkin menyebabkan peningkatan kolesterol dalam empedu. Tetaplah pada makanan yang tidak dimurnikan seperti roti gandum, pasta gandum dan beras merah.

  7. Makanan Manis.

    Makanan penutup biasanya kaya akan gula halus yang dapat meningkatkan resiko mengembangkan batu empedu. Kelebihan gula membutuhkan tubuh memproduksi lebih banyak insulin dan menyimpannya sebagai lemak. Anda harus menghindari makanan penutup yang dipanggang.

Itulah beberapa makanan dan minuman yang harus dihindari oleh penderita batu empedu agar penyakit tidak bertambah parah. Semoga bermanfaat dan jaga terus kesehatan tubuh kita dan hindari makanan-makanan yang dapat mengganggu kesehatan tubuh kita.

Salam Sehat

 

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo. 

    Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta. 

    Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang. 

    Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta. 

    Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

 

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424

Artikel Terkait

online istana solo